HP Kamu Tidak Bisa Tersambung Ke Laptop? Begini Solusinya

Backup adalah membuat cadangan dari file mu di tempat lain, misalnya saja menyimpan salinan foto dan video dari HP ke laptop. File pribadi sangatlah penting untuk dilakukan backup, setidaknya beberapa bulan sekali. Selain mengosongkan sisa penyimpanan agar bisa lebih banyak menjepret foto baru.

Kabel USB

Melakukan backup akan menjadi sangat berguna jika kamu tidak sengaja menghapus file tersebut dari HP mu atau HP mu terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Kamu bisa dengan mudah mengembalikan tersebut dengan cepat karena sudah mempunyai salinannya di Laptop.

Nah, biasanya kita menggunakan kabel USB yang digunakan untuk melakukan charging pada HP untuk melakukan transfer data antar HP dan Laptop. Bagaimana jadinya saat kita menyambungkan HP, ternyata HP kita tidak terbaca di Laptop? Begini cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Membaca USB HP

Cek Pengaturan HP

Secara default kebanyakan Smartphone akan memiliki pengaturan untuk hanya melakukan charging saat disambungkan ke laptop. Hal ini mengakibatkan tidak adanya transfer data yang terjadi saat HP disambungkan ke laptop menggunakan kabel data. Coba kamu cek pengaturan USB mu dan pastikan telah terpilih mode transfer file bukan hanya charging.

Cek Pengaturan Laptop

Setelah kamu sudah memastikan jika pengaturan pada HP sudah benar. Mungkin sekarang pengaturan laptop mu yang belum benar. Coba cek kembali apakah laptop mu sudah disetting agar membaca HP dengan sambungan kabel USB. Vendor smartphone biasanya juga menyediakan software pendukung untuk HP yang bisa kamu install di laptop.

Software ini tidak hanya berfungsi sebagai driver saja, melainkan juga sebagai sarana untuk melakukan backup semua data yang tersimpan pada HP dengan mudah. Kamu bisa mendownload software ini di website resmi vendor bersangkutan.

Coba Gunakan Device Lain

Untuk memastikan dimana sebenarnya yang bermasalah dan agar segera menemukan solusi yang efektif, kamu bisa melakukan beberapa uji coba. Seperti mencoba menggunakan device lain untuk disambungkan ke laptop. Apakah device tersebut terbaca dengan normal?. Lalu kamu bisa mengganti mencoba USB port yang lainnya juga. Kecuali laptopmu memang hanya menyediakan satu USB port saja.

Baca Juga:

Ganti Kabel Data

Jika ternyata saat kamu mencoba untuk mencoba menggunakan device atau HP lain dan laptop tetap tidak bisa membaca USB device tersebut, jangan langsung mengambil kesimpulan kalau laptopmu yang bermasalah. Ada kemungkinan masalah berada pada kabel USB yang kamu gunakan.

Biasanya masalah ini sering terjadi jika kamu menggunakan kabel dari third party atau tidak original. Kabel originalpun jika umurnya sudah tua juga akan mengalami masalah serupa. Selain masalah kualitas kabel, ada kabel USB yang memang hanya didesain untuk melakukan cas pada HP saja dan tidak mendukung transfer file. Coba kamu baca kembali deskripsi yang tertera pada box penjualan kabel USB kamu

Cara Alternatif Untuk Transfer File dari HP Ke Laptop

Karena jaman sudah sangat canggih pada saat ini, ketika ingin melakukan transfer file pilihanmu tidak terbatas hanya menggunakan koneksi melalui kabel saja. Banyak pilihan koneksi lain yang tergolong lebih mudah dan tidak ribet daripada menggunakan kabel.

Menggunakan WIFI

Cara pertama dan paling mudah kamu bisa melakukan transfer file melalui jaringan wifi. Dengan menggunakan jaringan wifi kamu tidak perlu ribet mencolokkan kabel lagi. Kamu bisa mengunduh aplikasi transfer file seperti shareit yang bisa kamu dapatkan dengan gratis di playstore maupun appstore. Jangan lupa untuk menginstall juga software dengan nama serupa untuk laptop. Tenang saja kamu bisa melakukan transfer file tanpa menggunakan kuota sama sekali.

Menggunakan Bluetooth

Kalau lahir ditahun 90an pasti sudah biasa untuk menggunakan bluetooth untuk saran transfer file. Teknologi bluetooth tergolong revolusioner di jamannya dan menggeser popularitas inframerah pada masa itu. Sebuah laptop pasti dibekali dengan bluetooth adapter, karena produsen sekarang membuatnya sudah satu paket dengan adapter wifi. Meskipun jaman sekarang fungsi bluetooth lebih sering kita gunakan untuk mendengarkan audio melalui wireless speaker, fungsi untuk transfer file masih ada kok.

Menggunakan Internet

Cara alternatif paling mudah, apalagi jika kamu mempunyai kuota data yang sangat banyak atau file yang ingin kamu kirim ukurannya tidak terlalu besar. Kamu bisa mengunggah file kamu ke internet terlebih dahulu kemudian mengunduhnya di laptop tujuan. Melalui cara ini kamu secara tidak langsung juga melakukan backup data ke penyimpanan awan yang nantinya akan sangat berguna untuk melakukan restore data jika terjadi sesuatu pada laptop atau HPmu.

Situs yang bisa kamu gunakan sangat banyak dan tersedia gratis di internet. Misalnya saja google drive milik google maupun onedrive milik microsoft. Kamu juga bisa mengirim file melalui whatsapp dari HP dan mengunduh file tersebut melalui whatsapp web. Untuk line tersedia fitur keep yang memungkinkanmu untuk menyimpan file.

Penutup

Ternyata mengatasi USB HP yang tidak terbaca saat disambungkan ke laptop untuk mentransfer data tidak sulit bukan?. Tentunya jika kerusakan atau masalah terdapat pada kabel data, kamu harus mengganti kabel data tersebut dengan yang tidak bermasalah jika ingin tetap menggunakan kabel untuk mentrasfer file. Tetapi banyak pilihan metode alternatif lain yang bisa kamu coba untuk menghemat biaya.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *