Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Sinkron Berhasil 100%

Loading...

Jaman sekarang, siapa yang tidak mengenal Youtube. Dimiliki oleh google, perkembangannya sangat cepat dan menjadi platform video streaming paling populer di Indonesia. Selain digunakan sebagai hiburan dengan menonton video yang tersedia, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan yang tayang di video yang kamu upload.

ilustrasi buffer suara youtube tidak sinkron
Loading...

Tentunya dengan menggunakan Youtube kita tidak perlu khawatir akan kehabisan tontonan untuk mengisi waktu luang, dikarenakan konten yang tersedia di Youtube sangatlah beragam. Kamu bisa menggunakan Youtube sebagai alternatif daripada menonton siaran TV yang tidak bisa kamu pilih sesukanya.

Banyaknya konten yang ada di Youtube membuatmu harus memfilter secara mandiri tontonan yang ingin kamu tonton. Video yang diupload oleh pengguna Youtube tidak semuanya cocok untuk segala usia. Pengalaman dalam menonton Youtube tidak akan maksimal jika suara video yang kita putar tidak pas. Misalnya, saja suaranya lebih lambat atau lebih cepat dari videonya, tentu ini sangatlah mengganggu. Tidak perlu khawatir, begini cara mengatasinya.

Loading...

Mengatasi Suara Video Youtube tidak Sinkron

Software driver merupakan sebuah perantara yang digunakan antara hardware dengan sistem operasi. Driver akan melakukan instruksi kepada hardware audio untuk mengeluarkan suara sesuai dengan apa yang tampil di layar. Kalau driver yang sedang kamu install dan gunakan tidak cocok, ini bisa mengakibatkan suara yang dihasilkan delay.

Pastikan Driver Audio dan VGA Terupdate

Maka dari itu, pastikan driver audio video yang terinstall di laptop sudah cocok dan terupdate. Mengapa harus diupdate? Karena, meskipun driver sudah cocok ada bug yang menyebabkan suara Youtube menjadi tidak sinkron. Bug dan error tersebut biasanya sudah teratasi diupdate terakhir yang disediakan oleh vendor itu sendiri.

Bagi pengguna laptop, mungkin akan menemukan kalau driver yang tersedia di situs resmi vendor laptop bukan merupakan yang paling baru. Jangan khawatir kamu bisa menemukan versi terbaru di situs resmi dari vendor hardware. Kalau tetap tidak berhasil, kamu bisa mencoba melakukan reinstall driver.Karena bisa saja proses instalasi sebelumnya mengalami kendala.

Loading...

Coba Tutup Aplikasi Lainnya

Banyaknya aplikasi yang terbuka secara bersamaan, akan membuat sistem bekerja lebih berat,dan lama kelamaan proses kerja sistem itu sendiri mulai melambat. Biasakan untuk menutup aplikasi yang sedang atau sudah selesai kamu gunakan sebelumnya. Hal ini akan memperingan kerja sistem dan akan menghemat baterai jika kamu menggunakan sebuah laptop.

Berlaku juga,8 dengan banyaknya tab yang kamu buka akan mempengaruhi cepat lambatnya pemprosesan yang sedang terjadi di laptop. Kalau proses kerja laptop lambat, bisa saja akan ada sedikit delay audio pada saat melakukan playback media, apalagi jika laptop yang sedang kamu gunakan saat ini mempunyai kapasitas RAM yang terbatas.

Baca Juga:

Loading...

Update atau Ganti Browser

Mengakses halaman Youtube membutuhkan internet dan sebuah browser guna membuka situs dan menampilkannya di laptop. Browser atau peramban yang sudah usang atau tidak terupdate akan membuatnya ketinggalan fitur terbaru dan perbaikan celah keamanan maupun kelemahan sistem didalamnya.

Sebaiknya update secara berkala aplikasi browser yang sedang terinstall dan akan kamu gunakan. Untuk menghemat waktu tinggal aktifkan saja fitur auto update yang akan membuatnya melakukan pembaruan secara otomatis di belakang layar saat browser sedang kamu sedang terhubung ke jaringan internet.

Refresh Halaman Youtube

Terkadang kita tidak perlu melakukan hal yang rumit dan cenderung ribet untuk menangani masalah audio youtube yang tidak sinkron. Bisa saja cukup dengan melakukan refresh halaman di browser, Youtube bisa memutar video secara normal tanpa mengalami masalah sama sekali.Kalau cara ini berhasil, kemungkinan masalah yang kamu alami disebabkan oleh gagalnya browser dalam memuat halaman Youtube secara sempurna.

Loading...

Suatu halaman situs web terdiri dari beberapa komponen penting yang nantinya akan diterjemahkan oleh browser untuk kemudian ditampilkan di layar. Kalau ada beberapa komponen yang gagal dimuat maka video tidak akan bisa diputar secara mulus. Melakukan refresh berarti meminta browser untuk melakukan pemuatan ulang seluruh komponen yang ada dihalaman.

Terjadi Masalah di Server Youtube

Loading...

Pada masa sekarang, orang – orang kebanyakan bekerja dan melakukan aktifitasnya dari rumah, baik kegiatan belajar mengajar, maupun untuk menghibur diri. Berhubung youtube adalah salah satu platform video streaming populer di Indonesia, maka tidak salah kalau menganggap banyak orang yang nantinya akan mengakses Youtube secara bersamaan.

Meskipun server Youtube sudah dipersiapkan sedemikian rupa, tetapi karena buatan manusia, tidak ada yang bisa menjamin kalau tidak akan mengalami masalah pada saat banyak digunakan secara bersamaan. Istilahnya adalah overload, kamu mungkin pernah mengalami Youtube yang loading lebih lama dari seharusnya pada saat jam sibuk.

Loading...

Cek Koneksi Internet

Hal terakhir dan paling krusial untuk dicek adalah kestabilan dan kecepatan dari koneksi internet yang sedang kamu gunakan saat ini. Koneksi internet yang cepat akan mempercepat buffering video dan kamu bisa segera menontonnya dengan cepat pula. Tetapi yang perlu kamu ingat meskipun koneksi cepat kalau tidak stabil juga percuma.

Kecepatan koneksimu bisa kamu cek dengan menggunakan speedtest. Koneksi internet yang tidak stabil akan mengkibatkan banyak paket loss dan akhirnya Youtube tidak bisa menampilkan video dengan mulus, untuk melihat statistik berapa paket loss dan lain – lain bisa dilihat dengan cara klik kanan video Youtube lalu pilih informasi statistik.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah suara Youtube yang tidak sinkron saat memutar video. Terkadang beberapa masalah memutar video secara normal bisa diatasi hanya dengan melakukan refresh halaman. Terimakasih sudah mau mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *