Ternyata Gak Ribet! Begini Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Semakin hari platfrom untuk berbagi video semakin marak dan banyak digunakan oleh orang – orang. Sebut saja youtube, twitch dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan melakukan video sharing di platfrom yang sudah disebutkan sebelumnya kita bisa mendapatkan penghasilan kalau yang menonton video kita ada banyak.

Maka dari itu banyak orang yang ingin mencoba atau hanya iseng mencoba untuk melakukan rekam layar yang sedang mereka lalukan di laptop untuk di publish di platfrom tersebut. Videonya bisa bermacam macam, bisa berupa gameplay video games sampai tutorial untuk melakukan sesuatu. Inilah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar laptop.

4 Cara Merekam Layar Laptop Windows 7

1. Menggunakan Aplikasi Xbox

Kalau kamu pengguna windows 10, maka akan ada sebuah aplikasi yang sudah terinstall secara langsung dan kamu tidak perlu menginstallnya secara manual. Meskipun memiliki nama xbox, aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai perekam layar pada laptop. Caranya cukup buka aplikasi dengan menekan tombol windows ⊞ + G, maka akan langsung muncul xbox toolbar seperti gambar dibawah.

Untuk memulai perekaman kamu tinggal melakukan klik ke tombol start recording. Kalau kamu ingin mengubah kualitas video hasil rekaman silahkan pilih pengaturan dengan icon gear yang berada di atas aplikasi.

2. Aplikasi Bandicam

Bagi kamu yang sudah lama mengenal internet dan pernah merasakan asyiknya nongkrong di warnet, pasti mengetahui aplikasi bernama bandicam yang dulu merupakan aplikasi favorit untuk merekam layar komputer. Aplikasi perekam layar gratis ini bisa kamu download di https://www.bandicam.com/id/. Untuk versi gratis kamu hanya bisa merekam layar selama 10 menit saja.

Proses Instalasi Bandicam

Pilih Bahasa
klik Next Untuk melanjutkan
Pilih I Agree
klik Next
Pilih Lokasi Folder untuk Instalasi
Proses Instalasi Selesai
Tampilan Awal Aplikasi

Setelah proses instalasi selesai kamu bisa membuka aplikasi dari shortcut di Desktop. Maka akan muncul tampilan utama seperti gambar diatas. Untuk memulai merekam layar kamu sebelumnya harus menentukan mode perekaman. Mode perekaman bisa kamu atur bagian mana dari layar yang ingin kamu rekam. Setelah kamu menentukan mode perekaman klik tombol record untuk mulai merekam.

3. OBS Studio

Open Broadcaster Studio merupakan salah satu aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar. Selain berguna untuk merekam layar aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang diantaranya ada fitur untuk live, sangat berguna jika kamu merupakan seorang yang gemar live steraming saat sedang bermain game. Download aplikasi OBS Studio di https://obsproject.com

Tampilan Instaler
Klik Next untuk Melanjutkan
Pilih Folder tujuan Install
Proses Instalasi Selesai
Tampilan utama OBS

Setelah kamu membuka aplikasi OBS maka akan muncul tampilan awal seperti gambar diatas. Karena layar disini masih blank, kamu perlu untuk menambah sumber untuk merekam. Caranya klik tambah lalu pilih display capture seperti gambar dibawah.

Setelah kamu menambahkan sumber untuk di rekam, maka kamu siap untuk memulai merekam layar laptop dengan klik start recording.

Baca Juga:

4. Menggunakan Power Point

Yap, kamu tidak salah membaca judul. Powerpoint yang selama ini kita kenal sebagai aplikasi untuk membuat presentasi ternyata bisa juga digunakan untuk merekam layar laptop. Hampir semua orang pasti memiliki aplikasi powerpoint di laptopnya, jadi bisa dibilang kamu tidak perlu untuk menginstall aplikasi tambahan lagi.

Screen Recording

Untuk mengggunakan fitur screen recording dari microsoft powerpoint kamu hanya perlu membuka powerpoint blank persentation. Kemudian pindah ke tab insert lalu pilih menu screen recording.

Setelah itu akan muncul pop up menu dan powerpoint akan tersembunyi secara otomatis. Sebelum bisa melakukan rekam layar, terlebih dahulu pilih area layar yang ingin di rekam dengan mengklik menu select area.

Penutup

Itulah beberapa cara dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantumu merekam layar laptop windows. Jangan lupa untuk menyesuaikan kualitas rekaman dan menyiapkan ruang kosong di hardisk agar video rekamanmu tidak berhenti ditengah jalan. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *