Mending Rakit PC ?? Simak Penjelasan Berikut Kalau Gak Mau Rugi

Belakangan ini semakin marak orang – orang yang menganjurkan untuk merakit PC ( Personal Computer ) pada setiap kesempatan. Dengan kata – kata andalan mending rakit pc disematkan pada setiap komentar pada orang yang sedang bingung menentukan pilihan untuk membeli suatu barang tertentu.

PC atau yang biasa kita kenal dengan komputer adalah suatu alat yang bisa kamu gunakan baik sebagai media hiburan ataupun untuk mendukung perkerjaan dan meningkatkan produktifitas kamu. Berbeda dengan laptop sebuah PC tidak bersifat portable dan tidak bisa dibawa dengan mudah kemanapun seperti layaknya sebuah laptop. Meskipun secara flexibilitas kalah dengan laptop, tetapi pada rentang harga yang sama sebuah PC sangat bisa jauh mengungguli performa dari laptop.

Nyatanya merakit sebuah pc tidak semudah yang kamu bayangkan sebelumnya. Banyak hal yang sebelumnya harus kamu pertimbangkan kembali sebelum melangkah lebih jauh. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tidak rugi maupun menyesal dikemudian hari. Simak penjelasan berikut…

5 Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Rakit PC

1. Pastikan Tujuan

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, kamu harus menentukan terlebih dahulu alasan utama yang membuatmu harus merakit PC. Atau nantinya hasil dari rakitan PC mu akan digunakan untuk apa?. Karena banyak yang hanya khilaf semata dan akhirnya menyesal sudah merakit pc tetapi tidak sesuai dengan keinginan.

Untuk itu tentukan apakah PC yang akan kamu rakit ini akan digunakan untuk kerja, gaming, entertainment atau untuk hal lain. Setelah kamu menentukan tujuan dan membulatkan tekad PC macam apa yang ingin kamu rakit nantinya, barulah kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Tujuan untuk merakit PC akan berpengaruh langsung pada biaya yang nantinya akan kamu keluarkan serta bentuk akhir dari PC yang akan kamu bangun nantinya. Tentunya tidak mungkin kamu membuat PC ukuran normal yang tidak

2. Tentukan Budget

Budget merupakan besaran perkiraan berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan untuk memperoleh hasil PC rakitan yang kamu mau. Kamu bisa menggunakan angka pasti maupun berupa kisaran seperti 10Jtan atau 10Jt sampai 15Jt. Angka budget ini harus kamu tentukan terlebih dahulu sebelum kamu mulai membeli komponen PC yang kamu butuhkan.

Besaran angka budget tentu saja sangat berpengaruh dengan variasi komponen yang bisa kamu pilih saat akan merakit PC. Usahakan jangan sampai kamu overbudget dalam membeli komponen PC. Untuk menyiasati agar tidak overbudget kamu bisa menggunakan opsi komponen second atau mencari komponen lain yang lebih murah.

Kalaupun kamu tidak mempunyai uang yang sesuai dengan budget yang kamu tentukan sekarang, tidak apa apa. Karena kamu bisa menabung terlebih dahulu atau mencicil membeli komponen PC dan tidak membelinya secara sekaligus. Tentunya jika kamu menggunakan cara ini kamu haruslah ekstra sabar.

3. Periksa Daya Listrik

Nah yang satu ini juga harus kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum mulai merakit PC. Sebagai sumber kehidupan utama dari PC, listrik merupakan suatu hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, misalkan kamu sudah selesai dalam merakit sebuah PC. Ternyata arus listrik dirumahmu tidak kuat dan tidak mampu menghidupkan PC hasil rakitanmu. Rugi banget kan, sudah susah beli dan rakit PC, eh tidak mau nyala.

Untuk itu kamu harus memastikan terlebih dahulu berapa daya listrik dirumahmu. Kamu juga harus mengecek apakah daya listrik dirumahmu mampu untuk mengangkat semua alat elektronik yang kamu punya secara bersamaan atau harus bergantian. Rata rata sebuah PC menghabiskan daya sekitar 300w pada saat menyala, atau kamu bisa melakukan simulasi di web berikut https://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/.

Kalau ternyata setelah kamu melakukan pengecekan dan penghitungan secara mendalam, ternyata daya listrik di rumah kamu memang tidak kuat. Jangan khawatir, kamu hanya perlu melakukan upgrade daya listrik rumah atau menurunkan spesifikasi dari PC yang akan kamu rakit karena hal ini akan mempengaruhi berapa daya yang akan dipakai.

Baca Juga:

4. Siapkan Tempat Untuk PC

Bayangkan saja kamu baru saja selesai merakit PC, tetapi ternyata ruangan atau kamar tempat kamu ingin menaruh PC tadi ternyata tidak muat atau membuatnya berantakan kalau ditaruh PC. Itulah yang terjadi jika kamu tidak mempersiapkan tempat sebelumnya. Ini sebaiknya juga menjadi acuan form faktor PC yang akan kamu pilih, apakah Full size, Mini, atau micro.

Jangan lupa kamu harus memperhatikan suhu ruangan dan sirkulasi udara yang terdapat di ruangan tersebut. Karena kalau sirkulasi udara terlalu buruk maka PC tidak akan bekerja secara maksimal karena gampang kepanasan.

5. Online vs Offline

Pembahasan kali ini dimaksudkan untuk menentukan apakah kamu nantinya akan menggunakan PC hasil rakitanmu untuk penggunaan secara offline atau kamu akan menggunakannya untuk tersambung ke internet. Memang dengan menggunakan fitur Wifi thetering yang ada pada ponsel kamu bisa dengan mudah menghubungkan PC mu ke jaringan internet.

Tetapi karena kita bicara tentang sebuah PC, rasanya kurang nikmat kalau tidak menggunakan koneksi broadband, jadi seperti ada yang kurang. Karena seperti kita tahu untuk penggunaan PC sendiri tergolong lama dan tentunya kamu akan memanfaatkan PC lebih lama ketimbang dalam menggunakan sebuah laptop.

Kamu juga perlu menentukan apkah kamu ingin membeli komponen PC rakitanmu secara offline ataupun secara online. Hal ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Misalnya saja kamu akan mendapatkan pilihan komponen yang lebih banyak saat membeli secara online atau kamu akan mendapatkan kemudahan untuk klaim garansi jika membeli secara offline.

Penutup

Kegiatan merakit PC memang sebenarnya bukan merupakan hal yang bisa dengan mudah dilakukan oleh seorang pemula. Tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan oleh seorang pemula sekalipun, karena selalu ada kesempatan pertama untuk semua orang. Mungkin dari kesempatan satu ini kamu akan banyak belajar dan semakin baik pada kesempatan berikutnya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum mulai membeli komponen untuk merakit PC idaman. Semoga artikel kami bisa membantumu dan terimakasih sudah mau mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *