Ternyata Begini 6 Cara Mengatasi HP yang Disadap

Di jaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan HP saat beraktifitas sehari – hari. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, HP sekarang tidak hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi saja. Fungsi HP sudah lebih beragam dan sekarang sudah mulai menyerupai sebuah komputer mungil yang disimpan di dalam saku.

HP disadap

Produsen HP juga saling berlomba – lomba menghadirkan jenis dan varian HP baru yang mengusung fitur yang menarik agar menarik pembeli. Meskipun banyak fitur yang diusung, HP masih menjadi alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Pernahkah kamu berfikir kalau jangan – jangan aktifitas HP mu diketahui oleh orang lain?. Begini caranya untuk mengetahui apakah hp mu sedang disadap.

Cara Mengetahui Apakah HP mu Sedang Disadap

Periksa Penggunaan Data

Hampir semua aplikasi yang digunakan untuk melakukan penyadapan menggunakan koneksi internet untuk melaporkan hasilnya. Laporan ini bisa berupa text, gambar, video dan file lainnya. Tentunya proses yang tidak terlihat ini akan berdampak pada koneksi yang kamu gunakan.

Kalau kamu merasa paket internet kamu habis secara tidak wajar, ada kemungkinan kalau hp mu terdapat aplikasi yang secara diam – diam melakukan upload file.

Periksa Aplikasi Mencurigakan

Kamu perlu untuk memeriksa aplikasi apa saja yang saat ini sedang terinstall. Kalau ada aplikasi yang kamu sendiri tidak pernah merasa sudah memasangnya atau terdapat aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi, segera hapus aplikasi tersebut. Menghapus aplikasi selain meminimalkan adanya kemungkinan penyadapan juga melegakan memori HP agar bisa kamu gunakan untuk menyimpan berkas lain.

Hindari Konek WIFI Publik

Kalau ada wifi yang tidak dipassword mungkin akan membuatmu untuk menggunakannya tanpa pikir panjang, karena koneksi internet gratis sangatlah menggiurkan. Tetapi kamu harus berhati – hati, wifi yang dipancarkan tanpa password merupakan sasaran empuk yang digunakan orang untuk mencuri informasi pribadimu.

Kami tidak melarang kamu untuk menggunakan wifi publik yang tidak terpassword. Tetapi kami menyarakan untuk menggunakan koneksi vpn kalau kamu tetap ingin melakukan koneksi ke wifi publik agar data kamu terenkripsi saat menggunakan jaringan.

Jangan Sembarangan Memberikan Izin Aplikasi

Pada saat kamu melakukan install dan menjalankan aplikasi pertama kali kamu akan disodori pertanyaan yang intinya apakah kamu memberikan izin aplikasi. Izin tersebut sangatlah beragam bisa berbentuk membaca atau mengubah apa pun yang ada di HP.

Kebanyakan orang tidak memperhatikan dengan cermat mengenai perizinan ini dan langsung mengizinkan tanpa pikir panjang. Kalau kamu tidak ingin hp kamu disadap, perhatikan dengan cermat aplikasi yang meminta izin mencurigakan, misalnya aplikasi game tetapi memerlukan akses untuk membaca kontak atau pemutar musik yang meminta izin lokasi.

Jangan Install Aplikasi di Luar Playstore

Aplikasi yang terdapat di playstore sudah dipastikan oleh google aman untuk digunakan oleh pengguna. Kalau ada ditemukan aplikasi yang melanggar ketentuan maka akan segera dihapus dari playstore dan tidak bisa lagi didownload oleh pengguna.

Kamu memang bisa saja dengan mudah melakukan aplikasi yang sudah kamu download dari internet atau diberikan oleh orang lain. Tetapi yang perlu kamu ingat kalau aplikasi macam ini tidak bisa dipastikan aman dari penyadapan karena kamu tidak tahu isi dari aplikasi yang tidak jelas asal usulnya tersebut.

Baca Juga:

Install Aplikasi Antivirus atau AntiMalware

Meskipun tidak wajib dan tidak seampuh penggunaan di komputer, kamu bisa melakukan install aplikasi antivirus. Aplikasi yang terindikasi melakukan penyadapan akan dianggap sebagai virus dan akan direkomendasikan untuk dihapus.

Banyak pilihan antivirus yang bisa kamu unduh secara gratis di playstore dengan mudah. Tetapi menggunakan antivirus akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan daya baterai Hp yang akan semakin boros. Apalagi antivirus yang secara realtime melakukan proses scanning.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah HP mu sedang disadap atau tidak. Kamu tidak perlu terlalu khawatir jika sudah menerapkan kewaspadaan terhadap izin aplikasi dan tidak menginstall aplikasi mencurigakan yang diminta oleh orang lain untuk menginstallnya. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *