3 Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Install Aplikasi

Pernahkah kamu mengalami kapasitas harddiskmu yang penuh karena koleksi filmmu yang sangat banyak. Ternyata solusinya sangat mudah dan kamu tidak perlu untuk menghapus video koleksi yang sudah susah susah kamu kumpulkan tersebut. Cukup dengan melakukan kompres video sehingga video dan film akan berukuran menjadi lebih kecil.

Kompres video
Kompres video

Kompresi video merupakan sebuah langkah yang bisa kamu lakukan jika kamu menginginkan ukuran video atau film yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Tetapi dibalik ukuran yang menjadi kecil, ada yang harus dikorbankan yaitu kualitas. Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir video kamu masih bisa dan layak untuk ditonton kok walaupun kualitasnya sedikit menurun.

Biasanya untuk melakukan kompres video kamu memerlukan aplikasi yang harus kamu install terlebih dahulu. Tetapi pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tutorial bagiamana melakukan kompres video tanpa harus melakukan install aplikasi, simak penjelasan berikut.

Cara Mengkompres video di laptop

Kompres Video via Online

Cara paling mudah dan bisa dilakukan tanpa membebani kinerja laptop kamu sama sekali ialah dengan menggunakan layanan online. Banyak penyedia layanan kompres video yang bisa kamu cari melalui google di internet. Ketikkan keyword “Compress Video Online” untuk memulai mencari layanan kompress video secara online.

Contoh Penyedia Compress Video Secara Online

Kamu hanya perlu memilih salah satu layanan online dan mengupload video yang ingin kamu proses. Setelah menunggu beberapa saat kamu bisa mengunduh video dari situs tersebut.

Kekurangan dari metode ini tentu saja kamu membutuhkan kuota untuk melakukan upload video dan mengunduhnya setelah video tersebut selesai diproses. Juga kamu harus berhati – hati jika yang kamu upload termasuk video pribadi. Keunggulannya tentu saja kamu tidak perlu memikirkan spesifikasi yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Aplikasi Bawaan Windows

Ternyata secara default pada bawaan instalasi windows sudah menyediakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan prosess kompress video. Jadi kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut tanpa harus menggunakan koneksi internet untuk mengunduh aplikasi baru.

Nama aplikasinya adalah Video editor, meskipun tujuan utama aplikasi ini merupakan sebuah tool untuk melakukan edit video, kamu tetap bisa saja menggunakannya untuk sekedar melakukan kompress video agar ukuran file videomu menjadi lebih kecil.

Untuk membukanya kamu hanya perlu mengetikkan keyword “Video Editor” pada search bar windows. Lalu kamu akan dibawa ke tampilan utama aplikasi seperti tampilan dibawah.

Video Editor

Pilih new video project->lalu tambahkan video yang ingin kamu kecilkan ukurannya-> Geser video tersebut ke storyboard-> lalu langsung klik finish video. Kamu akan diminta untuk menentukan kualitas ouput dari video kemudian klik export untuk memproses.

Baca Juga:

Menggunakan Handbrake

Aplikasi ini merupakan sebuah software yang sangat powerfull untuk digunakan compress video. Kabar baiknya aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan bisa kamu gunakan tanpa memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi agar bisa digunakan. Apalagi kamu bisa mengunduh versi portabelnya yang membuatmu tidak perlu melakukan proses install yang ribet.

Untuk memulai silahkan download aplikasi handbrake di situs resminya https://handbrake.fr/

Setelah kamu mengunduh file aplikasi handbrake, kamu perlu melakukan unzip pada file tersebut. Kemudian kamu bisa mengklik file dengan nama Handbrake.exe di dalam folder yang sudah kamu unzip tersebut. Lalu akan muncul tampilan awal dari aplikasi seperti gambar dibawah.

Handbrake

Pilih video yang ingin kamu proses atau langsung drag file video tersebut ke dalam kotak yang tersedia. Setelah kamu memilih file video kamu akan menemukan tampilan utama seperti gambar dibawah.

Kamu bisa dengan mudah menentukan kualitas dari hasil kompresi video dengan memilihnya di pilihan Preset, banyak preset yang sudah tersedia sehingga kamu tidak perlu ribet mengaturnya sendiri. Kalau kamu ingin mengaturnya sendiri juga disediakan menu tab dibawahnya dengan sangat detail. Tentukan dimana file hasil kompresi akan disimpan di pilihan Save as. Lalu konfirmasi semua pilihan dengan mengklik menu Start encode. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat untuk videomu selesai diproses. Mudah bukan?.

Penutup

Itulah beberapa cara mudah untuk melakukan kompres video tanpa harus ribet menginstall aplikasi tambahan. Kami tetap merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi dalam melakukan kompress video, agar hasil kompresi tidak memiliki kualitas yang terlalu buruk. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

2 Comments

  1. Avatar
    • CiperX

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *