Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Touchpad pada sebuah laptop memiliki fungsi yang sangat penting dan bisa jadi tidak tergantikan kecuali laptop kamu merupakan tipe layar sentuh. Karena pada dasarnya touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse pada sebuah laptop. Maka dari itu semua laptop dibekali dengan touchpad sebagai alat penunjuk, karena tidak mungkin untuk menyematkan sebuah mouse konvensional pada sebuah laptop.

Mouse Laptop

Terdapat fungsi gesture yang membuatmu lebih mudah dalam mengoperasikan laptop. Desain pada touchpad sebuah laptop juga tidak mengalami perubahan secaraa signifikan pada beberapa tahun belakangan. Paling yang berbeda hanyalah pada penempatan letak touchpad dan ada tidaknya tombol fisik untuk klik kiri maupun klik kanan.

Tentu saja kalau touchpad laptop error, kita menjadi kesusahan untuk menggunakan laptop dengan nyaman. Error ini bisa saja terjadi karena kesalahan dari sisi software maupun hardwarenya yang error. Mau tau bagaimana cara mengatasinya?. Simak penjelasan berikut.

Mengatasi Touchpad Laptop yang Mati

Periksa Pengaturan Touchpad

Setting Touchpad

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada halaman setting touchpad. Cara mengaksesnya cukup dengan mengetik “touchpad” pada pencarian windows. Pastikan slider touchpad sudah berada pada posisi on.

Pastikan juga centang dibawah slider dalam keadaan terceklist, karena jika tidak terceklist maka windows akan mematikan touchpad pada saat kita menyambungkan sebuah mouse.

Aktifkan Tombol Touchpad

Hampir semua tipe laptop terdapat sebuah tombol yang jika ditekan akan mengakibatkan touchpad menjadi seakan – akan tidak berfungsi. Coba cari keberadaan tombol ini di laptop kamu dan coba untuk menekannya. Tombol ini terletak pada bagian atas keyboard dan sejajar dengan shortcut – shortcut lainnya yang ada pada laptop.

Install Driver

Bisa jadi driver touchpad yang berfungsi sebagai penyambung hardware dan sistem operasi pada laptop mu belum terpasang atau tidak sengaja terhapus. Karena tanpa adanya driver, sistem operasi laptop tidak akan bisa mengetahui keberadaan touchpad dan menganggapnya tidak ada yang nantinya membuat touchpad menjadi tidak berfungsi.

Masalah ini biasanya terjadi saat kamu baru saja melakukan install ulang atau laptop kamu sedang terkena virus. Cara untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu menginstall kembali driver yang hilang tersebut. File installer untuk driver sendiri bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi situs resmi dari vendor laptop yang kamu pakai.

Bongkar Laptop

Kalau garansi laptop kamu sudah habis dan kamu memiliki cukup keberanian, mungkin kamu bisa mencoba untuk melakukan bongkar pada laptop dan mencari tahu apakah ada yang salah pada kabel atau komponen sekitar touchpad.

Untuk diingat, jangan lakukan hal ini kalau laptop kamu masih dalam masa garansi. Karena kalau masih dalam masa garansi, kamu tinggal bawa saja laptop ke service center untuk klaim garansi.

Baca Juga:

Mengatasi Kursor Laptop yang Bergerak sendiri

Pastikan Mouse External Tidak Tersambung

Cek terlebih dahulu apakah ada mouse yang sedang terhubung ke laptop tanpa sepengatahuan kamu. Mouse bisa tersambung menggunakan kabel, adapter dan melalui bluetooth. Pastikan kembali kamu tidak sedang di prank oleh teman kamu dengan membuat seolah kursor mouse bergerak dengan sendirinya.

Bersihkan Touchpad

Karena sering digunakan, touchpad bisa saja kotor dan ada debu yang menempel di pinggir permukaan dari touchpad itu sendiri. Hal ini bisa menyebabkan touchpad bergerak dengan sendirinya tanpa sepengetahuan kita. Untuk itu bersihkan dengan kain lembut atau kuas pada permukaan touchpad laptop yang kotor.

Reinstall Driver

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, driver adalah software yang berfungsi sebagai pengenal hardware yang dalam hal ini touchpad laptop. Coba kamu lakukan reinstall driver pada driver touchpad di laptop kamu, siapa tahu berhasil menyelesaikan masalahmu.

Bersihkan dengan Cara Membongkar Laptop

Kalau untuk melakukan hal ini kamu memerlukan untuk melakukan bongkar pada laptop. Tentunya hal ini akan menghanguskan garansi kamu, jadi kalau memang masih dalam masa garansi silahkan bawa langsung saja ke service center terdekat.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencoba memperbaiki dan menemukan penyebab kenapa touchpad laptopmu tiba – tiba tidak bisa digunakan. Setelah semua hal tersebut kamu lakukan tetapi tidak menemui hasil yang kamu inginkan, mungkin sudah saatnya membawa laptop kamu ke tempat service. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *