Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Pada sebuah laptop biasanya terdapat file – file penting milik pengguna yang nilainya lebih berharga daripada laptop itu sendiri. Tetapi bagaimana jadinya jika file penting tersebut tidak sengaja terhapus. Bisa disebabkan oleh kecerobohan pengguna maupun karena faktor lain, misal dihapus oleh program antivirus karena program tersebut salah mengira file penting tersebut adalah virus dan masih banyak penyebab lainnya.

File Terhapus

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan pencegahan dengan melakukan backup data pada file yang kamu anggap penting agar terhindar dari masalah tersebut. Tetapi kalau untuk melakukan backup kamu memerlukan penyimpanan tambahan dan tentunya itu tidak gratis.

Sebenarnya file yang sudah terlanjur terhapus bisa saja dipulihkan kembali, tetapi tidak ada jaminan file tersebut akan bisa dibaca dengan normal atau bisa diakses seperti semula. Tanpa basa basi lagi, begini cara untuk memulihkan file yang tidak sengaja terhapus.

Cara Untuk Memulihkan File yang Tidak Sengaja Terhapus

Hal yang perlu diperhatikan

Sebelum memulai lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jika file yang kamu hapus masih mempunyai kesempatan untuk kamu kembalikan dengan mudah, kalau masih masuk ke recycle bin. Recyle bin merupakan folder bawaan windows yang menampung file – file yang kamu hapus sebelum kamu memutuskan untuk menghapus file tersebut secara permanen.

Tetapi kamu tidak akan menemukan file yang kamu hapus jika pada saat melakukan hapus file kamu menggunakan tombol shift, dengan kata lain file kamu akan langsung terhapus secara permanen tanpa mampir terlebih dahulu ke folder recycle bin.

Tenang saja, masih ada harapan jika kamu melakukan hapus permanen maupun sudah terlanjur mengosongkan isi dari recycle bin dan baru menyadari ada file penting yang ikut terhapus.

Ada syarat yang harus kamu pastikan agar kemungkinan file yang dihapus tidak rusak dan memperbesar kemungkinan recovery file yang terhapus tersebut. Syaratnya adalah kamu tidak boleh melakukan aktivitas baca tulis di drive tempat file tersebut disimpan sebelumnya.

Misalnya kamu punya file di drive D: , maka kamu tidak boleh melakukan aktifitas di drive tersebut. Karena kalau kamu melakukannya, ada kemungkinan file yang terhapus akan rusak dan susah untuk dikembalikkan.

Melakukan Recovery File di Recycle Bin

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, windows memiliki folder khusus sebagai tempat untuk file – file yang sudah kamu hapus sebelum kamu memutuskan untuk menghapusnya secara permanen. Kamu bisa dengan mudah mengakses Recycle bin dengan membukanya melalui shortcut pada desktop.

Icon shortcut recycle bin sendiri bergambar tempat sampah dan ada simbol daur ulang didalamnya dan biasanya ada di bagian kiri atas layar. Kamu akan menemukan file yang kamu hapus di dalamnya dan bisa dengan mudah dikembalikkan dengan klik kanan file yang kamu mau lalu klik restore. Hasil file yang sudah direstore akan berada di tempat terakhir kamu menghapusnya.

Baca Juga:

Recovery Menggunakan Program Recuva

Harapan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikkan file yang tidak sengaja kamu hapus secara permanen ialah menggunakan software. Ada banyak software baik yang gratis sampai yang berbayar bisa kamu temukan di internet. Disini kami merekomendasikan untuk menggunakan software bernama recuva yang gratis dan gampang untuk digunakan.

  • Pertama – tama kamu perlu untuk mendownload aplikasi recuva di https://www.ccleaner.com/recuva/download.
  • Setelah kamu download, lakukan instalasi aplikasi seperti biasa.
  • Buka aplikasi recuva, kamu akan langsung dipandu oleh aplikasi.
  • Pilih jenis file yang ingin kamu pulihkan
  • Pilih tempat terakhir kamu menyimpan file tersebut, kalau lupa pilih i’m not sure
  • Lalu klik start, aplikasi akan memulai untuk mencari file yang bisa diselamatkan
  • Setelah selesai mencari, pilih file yang ingin kamu kembalikkan di list yang tersedia.
  • Lalu klik recover untuk mengembalikkan file tersebut.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikkan file kamu yang tidak sengaja terhapus. Meskipun file yang terhapus tidak bisa kembali secara utuh 100 persen, tetapi masih ada kemungkinan kalau file tersebut bisa dipulihkan.

Untuk lain kali kamu harus berhati- hati dalam menghapus file, agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *