7 Cara Memperbaiki Kartu Sim yang Tidak Terbaca

Kartu sim (Subscriber Identity Module) merupakan sebuah kartu yang digunakan oleh operator untuk mengidentifikasi perangkat seluler milik kita. Atau dengan kata lain kartu sim adalah tanda pengenal HP kita di mata operator seluler. Jika kita ingin menggunakan layanan operator seperti layanan data maupun layanan telepon kita harus memasukkan kartu sim yang masih aktif ke dalam HP.

Ukuran kartu sim bermacam – macam, mulai dari ukuran normal, micro dan nano. Untuk sekarang operator sudah menyediakan semua ukuran tersebut di dalam paket penjualan. Teknologi terbaru adalah elektronik sim atau E-sim. Menggunakan E-sim kita tidak memerlukan kartu sim berupa fisik dan bisa langsung menggunakan layanan operator. Pada saat artikel ini ditulis E-sim belum sepenunya didukung oleh operator di indonesia.

Terkadang kita akan mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan kartu sim, salah satu masalah tersebut adalah kartu sim tidak terbaca oleh HP pada saat dimasukkan. Begini caranya untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca

Sedang Ada Gangguan

Sinyal dari HP kita ditentukan oleh operator yang kita gunakan. Semakin kuat sinyal yang kita terima maka koneksi data akan semakin stabil dan semakin kencang, begitu juga sebaliknya. Meskipun salah satu ciri – ciri kartu sim tidak terbaca adalah tidak adanya sinyal yang diterima oleh HP atau HP menampilkan notifikasi No Signal.

Tetapi jika operator yang kita gunakan sedang ada gangguan apapun sebabnya, HP juga akan menampilkan pemberitahuan yang serupa. Jadi jangan terburu – buru untuk membuang kartu Sim dan menganggapnya sudah mati.

Copot dan Pasang Kembali

Kamu bisa mencoba untuk mengeluarkan kartu sim dari tempatnya kemudian memasangnya kembali. Siapa tahu, kamu salah dalam memasang kartu sim dan mengakibatkan kartu tersebut tidak terbaca oleh HP. Memang terdengar sepele, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengeceknya. Karena terkadang kita sering melakukan kesalahan tanpa kita sadari.

Bersihkan Dengan Penghapus

Kartu sim menggunakan bagian dengan warna kekuningan yang digunakan untuk membaca kartu tersebut. Jika bagian ini kotor atau tertutup oleh debu, ada kemungkin tidak terbaca oleh smartphone. Untuk itu bersihkan bagian tersebut dengan kain atau gunakan karet penghapus untuk menyeka bagian tersebut. Ingat, jangan gunakan air untuk melakukan pembersihan karena hal tersebut merupakan musuh alami dari komponen elektronik.

Baca Juga:

Coba Ganti Sim Card

Agar kamu bisa memastikan kembali bagian mana yang bermasalah. Coba gunakan kartu sim lain dan pasangkan pada Hp kamu. Apakah kartu sim tersebut bisa terbaca ?. Jika iya, maka berarti khusus kartu sim tersebut yang memang bermasalah. Jika tidak, silahkan coba solusi dibawah.

Coba di HP Lain

Kurang lebih sama dengan cara sebelumnya. Untuk memastikan bagian mana yang bermasalah. Pasangkan kartu sim yang sebelumnya tidak terbaca pada HP lain. Apakah kartu sim tersebut bisa terbaca dengan normal?. Jika iya, berarti HP yang sebelumnya lah yang bermasalah. Jika tidak, sudah saatnya kamu ganti kartu sim sob.

Imei Hilang

Buat kamu yang sering melakukan oprek pada HP, atau sedang menginstall Custom ROM maka pasti paham adanya resiko jika gagal melakukan flash nomor imei bisa hilang. Imei (International Mobile Equipment Identity) bisa dibilang adalah nomor identitas dari HP mu untuk bisa menggunakan jaringan operator. Jika HP mu kehilangan nomor imei, maka kamu tidak akan bisa menggunakan jaringan operator seluler dan HP akan menampilkan notif tidak ada layanan.

Kartu SIM Hangus

Terdapat mekanisme yang mengatur sampai kapan sebuah kartu sim bisa terus digunakan. Mekanisme tersebut disebut masa aktif dan masa tenggang. Pada saat kartu sim masih berada dalam masa aktif, kamu bisa melakukan semua hal dengan normal. Tetapi begitu sudah memasuki masa tenggang kamu tidak akan bisa lagi melakukan panggilan keluar maupun mengirim pesan. Meskipun begitu kamu masih tetap bisa menerima panggilan dan menerima pesan.

Begitu masa tenggang sudah terlewati maka kartu sim kamu akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi serta HP mu akan kehilangan sinyal dan menampilkan notif tidak ada layanan. Jadi urutannya adalah masa aktif> masa tenggang> hangus. Periode dan cara masa memperpanjang masa aktif berbeda – beda tiap operator seluler.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah kartu sim yang tidak bisa terbaca. Jika kartu sim kamu ternyata sudah melewati masa tenggang, kamu bisa melakukan penggantian kartu agar nomormu tetap aman dengan mendatangi customer service operator masing – masing.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *