Cara Mudah Menyambungkan Laptop Ke TV

Televisi atau lebih sering disingkat menjadi TV merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan sebagai media hiburan keluarga. Karena fungsinya ini TV diletakkan di ruang keluarga untuk dinikmati secara bersamaan oleh anggota keluarga. Sebelum adanya internet, TV menjadi media yang cukup efektif untuk penyebaran informasi.

Laptop ke TV

Bentuk TV makin hari semakin tipis dan ramping, sehingga sudah tidak memenuhi tempat jika diletakkan di ruang keluarga. Bahkan kamu bisa menggantung TV mu ke tembok dengan menggunakan bracket. Satuan layar TV menggunakan ukuran inch yang menseuaikan dengan ukuran dan dimensi TV tersebut.

Pada saat artikel ini ditulis, sudah banyak TV yang menyediakan fitur SmartTV yang akan menambah fungsi dari sebuah TV itu sendiri. Kamu bisa melakukan lebih banyak hal dengan menggunakan SmartTV. Misalnya untuk streaming video di Youtube atau menonton Netflix. Tetapi bagaimana jika TV mu masih belum “smart” dan kamu ingin melakukan hal tersebut?. Mudah saja tinggal hubungkan saja laptop kamu ke TV, begini caranya.

Cara Menampilkan Layar Laptop ke TV

Menggunakan Sambungan Kabel HDMI

TV LED dan LCD biasanya sudah menyediakan port hdmi sebagai sarana inputnya. Coba cek bagian panel TV mu apakah ada colokkan untuk HDMI?. Jika ya, berarti kamu bisa dengan mudah menampilkan layar laptop ke tv tanpa aplikasi tambahan lagi. Cukup beli kabel hdmi yang banyak tersedia di pasaran, kamu bisa menampilkan layar laptop ke dalam tv.

Menggunakan Converter HDMI To RCA

Kalau TV mu merupakan seri lama misal masih berbentuk tabung, tidak perlu bersedih dan mengurungkan niatmu. TV LCD keluaran pertama juga lumayan banyak yang masih belum mendukung HDMI input. Mungkin TV lama tidak mensupport HDMI input secara default, tetapi tenang saja, kamu bisa menggunakan kabel RCA untuk mengkoneksikan laptopmu.

Seperti yang kita tahu kabel RCA merupakan input utama untuk TV – TV jaman dahulu dan menggunakan 3 kabel warna – warni yang memiliki fungsinya masing masing. Biasanya ada 2 kabel audio agar bisa stereo dan 1 kabel video, karena sumber input dahulu masih dipisahkan antar audio dan video.

Baca Juga:

Kalau TV mu masih menggunakan input RCA dan tidak mendukung HDMI, kamu cukup membeli konverter HDMI to RCA. Jadi nanti di ujung converter akan menerima HDMI dari laptop dan mengubah sinyalnya menjadi RCA untuk di colokkan ke TV.

Menggunakan Kabel VGA

Yap, kamu tidak salah baca. Kamu bisa menggunakan VGA input yang disediakan oleh TV untuk menghubungkan ke laptop. Tetapi laptop jaman sekarang sudah tidak banyak yang mendukung dan mempunyai VGA output, karena dirasa kurang efisien dan tentunya menambah ketebalan laptop secara signifikan.

Meskipun tidak semua tv mendukung input dengan jenis ini, kamu bisa mencoba untuk mengecek apakah tv mu mendukung fitur ini. Kalau tv ternyata mendukung, kamu cukup menghubungkan laptop mu menggunakan kabel vga. Tetapi yang perlu kamu perhatikan ialah, kabel vga hanya mentransmisikan gambar saja. Jadi kamu harus menyiapkan speaker agar bisa mendengarkan suara yang keluar dari laptop.

Smart TV melalui Screen Cast

TV jaman sekarang sudah banyak yang menggunakan smart tv sebagai daya tarik utama agar orang – orang mau upgrade dari tv lama mereka. Smart tv pada dasarnya adalah sebuah TV LED biasa, tetapi memiliki sebuah Operating sistem layaknya komputer. Inilah yang membuat sebuah TV menjadi “Smart”, dengan adanya OS pada sebuah TV, membuat tv tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menonton saluran tv digital saja.

Kamu bisa menggunakan TV sebagai Home Entertainment, misal bermain game dan melakukan streaming ke Netflix, Youtube dan platform streaming yang lain. OS yang diinstall pada smart tv adalah linux, bisa dibilang mirip seperti android. Kamu bisa menemukan Playstore khusus Smart TV yang menyediakan berbagai aplikasi dan game menarik untuk diunduh. Karena sebagian besar fitur tersebut membutuhkan internet untuk digunakan, kelemahan terbesar smart TV adalah tidak adanya koneksi internet.

Kalau kamu ingin menghubungkan laptopmu ke TV mu yang tenyata sudah smart tv caranya gampang. Kamu cukup menginstall aplikasi screen mirroring di play store dan menginstall aplikasi yang sama di laptop. Maka kamu sudah bisa menyaksikan layar laptop di TV dengan mudah.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan layar laptop kamu ke dalam tv. Kamu harus terlebih dahulu memastikan Input apa saja yang didukung oleh tv mu agar memudahkan.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *