Gak Perlu Repot, Begini Cara Mudah Upgrade – Update Firmware PS4

Era Playstation 5 sudah dimulai, tetapi bukan berarti era konsol generasi sebelumnya berakhir begitu saja. Kenapa begitu?Karena seperti kita ketahui bersama, kalau ada generasi baru maka konsol generasi lama akan turun harganya. Biasanya orang-orang yang dulu masih berfikir untuk membeli ps4 karena harganya yang terpaut mahal mulai tergiur untuk membelinya.

Update PS4

Para pemilik ps3 yang ingin melakukan upgrade konsol mereka juga tertarik dengan harganya yang lebih bersaing. Banyaknya pemilik baru ps4 ini akan membuat lonjakan user ps4 di Indonesia menjadi lebih besar lagi. Sebagai pembuat ps4, Sony juga tidak serta merta meninggalkannya begitu saja, akan ada update dan perbaikan sistem setidaknya sampai 3-4 tahun mendatang.

Update software ini akan membantu untuk meminimalisir error pada saat kamu menggunakan ps4. Sony juga mewajibkan untuk menggunakan versi software terbaru agar bisa memainkan game terbaru juga dan untuk mengakses layanan online milik mereka. Nah, begini caranya untuk melakukan update software.

Cara Update Software PS4

Melalui Internet secara Online

Cara paling mudah dan cepat yang bisa kamu gunakan adalah langsung menggunakan konsol PS4 untuk melakukan update secara otomatis atau melakukan trigger untuk update seperti mengakses PSN Store. Kamu juga bisa melakukan update dengan menggunakan jaringan WIFI maupun kabel LAN, tinggal sesuaikan saja dengan koneksimu saat ini.

Pastikan koneksi yang kamu gunakan stabil dan kamu memiliki cukup ruang penyimpanan, agar proses update bisa berhasil. Kalau kamu menggunakan koneksi yang menerapkan sistem kuota, kamu juga harus menyiapkannya karena ukuran file update biasanya ratusan MB.

Offline Menggunakan USB

Kalau kamu termasuk ke dalam para pejuang kuota, pastinya besar file update dari PS4 akan sangat terasa menguras kuota. Untuk mengatasinya, cukup mudah kamu hanya perlu mengunduh file update di tempat yang ada wifinya menggunakan laptop atau HP lalu menginstallnya ke dalam PS4 secara offline. Kamu membutuhkan laptop/Hp file update dan USB Flashdisk untuk melakukannya. Begini langkah – langkahnya:

  • Masuk ke Halaman ini
    lalu pilih “PS4 Update File” download file tersebut dan simpan dengan nama “PS4UPDATE.PUP
  • Setelah itu pastikan Flashdiskmu sudah menggunakan format FAT32
  • Buat Folder baru di Flashdisk dengan nama “UPDATE” lalu masukkan file “PS4UPDATE.PUP” kedalam folder
  • Colokkan Flashdisk ke PS4
  • Masukkan PS4 ke dalam safemode dengan menekan tombol power agak lama sampai terdengar 2x bunyi beep dari posisi PS4 mati.
  • Pilih Opsi “Update System Software
  • Pilih “Update from USB Storage Device” lalu OK

Baca Juga:

Keuntungan Menggunakan PS4 dengan Software Terkini

Bisa Beli, Download dan Update Game

Buat kamu yang ingin membeli dan mempunyai game secara digital, harus melakukannya melalui PSN Store yang merupakan toko game default dari Playstation. Nah, untuk mengakses toko game digital ini kamu perlu menggunakan software dengan versi terbaru. Kalau versi softwaremu di bawah dari yang diharuskan kamu tidak bisa mengakses layanan ini.

Pembatasan ini tidak terbatas pada PSN store saja, melainkan semua aspek online dari playstation itu sendiri. Contohnya, untuk melakukan update game atau main game secara online sampai layanan untuk menonton Youtube di PS4 mengharuskan kamu untuk login ke akun PSN.

Bebas dari Masalah

Sony sebagai pembuat PS4 akan selalu menyediakan update pada saat konsol mengalami masalah yang signifikan dan sangat mengganggu. Misal saja, ada game baru yang tidak stabil kalau dimainkan di versi firmware lama atau malahan tidak playable sama sekali. Kalau firmware kamu selalu terupdate kamu tidak perlu bertemu dengan masalah seperti ini.

Bisa Bermain Secara Online

Pemain online juga perlu untuk melakukan update baik firmware ps4 maupun update patch game menjadi paling baru. Kalau kamu termasuk pemain online, maka perlu untuk selalu melakukan update secara berkala pada semua koleksi game dan firmware ps4 itu sendiri.

Meskipun untuk beberapa game kamu diharuskan berlangganan layanan milik Sony yaitu Playstation Plus. Tetapi, masih banyak game yang bisa kamu mainkan secara online tanpa memerlukan langganan layanan tersebut. Biasanya game yang memerlukan PSPLus tertera di cover disk game bersangkutan.

Penutup

Itulah, beberapa cara dan manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu menjaga software ps4 up-to-date. Kamu tidak perlu selalu melakukan update jika di rumah memang tidak terdapat koneksi internet. Kamu mungkin akan diwajibkan untuk update software jika versi yang terinstall sudah terpaut jauh ketinggalan. Jangan matikan PS4, pada saat update sedang berlangsung, karena akan mengakibatkan update gagal dan terdapat kemungkinan merusak sistem ps4. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *