Inilah Cara untuk Memperkuat Sinyal Wifi Laptop

Berinternet menggunakan jaringan wifi sudah umum dilakukan oleh semua orang. Bahkan banyak yang sudah menganggap wifi merupakan sumber koneksi internet utama daripada menggunakan koneksi kabel maupun data seluler. Hal ini disebabkan karena kemudahan dari teknologi wifi itu sendiri. Kita tidak perlu ribet untuk mencolokkan kabel atau membawa modem kemana – mana.

Sinyal Wifi Laptop

Pada sebuah laptop biasanya sudah disediakan modul wifi yang terinstall di internal laptop tersebut. Jadi kita tidak perlu membeli alat tambahan guna menikmati fasilitas wifi. Tetapi terkadang sinyal wifi yang didapat oleh laptop kita tidak sesuai dengan harapan dan cendurung lemah. Tidak perlu khawatir, begini cara untuk memperkuat sinyal wifi di laptop.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop Windows 10

Menggunakan Adapter Eksternal

Sudah menjadi rahasia umum kalau adapter wifi eksternal akan lebih powerful daripada menggunakan adapter internal dari laptop itu sendiri. Hal ini dikarenakan komponen yang lebih tangguh dan dari segi daya yang digunakan oleh adaptor eksternal.

Jadi kalau kamu ingin sinyal wifi yang lebih baik dan kuat, kami sarankan untuk membeli adapter eksternal. Kamu bisa mendapatkan adapter eksternal dengan harga mulai dari 100rban. Selain murah, pilihan adapter wifi eksternal juga sangat banyak.

Pasang Charger pada Laptop

Setelah laptop terhubung dengan charger potensi maksimalnya akan keluar. Hal ini dikarenakan pada saat menggunakan daya baterai kinerja laptop akan otomatis dibatasi oleh sistem agar bisa hemat baterai. Saat charger dihubungkan maka semua pengaturan untuk menghemat daya akan diabaikan dan semua komponen laptop akan bisa bekerja secara maksimal.

Kamu bisa mencoba menggunakan wifi sambil melakukan cas pada laptop dan coba rasakan apakah ada perbedaan performa dari sebelumnya menggunakan mode baterai laptop.

Mendekat ke Access Point

Seperti yang kita tahu kalau wifi merupakan teknologi yang dipancarkan dari sebuah pemancar sinyal. Tentu saja kamu akan mendapatkan sinyal yang lebih kuat pada saat mendekat dengan sinyal tersebut. Kamu bisa dengan mudah menemukan sumber sinyal dengan mencari sebuah alat elektronik yang memiliki antena dan ada banyak lampu yang menyala.

Mencari Wifi yang Sepi

Kualitas dari hotspot wifi juga terpengaruh oleh jumlah pengguna yang sedang terkoneksi ke router wifi tersebut. Untuk itu kalau kamu ingin menggunakan wifi dengan aman dan nyaman, carilah tempat wifian yang terlihat sepi. Kalau penggunanya sedikit sinyal kamu kemungkinan akan kuat dan kecepatan internetmu lebih baik kecuali memang sudah disetting oleh administrator jaringan wifi tersebut.

Baca Juga:

Mempercepat Download Laptop Melalui Wifi

Tujuan utama hampir semua orang dalam menggunakan wifi adalah untuk melakukan download yang hampir tidak mungkin untuk di unduh dengan menggunakan koneksi biasa. Bisa saja karena filenya tergolong besar atau jaringan dirumahmu diblokir oleh situs yang ingin kamu buka. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses downloadmu.

Pastikan Sinyal Kuat

Karena wifi merupakan koneksi nirkabel dan sangat bergantung dengan sinyal yang diterima oleh laptop, maka sudah pasti dengan sinyal yang kuat pula kecepatan download laptop akan semakin cepat. Meskipun kecepatannya tidak akan sampai melampaui kecepatan maksimal yang memang didukung oleh hotspot favoritmu.

Lakukan Speedtest

Sebelum memulai untuk melakukan download, ada baiknya kamu melakukan pengecekan kecepatan atau speedtest internet terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui kecepatan maksimal dari koneksi sekarang serta melihat apakah koneksi bisa stabil saat digunakan untuk download. Kamu bisa menggunakan layanan speedtest yang banyak tersedia internet secara gratis.

Cari Server Download yang Bagus

Server tempat file yang akan kamu download tentu saja sangat berpengaruh pada kecepatan download itu sendiri. Bagaimana tidak, kalau servernya sedang sibuk dan lemot maka kecepatan downloadmu akan ikut lemot juga.

Maka dari itu saat ingin mendownload file, pastikan server penyedia cukup bagus dan jarang down dan support untuk resume download yang tertunda. Kamu tidak mau kan saat melakukan download tiba – tiba koneksi terputus dan kamu harus mengulang dari awal kembali.

Gunakan Download Manager

Menggunakan software download manager akan sangat membantumu dalam mengatur file yang ingin kamu download. Software download manager juga akan sedikit mempercepat kecepatan download menggunakan cara tertentu. Apalagi software download manager bisa kamu dapatkan secara gratis di internet.

Fokus untuk Mengunduh Satu File

Daripada kamu melakukan download banyak file sekaligus dan berkemungkinan gagal, kamu lebih baik fokus untuk mendownload satu file terlebih dahulu dan mengaturnya menjadi antiran. Menggunakan fitur antrian sangat berguna agar kecepatan internet kamu bisa maksimal karena hanya fokus pada satu file saja sekali waktu.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal wifi yang diterima di laptopmu. Kalau kamu ingin melakukan download sebuah file dengan kecepatan maksimal, kami sarankan untuk mencari wifi dengan pengguna yang sedikit agar lebih maksimal. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *