Cara Mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10

Loading...

Sebelum kita memulai dan membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa sih Automatic Repair itu ? NonFitur ini merupakan sebuah bawaan dari windows yang berguna untuk melakukan perbaikan secara otomatis pada saat windows tidak bisa booting secara normal. Biasanya, fitur ini akan aktif saat kita mau menyalakan komputer dan windows, kita merasa ada yang tidak beres pada dirinya sendiri.

Automatic Repair
Loading...

Kalau dilihat dari fungsinya, program ini memang dibuat untuk mengatasi masalah saat terjadi error. Namun, dalam kebanyakan kasus proses perbaikan mengalami kegagalan dan mengakibatkan komputer ke dalam status looping dan menampilkan jendela automatic repair sampai waktu yang tidak terbatas. Kalau kamu mengalami error semacam ini, berikut beberapa penyebab dan sekaligus solusi yang bisa kamu gunakan untuk lepas dari situasi itu.

Penyebab dan Solusi Preparing Automatic Repair

Komputer Mati Mendadak

Bisa dibilang sebuah komputer atau laptop merupakan perangkat elektronik yang sedikit sensitif jika tidak dilakukan shutdown secara benar. Hal ini dikarenakan, ada beberapa proses yang dilakukan sebelum komputer bisa mati secara sempurna. Kalau proses ini di skip atau komputer tidak sengaja mati secara mendadak, akan ada proses yang melakukan pengecekan apakah semua file aman dan windows bisa start dengan normal kembali?

Loading...

Nah, jika kamu menemui proses automatic repair setelah komputer mengalami mati secara mendadak, kamu hanya perlu menunggu proses perbaikan selesai dengan sendirinya. Biasanya akan ada proses tambahan berupa pengecekan status disk, tetapi proses ini bisa dengan mudah kamu skip dengan menekan sembarang tombol saat windows mau start.

Baca Juga:

Sistim File Ada yang Rusak

File sistem yang ada pada sistem operasi windows sangatlah banyak dan diperlukan untuk memulai windows dengan normal. Kalau ada salah satu file sistem yang tidak bisa terbaca maka windows tidak akan berfungsi seperti biasa. File ini terdapat di drive C dan windows akan terus berusaha untuk memperbaikinya jika terjadi kerusakan, inilah salah satu penyebab kenapa laptop bisa berada dalam situasi automatic repair secara terus menerus.

Loading...

Biasanya, file sistem bisa rusak dikarenakan oleh virus atau proses update yang gagal. Mungkin kamu akan sedikit mengalami kesulitan untuk mencari tahu file mana yang sedang berusaha diperbaiki oleh windows saat automatic repair sedang berlangsung. Kalau sistem gagal dalam memperbaiki dirinya sendiri, kamu akan diberikan opsi untuk memasukkan CD/DVD instalasi windows yang digunakan untuk mencari file sistem yang rusak/hilang.

Harddisk Mengalami Bad Sector

Sebagai tempat penyimpanan utama dari sebuah komputer, kesehatan dari harddisk sendiri merupakan hal yang penting. Kamu bisa melakukan pengecekan harddisk dengan menggunakan software pihak ketiga. Sebuah harddisk terdiri dari beberapa sector file yang digunakan untuk menyimpan data, kalau ada sector yang tidak rusak (bad sector) maka file kamu tidak akan bisa terbaca dan biasanya menyebakan sistem menjadi hang.

Kamu akan jarang mengalami ini kalau sudah melakukan upgrade harddisk yang sedang kamu pakai saat ini menjadi SSD. Selain lebih cepat, SSD juga mempunyai ketahanan yang lebih kuat dari goncangan karena tidak ada komponen yang berputar di dalamnya. Meskipun begitu harga sebuah SSD sendiri masih tergolong mahal dibandingkan dengan harddisk dengan kapasitas yang sama. Jadi kalau kamu merasa Harddiskmu merupakan penyebab masalahnya segera ganti dengan SSD ya.

Loading...

Windows Update Mengalami Kegagalan

Loading...

Untuk mendapatkan performa dan keamanan maksimal dari windows adalah dengan melakukan update secara berkala. Mulai dari versi windows 10, sistem akan secara otomatis melakukan update saat laptop tersambung dengan internet. Tentunya, windows kamu haruslah berlisensi original untuk mendapatkan update tersebut.

Lama proses update dari windows sendiri tergantung dengan ukuran paket update yang diunduh oleh windows. Update bisa langsung selesai dalam hitungan menit bahkan sampai berjam-jam. Saat update berlangsung kamu tidak akan bisa menggunakan laptop dan dilarang untuk mematikannya agar bisa berhasil. Terkadang proses update ini bisa gagal dan mengakibatkan sistem mengakses automatic repair secara berulang. Nah, untuk mengatasinya kamu hanya perlu untuk menghubungkan laptop ke internet. Ini dimaksudkan agar sistem melakukan unduh ulang file untuk update.

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang mungkin bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi masalah komputer yang melakukan automatic repair secara terus menerus. Bagi kamu yang mengalami masalah serupa dan mempunyai solusi lain, silahkan untuk menulis di kolom komentar ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *