Cara Membuat Kamera HP Menjadi Webcam Laptop

Penggunaan webcam di masa sekarang merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak. Bagaimana tidak, semua hal yang semula dilakukan dengan cara langsung melalui tatap muka sekarang dilaksanakan secara virtual. Mau tidak mau kamu harus menggunakan webcam di laptopmu yang jarang kamu pakai itu.

Hp Webcam

Tetapi apa jadinya jika ternyata laptop kamu tidak memiliki webcam atau webcam yang terdapat dilaptop sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Harga untuk sebuah webcam yang memiliki kualitas bagus tentunya tidak murah dan belum tentu akan digunakan terus. Tenang saja, kamu hanya perlu menggunakan kamera yang terdapat pada HP untuk diubah menjadi webcam.

Kamu tinggal menginstall aplikasi yang dibutuhkan di HP dan di laptop tanpa perlu membeli perangkat tambahan lagi. Berikut cara lengkap untuk membuat kamera HP menjadi webcam dan sekaligus cara settingnya untuk digunakan di aplikasi Zoom.

Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Webcam Laptop

Siapkan Kebutuhan

Pertama kamu harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut yang perlu kamu siapkan.

  • HP dengan Kamera
  • Laptop
  • Aplikasi DroidCam yang bisa kamu download di Playstore dan Appstore
  • Aplikasi Droidcam untuk diinstall diLaptop download di https://www.dev47apps.com/

Proses Instalasi di HP

Setelah kamu menginstall aplikasi Droidcam, sebelumnya hubungkan HP dengan jaringan Wifi yang sama dengan Laptop. Maka pada saat kamu membuka aplikasi akan menampilkan layar sebagai berikut.

Setelah terbuka aplikasi akan memberikan informasi alamat IP seperti gambar diatas. Alamat IP tersebut nantinya akan digunakan pada saat akan menghubungkan dengan laptop, maka dari itu simpan atau ingat baik – baik alamat ip tersebut. Saat sudah tersambung dengan laptop layar akan berubah seperti gambar dibawah.

Setting dan Install Aplikasi DroidCam Laptop

Setelah kamu melakukan download aplikasi, buka installer aplikasi tersebut dan ikuti cara menginstall seperti dibawah.

Tampilan Installer Klik Next
Klik I Agree Untuk Melanjutkan
Pilih Lokasi Untuk Menginstall Aplikasi, Klik Next Untuk Melanjutkan
Pilih Fitur yang ingin diinstall

Karena pada pembahasan kali ini kami menggunakan Wifi maka tidak perlu melakukan install USB support. Tetapi kalau kamu ingin menggunakan koneksi kabel USB untuk menghubungkan HP ke laptop centang pada kotak yang tersedia sesuai dengan sistem operasi HP.

Aplikasi Berhasil Diinstall

Setelah proses Install Aplikasi selesai, buka droidcam melalui shortcut yang tersedia di dekstop. Hubungkan Laptop dengan jaringan wifi yang sama dengan HP. Pada saat membuka aplikasi kamu akan langsung diminta untuk melakukan konfigurasi IP. Masukkan IP yang sebelumnya muncul di layar HP lalu klik start. Kalau berhasi maka aplikasi droidcam akan memunculkan gambar yang ditangkap oleh kamera HP

Droidcam

Baca Juga:

Setting Droidcam ke aplikasi Zoom

Agar bisa terhubung ke aplikasi yang ingin kamu gunakan, misalnya aplikasi Zoom. Kamu harus mengganti device kamera yang digunakan oleh aplikasi. Caranya, setelah droidcam terhubung dengan kamera HP jangan tutup aplikasi droidcam. Buka aplikasi Zoom dan masuk ke setting.

Zoom Setting

Buka Bagian Menu Video, Kemudian pada Dropdown Camera pilih DroidCam Source. Mudah kan.

Penutup

Itulah Langkah – langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kamera HP menjadi webcam untuk laptop. Jangan lupa untuk menyambungkan koneksi yang sama antara HP dan Laptop agar bisa tersambung dengan mudah. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

2 Comments

  1. Avatar
    • CiperX

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *