Cara Mengatasi Disk Usage 100% Pada Laptop Windows 10

Pada sebuah laptop harddisk merupakan salah satu komponen utama dan sangat penting. Karena dalam harddisk inilah semua proses yang dilakukan komputer dibaca dan disimpan. Tanpa harddisk ataupun device penyimpanan lain seperti ssd, laptop tidak akan bisa hidup dan digunakan sebagaimana mestinya. Semua file baik file sistem maupun file pengguna disimpan kedalam harddisk.

Disk Usage

Maka dari itu jika harddisk sedang dalam keadaan full load dan pada task manager menyebutkan sedang bekerja secara 100%, kinerja laptop akan melambat dan kamu akan sering mengalami hang pada saat menggunakannya. Penyebab disk usage 100% ada banyak, dan yang paling sering adalah banyaknya aplikasi yang sedang kamu buka secara bersamaan sedang melakukan baca tulis ke dalam harddisk. Berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Restart Laptop/ Komputer

Cara yang paling mudah untuk dipraktekkan sebelum mencoba cara lainnya. Kamu bisa melakukan restart pada komputermu dan berharap disk usage tidak akan naik kembali menjadi 100%. Selain mudah dilakukan, langkah restart komputer merupakan cara yang paling kecil untuk memiliki resiko error yang mungkin terjadi.

Task Manager

Task manager merupakan aplikasi bawaan windows yang bisa kamu akses dengan mudah dengan menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ESC. Kamu bisa menggunakan task manager untuk menutup aplikasi yang menggunakan disk secara penuh, tetapi tidak sedang kamu gunakan. Caranya lihat pada tab disitu akan diperlihatkan tabel tabel penggunaan resource komputer berdasarkan beberapa kategori antara lain CPU,Memory,Disk, dan Network.

Lakukan klik pada tab disk untuk mengurutkan penggunaan disk oleh aplikasi berdasarkan yang terbesar. Jika sudah menemukan aplikasi mana saja yang memberatkan sistem tetapi tidak sedang kamu pakai, akhiri prosess aplikasi tersebut dengan mengklik kanan lalu klik end process. Kalau kamu tidak yakin process tersebut milik aplikasi mana, klik kanan pada process lalu pilih search online untuk mencari informasi lebih lanjut terkait process tersebut.

Komputer Terkena Virus

Alasan lain yang membuat laptopmu mengalami penggunaan disk usage 100% adalah virus. Seperti yang kita tahu virus memiliki banyak varian dan sebagian besar varian virus melakukan aktivitas di belakang layar tanpa kita sadari. Virus melakukan berbagai aktifitas seperti memperbanyak diri, melakukan enkripsi pada file file kita, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Untuk memastikan komputermu aman dari virus, silahkan gunakan program antivirus dan lakukan scan secara menyeluruh. Tetapi jangan lupa untuk melakukan update definisi sebelum melakukan scan, agar program antivirus dapat mendeteksi virus generasi baru.

Matikan Sementara Antivirus

Kalau kamu merasa sudah menginstall antivirus dan yakin tidak terdapat virus yang sedang bersarang di komputermu. Coba cek kembali apakah kamu mengaktifkan scan otomatis pada program antivirusmu? Atau antivirusmu sedang melakukan pembersihan rutin?. Jika begitu maka disk usage 100% saat antivirus sedang berkerja adalah hal yang normal.

Kalau hal ini mengganggumu, untuk mengatasi cukup matikan antivirusmu secara sementara dan matikan tugas terjadwal pada pengaturan antivirus. Agar antivirus tidak melakukan scan saat kamu sedang bekerja dengan komputer.

Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Ada beberapa aplikasi yang masih membandel dan memaksa untuk berjalan pada belakang layar meskipun kamu sudah mematikannya. Untuk mengatasinya tinggal buang saja aplikasi yang memang tidak kamu gunakan dalam jangka waktu lama. Kamu bisa menginstall kembali aplikasi tersebut di lain hari saat dibutuhkan saja.

Aplikasi portabel sangat cocok untuk menggantikan aplikasi yang memang jarang kamu gunakan tetapi tidak mau kamu uninstall karena alasan tertentu. Cobalah untuk mencari versi portabel dari aplikasi tersebut untuk mengatasinya. Aplikasi portabel tidak meninggalkan data ke dalam sistem dan bisa kamu buka saat dibutuhkan saja.

Matikan Windows Update

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi ialah windowsmu sedang melakukan update. Proses update sendiri merupakan hal yang cukup penting dan sebaiknya dilakukan. Agar windowsmu aman dari celah keamanan dan masalah lainnya. Tetapi sering kali saat windows melakukan update, aplikasi tersebut menggunakan resource pada komputer yang cukup besar. Baik dari segi pemakaian jaringan maupun pemakaian disk untuk menuliskan data update.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mematikan windows update dan melakukan updatenya secara manual saja. Sayangnya kamu tidak bisa mematikan windows update di windows 10 dengan cara biasa dan harus melakukan beberapa perubahan pada file system. Bagi kamu yang awam untuk hal ini, kamu bisa mempause selama 7 hari atau mengubah active hours agar windows update hanya berjalan di luar jam tersebut. Caranya masuk ke menu windows update di windows 10 lalu silahkan pilih ingin melakukan pause atau mengubah active hours.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah disk usage 100% pada laptop. Selain karena masalah software, terkadang kita perlu mengecek masalah hardware juga. Misal dengan membersihkan laptop atau komputer agar terhindar dari debu dan panas berlebih. Komputer yang sudah berumur juga lumayan sering terjadi masalah ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *