Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar Windows 10

Laptop merupakan sebuah perangkat komputer yang berbentuk portabel. Karena bentuknya yang portabel, laptop lebih mudah untuk dibawa kemana- mana. Jaman sekarang penggunaan laptop tidak melulu untuk kebutuhan kantoran atau pekerjaan saja. Meskipun performanya masih kalah jika dibandingkan langsung dengan komputer dekstop.

Suara Tidak Keluar

Banyak yang menggunakan laptop untuk memenuhi kebutuhan dalam multimedia. Ada yang digunakan sebagai alat untuk bermain game maupun untuk menonton file multimedia dikala waktu luang atau waktu istirahat. Hal ini didukung dengan semakin cepat dan mudahnya akses internet di masa kini.

Untuk kebutuhan multimedia sebuah laptop sudah dibekali layar untuk menampilkan gambar dan speaker untuk memutar audio. Bagaimana jika tiba-tiba saat kamu ingin memainkan file multimedia, tetapi speaker laptopmu tidak berbunyi apa-apa. Eits, jangan cepat berpikir kalau speaker laptopmu rusak dan perlu diganti. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah suara laptop yang tidak muncul.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Keluar Suara windows 10

Periksa Sambungan Headset

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi perlu kamu cek terlebih dahulu untuk sekadar memastikan. Karena tidak sedikit orang yang tidak sadar kalau kabel headset ternyata tersambung dan tentunya hal ini mengakibatkan seolah speaker mengalami masalah. Coba kamu cek lagi apakah sedang ada sambungan headset pada laptopmu tidak sebatas sambungan kabel tetapi juga headset yang tersambung melalui koneksi bluetooth. Pada jaman sekarang sudah banyak headset yang mengusung teknologi wireless.

Periksa File Media

Sebelum mencari lebih dalam penyebab mengapa suara pada laptopmu tidak keluar, ada baiknya kamu mengetes terlebih dahulu file yang ingin kamu mainkan. Lakukan tes terlebih dahulu dengan memainkan media tersebut di device lain, apakah suara muncul dan memang ada?.

Masalah ini akan sering kamu alami jika file media kamu adalah hasil download dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Misalnya kamu mendownload file dari youtube menggunakan aplikasi eksternal, kamu akan mendapatkan video yang kadang tanpa suara sama sekali.

Baca Juga:

Install aplikasi Media Player dan Codec

Media player adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar file media baik audio mupun video. Aplikasi media player banyak macamnya dan bisa kamu download secara gratis. Sedangkan codec adalah suatu program komputer yang berguna untuk menterjemahkan file media agar bisa diputar oleh aplikasi media player. Saat mengisntall aplikasi media player biasanya sudah terinstall codec untuk file yang umum digunakan.

Tentunya laptopmu tidak akan bisa memutar file media secara sempurna tanpa kedua program ini. Codec sangat berperan penting dalam hal ini, jika codec untuk videonya ada sedangkan untuk audio tidak terinstall yang terjadi ialah file video yang kamu putar tidak akan terdengar suaranya. Kamu bisa mengatasinya dengan menginstall codec yang lengkap dan terbaru. Untuk mengunduhnya silahkan cari di google dengan keyword “Klite Codec Pack”.

Reinstall Driver

Driver merupakan program yang bertugas sebagai penghubung antara komponen perangkat keras dan perangkat lunak di dalam laptop kita. Perangkat keras untuk masalah ini adalah speaker dan media player sebagai perangkat lunak. Jika driver tidak terinstall secara benar atau karena hal tertentu mengalami kerusakan file maka file media tidak akan bisa diputar secara sempurna. Dalam hal ini suara dari video tidak keluar meskipun gambar muncul.

Kamu bisa melakukan re install driver audio untuk mengatasi hal ini. Caranya buka device manager, kemudian pilih device audio kamu, lalu pilih uninstall driver, lakukan install driver menggunakan aplikasi driver yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Ganti Speaker Laptop

Setelah semua langkah diatas sudah kamu coba tetapi tidak membuahkan hasil, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan mengganti speaker. Langkah – langkah sebelumnya adalah solusi yang bisa kamu gunakan jika masalahnya berasal dari sisi software, tetapi tidak akan berguna jika kerusakan berasal dari hardware.

Speaker laptop bisa saja rusak dan banyak yang bisa menyebabkannya, misal karena jatuh atau terkena air, dan lain sebagainya. Kalau kamu tidak berpengalaman dalam membongkar laptop sebelumnya, kami sarankan untuk membawa laptop mu ke service center agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna mengatasi masalah audio laptop yang tidak keluar saat play video. Meskipun resiko untuk kehilangan data kecil, kami sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada sistem.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *