Cara Mudah dan Cepat Untuk Mematikan Laptop yang Error

Laptop menjadi pilihan untuk orang – orang yang bekerja tidak hanya di satu tempat dan cenderung berpindah – pindah, seperti freelancer misalnya. Hal ini dikarenakan bentuk laptop yang portabel dan bisa dibawa kemana – mana dengan mudah. Kamu tidak perlu terus – terusan untuk mencolok laptop ke listrik karena sudah dibekali dengan baterai yang biasanya cukup untuk menemani aktifitas harian.

Laptop Error

Seiring berjalannya waktu kinerja laptop akan menurun dan daya tahan baterainya juga ikut menurun. Sampai pada saatnya kamu akan menemui masalah error pada laptopmu. Masalah ini merupakan hal yang wajar jika laptopmu sudah cukup berumur dan sudah kamu install berbagai aplikasi. Mengatasi error yang terkadang muncul pada saat menggunakan laptop biasanya cukup di lakukan restart saja atau mematikannya sejenak agar laptop tersebut beristirahat.

Tetapi apa jadinya jika saat kamu ingin mematikan laptop yang sedang error ternyata tidak bisa dimatikan secara normal?. Tidak perlu panik dan bimbang. Begini cara mudah untuk mematikan laptop yang error dengan paksa.

Cara Gampang Mematikan laptop dengan Cara Paksa

Simpan Semua File

Sebelum kamu mematikan secara paksa laptop ada baiknya untuk melakukan save pada file yang sedang kamu kerjakan. Tentunya kamu tidak mau kan apa yang sudah kamu kerjakan tidak tersimpan dan hilang. Karena pada laptop yang error tidak akan melakukan backup data saat dimatikan secara paksa. File – file yang belum disimpan juga akan menghalangi saat kamu ingin mematikan laptop dengan cara normal sekalipun. Hal ini terjadi karena aplikasi akan menampilkan pemberitahuan untuk menyimpan file dan inilah yang mencegah windows untuk melakukan shutdown.

Matikan Program dengan Task Manager

Untuk memulai mematikan paksa sebuah laptop yang sedang error, bisa dengan cara mencari program yang sedang not responding pada task manager. Kamu bisa membuka program Task Manager melalui kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ESC. Setelah terbuka, task manager akan menampilkan list program yang sedang berjalan dan program yang error akan dilabeli dengan tag “not respoding”. Klik kanan pada program task responding tersebut lalu pilih end task.

Baca Juga:

Cabut Semua Device Eksternal

Laptop yang error dan sulit dimatikan bukan hanya disebabkan oleh program yang nge hang. Device eksternal juga bisa menjadi penyebab laptop menjadi error dan sulit untuk dimatikan. Misal flashdisk yang kecepatan baca tulisnya lambat kamu paksa untuk diisi dengan file yang berukuran besar. Hal lain bisa saja device eksternal tersebut sudah rusak dan saatnya untuk diganti. Agar laptop bisa dimatikan, cabut terlebih dahulu device- device tersebut.

Tekan Tombol Power Dengan Lama

Setelah semua langkah sudah kamu coba, tetapi laptop masih tidak bisa dimatikan dengan cara normal. Kamu bisa menggunakan tombol power pada laptop untuk mematikan secara paksa. Caranya cukup tekan dengan lama tombol power tersebut selama kurang lebih 5 detik atau sampai layar laptop mati. Mekanisme ini memang sudah ada dari dulu dan menjadi senjata ampuh untuk mematikan paksa sebuah laptop yang sedag error.

Cabut Baterainya

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan lansung mencabut paksa baterai dari laptop bersangkutan. Seperti yang kita tahu pasokan daya utama dari sebuah laptop bersumber dari baterai, sedangkan laptop membutuhkan daya untuk tetap bisa hidup. Cara ini masih berlaku walaupun laptop kamu mengusung desain baterai tanam, tetapi harus membongkar laptop terlebih dahulu yang tentu saja menghanguskan garansi laptop.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan secara paksa laptop yang sedang error dan tidak bisa dimatikan dengan cara normal. Tetapi jangan terlalu sering melakukan hal ini agar komponen yang berada di dalam laptop kamu tidak rusak karena berhenti bekerja secara tiba- tiba.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *