Cara Menghapus Virus Laptop Sampai Bersih ke Akarnya

Siapa sih yang ingin laptopnya terinfeksi sebuah virus komputer?, pasti tidak ada kan. Kecuali kamu memang bekerja di bidang yang meneliti virus untuk membuat antivirusnya. Seperti namanya virus merupakan sebuah program jahat yang menginfeksi laptop dan melakukan aktifitas yang cenderung menganggu pengguna.

Sebuah virus akan terus mereplikasi dirinya dan menyamar sebagai program lain untuk bertahan hidup. Sumber infeksi virus bisa terjadi dari mana saja, mulai dari file yang tidak sengaja kamu download di internet sampai aktifitas pertukaran data melalui flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

menghapus virus laptop

Maka dari itu kamu harus lebih berhati – hati dalam mengunduh maupun melakukan copy paste file dari laptop lain. Untuk perlindungan ekstra, kami sarankan untuk menginstall sebuah software antivirus. Program antivirus sangat efektif untuk mendeteksi dan melindungi laptop dari serangan virus, tetapi kalau virus sudah menginfeksi duluan terkadang program antivirus menjadi tidak efektif lagi.

Hal ini dikarenakan virus yang sudah terlanjur menguasai laptop akan berusaha untuk memblokir program antivirus yang berusaha kamu install. Nah, begini caranya untuk menghapus virus yang sudah terlanjur menginfeksi laptop.

Cara Menghapus Virus di Laptop

0. Isolasi Laptop dari Jaringan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan isolasi terhadap laptop yang sedang terinfeksi virus. Ini dilakukan agar virus tidak menyebar ke laptop atau komputer lainnya. Putuskan segala koneksi yang bisa membuat virus menyebar, seperti mematikan koneksi internet atau jangan lakukan transfer file dan data menggunakan laptop yang terkena virus.

Kamu bisa kembali menghubungkan laptop ke internet setelah pembersihan virus selesai atau virus dirasa sudah tidak mungkin melakukan replikasi kembali.

1. Hapus Semua File yang Terinfeksi

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang file yang tersimpan di laptop lebih berharga daripada laptop itu sendiri. Tetapi kalau file tersebut sudah terinfeksi virus komputer yang lumayan parah, mau tidak mau kamu harus merelakan file tersebut agar file lain tidak ikut terinfeksi.

Ada beberapa kasus, file terinfeksi virus bisa kita selamatkan dan bisa dibuka kembali seperti sedia kala. Tetapi kamu harus menyiapkan skenario terburuk dan siap untuk menghapus file tersebut. Biasanya antivirus akan otomatis membuang virus yang telah menginfeksi file, tetapi proses ini juga bisa saja gagal dan antivirus akan merekomendasikan untuk melakukan penghapusan.

2. Scan lagi Dengan Antivirus yang Terupdate

Sebenarnya kalau kamu menggunakan sistem operasi windows 10, sudah terdapat sebuah antivirus gratisan yang cukup mumpuni di dalamnya. Tetapi antivirus tersebut menjadi kurang efektif jika tidak selalu terupdate database virusnya. Biasanya ini terjadi jika kamu tidak memiliki koneksi internet di rumah atau kamu sedang menggunakan windows versi pak tani.

Antivirus yang kudet akan mengakibatkan dirinya tidak bisa membaca atau mendeteksi adanya virus generasi baru. Karena tidak terdeteksi maka secara tidak sadar laptop kamu terinfeksi sampai kamu menyadarinya. Biasanya kita baru sadar sudah terinfeksi virus pada saat infeksi pada laptop yang sudah sangat parah.

Baca Juga:

Cara Mematikan Antivirus Windows 10

Sebagai sebuah antivirus bawaan dan gratis windows security yang dulunya bernama windows defender sudah sangatlah cukup untuk melindungi laptop dari virus dan ancaman lain. Aplikasi ini sudah secara otomatis terisntall dan berjalan bagi kamu pengguna windows 10. Tetapi mungkin kamu tidak cocok dengan antivirus ini atau karena alasan tertentu ingin mematikannya. Begini caranya…

1.Install Antivirus Lain

Salah satu fitur dari windows security adalah akan otomatis mati jika kamu menginstall antivirus lain. Tentunya antivirus yang kamu install haruslah yang sudah terkenal dan masuk kedalam list dari windows security. Jadi kalau kamu ingin mengganti antivirus dengan produk lain, tinggal install saja maka secara otomatis windows security akan non-aktif. Tidak perlu repot mematikan atau melakukan install ulang. Kalau antivirus baru tersebut kamu uninstall maka windows security akan kembali aktif.

2.Matikan Lewat Setting

Kalau kamu memang secara sadar dan sengaja ingin mematikan antivirus bawaan ini, misal ingin menginstall sebuah aplikasi yang dianggap virus dan mengakibatkannya tidak bisa dibuka. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu masuk ke windows security->masuk ke menu Virus & Thread Protection lalu geser slider Real – Time protection menjadi off. Mudah kan?

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghapus sepenuhnya virus yang telah menginfeksi laptop. Kami sarankan untuk selalu melakukan backup terhadap file yang kiranya penting. Ini dilakukan untuk menghindari kehilangan file berharga tersebut. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *