Cara Mudah Melihat IP Address Laptop Windows dan Linux

Internet Protocol atau biasa disingkat menjadi IP, bisa dibilang merupakan sebuah alamat rumah untuk laptop yang digunakan sebagai tanda pengenal laptop dalam sebuah jaringan LAN. Alamat IP ini akan digunakan agar laptop lain bisa menghubungi laptop kamu dan tidak salah alamat dalam mengirim maupun menerima file.

Setting IP

Biasanya alamat IP akan diberikan otomatis oleh router WIFI maupun LAN yang terpasang di jaringan laptopmu. Fitur ini disebut dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Tetapi terkadang kamu harus mengaturnya secara manual agar bisa tersambung ke internet secara benar.

Kalau kamu ingin menghubungkan antar laptop tanpa menggunakan router, tentu saja kamu harus mengatur alamat IP dengan cara manual. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagimana melihat alamat IP yang didapatkan laptop dan bagimana mengatur IP secara manual. Simak penjelasan berikut.

Cara Cepat Mengetahui IP Address Laptop

Via CMD (Windows)

Kamu bisa dengan mudah melihat alamat IP pada laptop windows dengan membuka CMD. Caranya buka cmd melalui kombinasi tombol windows+R lalu ketikkan kata “cmd“, maka jendela berwarna hitam akan terbuka. Kemudian ketikkan perintah “ipconfig” lalu klik enter. IP kamu akan terlihat pada bagian IPv4 Address.

Via Terminal (Linux)

Buat kamu pengguna linux, buka terminal seperti biasa. Kemudian ketikkan perintah “ifconfig“, maka akan muncul informasi mengenai IP yang didapat oleh laptop. Biasanya untuk jaringan LAN akan ada di bawah eth0 dan untuk wifi ada di wlan0.

Lewat Setting (Windows)

Cara lain yang lebih mudah untuk mengetahui IP address dari laptop windows adalah melalui setting. Caranya kamu cukup masuk ke menu network and sharing center, kemudian klik change adapter setting. Kemudian klik kanan->status pada adapter jaringan yang sedang kamu gunakan. Lalu klik tombol details, maka akan muncul ringkasan lengkap mengenai jaringan yang saat ini terhubung termasuk alamat IP.

Baca Juga:

Cara Mengganti IP LAN Laptop

Mungkin karena alasan tertentu kamu ingin mengubah IP address dari laptop menjadi angka lain. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Disini kami akan menjelaskan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan.

Secara Otomatis dengan Menunggu

Yap, kamu tidak salah baca. Untuk mengganti IP, kamu hanya perlu menunggu. Karena pada sebuah router baik Wifi maupun LAN memberlakukan masa kadaluarsa pada IP yang tidak sedang digunakan. Maka dari itu kamu tidak boleh terhubung ke dalam jaringan tersebut sampai waktu tertentu. Waktu tunggunya bervariasi tergantung setting pada router mulai dari hitungan jam sampai hari.

Secara Manual

Berikut langkah untuk melakukan setting IP secara manual.

  • Masuk ke Network and Sharing Center
  • Change adapter setting
  • klik kanan -> properties adapter jaringan yang kamu gunakan
  • Cari item dengan nama Internet Address Protocol v4 lalu klik dua kali
  • Pilih use the following IP address
  • Ketikkan alamat IP yang kamu mau pada kolom yang tersedia
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Otomatis dengan Mengganti MAC

Mac Address digunakan oleh router untuk mengenali laptop kamu dan biasanya alamat Ip akan diberikan melalui alamat MAC dari laptop. Maka dari itu kamu bisa dengan mudah mengganti alamat IP dengan cara melakukan pergantian MAC pada laptop. Untuk melakukan penggantian MAC kamu bisa menggunakan software gratisan dengan nama TMAC yang bisa kamu download melalui internet.

Penutup

Itulah beberapa cara mudah dan cepat untuk melihat dan mengetahui berapa IP address yang didapatkan oleh laptop. Selain menggunakan IP yang sudah diberikan oleh router, kamu juga bisa melakukan setting IP secara manual sesuai dengan penjelasan diatas. Tetapi terkadang melakukan setting IP manual bisa membuat laptop tidak mendapat koneksi ke jaringan internet.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, semoga informasi yang kami berikan bisa berguna sebagai jawaban untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *