Gampang, Begini Cara Menampilkan Layar HP ke Android TV Sony Bravia

Zaman sekarang, TV tidak hanya berfungsi sebagai penampil gambar untuk menyiarkan siaran baik melalui sinyal analog maupun digital. TV sudah berubah menjadi sebuah alat all-in-one untuk kebutuhan multimedia. Apalagi dengan maraknya produk Smart TV atau sebuah android Box yang bisa membuat Tv kamu menjadi “Smart”.

Keunggulan menggunakan smart tv dibandingkan dengan menggunakan tv biasa, tentu saja kamu bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam menikmati multimedia. Kamu juga bisa melakukan streaming video atau film dari layanan streaming favoritmu, bahkan kamu bisa bermain game dengan TV. Hebat bukan???

android tv

Untuk menikmatinya, kamu harus memiliki langganan internet di rumah. Karena bisa dibilang tanpa sambungan internet, kemampuan dari smart TV tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Meskipun begitu kamu masih bisa menonton film yang sudah kamu unduh sebelumnya.

Selain itu, bisa menggunakan HP kamu yang sama – sama smart itu dan menjadikannya sebagai remot. Jadi kamu tidak perlu kerepotan untuk mencari remote TV yang pastinya akan sering hilang atau lupa taruh dimana. Kamu juga bisa menampilkan layar HP kamu di TV, agar bisa bermain game favorit dengan layar lebar. Begini caranya…

Cara Mirroring Layar HP Ke TV

Pakai Layanan Miracast

Fitur ini merupakan sebuah fitur yang pasti ada di sebuah android TV tanpa perlu melakukan apapun. Kamu juga tidak perlu untuk mengaktifkan fitur ini, karena fitur ini akan otomatis aktif begitu kamu menyalakan TV. Tetapi berlaku sebaliknya untuk HP, tidak semua HP mendukung miracast atau biasa disebut screencast.

Kalau Hpmu mendukung, kamu hanya perlu menghubungkan kedua perangkat tersebut (HP dan TV) pada sebuah WIfi yang sama agar bisa saling terdeteksi. Pada HP masuk ke pengaturan lalu masuk ke fitur tampilan nirkabel, untuk HP samsung kamu bisa masuk ke menu smart view.

Lakukan scan pada menu tersebut, kalau HP dan TV sudah satu jaringan akan muncul nama TVmu di layar HP. Kamu hanya perlu melakukan tap pada nama TV maka layar HPmu akan otomatis tampil pada TV. Mudah bukan?

Menggunakan Wifi Direct

Khusus untuk Pengguna Sony Bravia, kamu bisa menggunakan fitur bawaan yang bernama Wifi Direct. Ini akan sangat berguna kalau kamu tidak memiliki jaringan wifi dirumah. Karena dengan menggunakan fitur ini, TV akan membuat sebuah jaringan Wifi dan kamu bisa menyambungkan HP atau Laptop ke Wifi tersebut, seperti wifi tethering yang ada di HP.

Wifi Direct

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. Nyalakan Wifi di pengaturan TV
  2. Masuk ke Menu Wifi Direct
    • Masuk ke Setting
    • NETWORK & ACCESSORIES
    • Network
    • Wi-Fi Direct pastikan ON
  3. Masuk ke Wi-Fi Direct Settings untuk melihat ID Wifi dan Password yang dibuat oleh TV
  4. Hubungkan HP ke TV menggunakan Informasi tersebut
  5. Selesai

Baca Juga:

Install Aplikasi Tambahan

Meskipun HP tidak mendukung fitur mirror ke TV secara native, kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut. Kabar baiknya aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan secara cuma – cuma. Kamu hanya perlu melakukan install aplikasi mirroring di TV dan HP. Jangan lupa untuk menyambungkan keduanya ke dalam satu jaringan yang sama.

Berikut aplikasi yang pernah kami coba dan bisa kamu temukan dengan mudah di Playstore maupun AppStore :

Apower Mirror

Apower Mirror

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melakukan mirror tampilan HP maupun gameplay dari game kesukaanmu ke TV dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis dengan fitur yang terbatas, tetapi fitur yang tersedia sudah lebih dari cukup untuk digunakan secara gratis. Kamu juga bisa melakukan screen mirroring dari laptop dan menampilkan presentasi langsung ke layar TV.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu menghubungkan TV ke jaringan Wifi kemudian buka aplikasi. Pada aplikasi akan tertera sebuah kode yang nantinya akan kamu input di HP maupun Laptop, kamu juga bisa melakukan scan Kode QR yang tertera di layar TV untuk melakukan sambungan.

Letsview

LetsView

Memiliki fitur dan cara penggunaan yang kurang lebih sama dengan aplikasi sebelumnya, bahkan user interfacenya bisa dibilang mirip. Gunakan aplikasi ini sebagai alternatif atau sebagai pilihan untuk kamu install dan gunakan. Kalau kamu ingin melakukan mirror laptop, install juga softwarenya di laptop.

Bonus! Cara Install Aplikasi di Android TV

Sebuah android TV sudah terinstall sistem operasi didalamnya, maka dari itu kamu bisa dengan mudah menambah aplikasi yang kamu inginkan. Misalnya install aplikasi Netflix untuk menonton film atau install game untuk sekedar hiburan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menambah aplikasi di Android TV, disini kami akan merangkumnya menjadi dua cara sebagai berikut:

Lewat Playstore

Yap, Tentu saja kamu akan diberikan kesempatan untuk menginstall aplikasi dari marketstore bawaan dari android ini. Melalui aplikasi ini kamu bisa dengan mudah melakukan instalasi tanpa perlu repot sama sekali. Cukup login lalu cari aplikasi yang kamu mau.

Tetapi yang perlu diingat adalah, playstore yang ada di android TV sedikit berbeda dengan playstore yang ada di Smarphone. Pada Playstore versi TV kamu akan menyadari jumlah aplikasi yang tersedia terbatas dan tidak sebanyak yang ada di versi HP. Kalau memang aplikasi yang kamu inginkan tidak ada disini, kamu bisa menggunakan cara kedua.

Install Dari File APK

Seperti halnya sebuah ponsel android biasa, kamu juga bisa melakukan instalasi aplikasi dari luar playstore. Paket instalasi yang menggunakan format apk bisa kamu unduh terlebih dahulu lalu kamu kirim ke tv. Menggunakan cara ini kamu akan memerlukan sedikit usaha ketimbang langsung mengunduh di playstore yang tersedia. Meskipun begitu pilihan aplikasi yang bisa kamu install menjadi lebih banyak dengan menggunakan cara ini.

Berikut langkah – langkah untuk mengistall apk di android tv melalui HP :

  • Install aplikasi send files to tv di HP dan Android TV
  • Install Aplikasi file manager di Android TV (misal file commander atau ES file explorer)
  • Ijinkan aplikasi file manager untuk melakukan instalasi
  • Kirim File APk menggunakan Aplikasi Send Files to TV
  • Install aplikasi
  • Selesai
Penutup

Melalui android TV kamu bisa mengakses aplikasi favorit yang terinstall di HP. Menonton drama dan film aksi dengan layar yang lebih lebar, atau bisa juga bermain permainan android kesukaanmu. Kamu bisa menghubungkan stik untuk menambah kemudahan dalam bermain game. Kamu juga bisa menghubungkan keyboard dan mouse agar navigasi pada TV semakin mudah.

Begitulah cara yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan potensi dari sebuah TV Android. Tetapi tidak semua aplikasi akan bisa berjalan dengan normal di Android TV, dikarenakan memang aplikasi didesain untuk digunakan di HP. Ternyata selain menampilkan layar HP kamu bisa melakukan banyak Hal ya. Terimakasih sudah mengunjungi Blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *