Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Harus Install Aplikasi VPN

Kalau kamu sudah sering menggunakan internet pada kehidupan sehari – hari mu, pasti kamu familiar dengan nama ini. Yap, internet positif. Saat asyik menjelajah web untuk sekadar menghilangkan penat atau untuk mencari sesuatu kamu akan menemui situs dengan logo yang sangat khas ini. Internet positif merupakan sebuah program filter dari pemerintah yang berfungsi untuk memblokir semua web dan situs yang dirasa tidak pantas. Program ini diciptakan untuk mencegah masyarakat mengakses situs terlarang ataupun situs yang bisa membahayakan diri masyarakat sendiri. Contohnya adalah situs dewasa dan situs yang mengandung malware berbahaya.

Membuka situs yang diblokir Internet Positif

Meskipun dibuat untuk tujuan yang baik, tetapi terkadang proses blokir tersebut dirasa salah sasaran dan tidak efektif untuk mengurangi penggunaan internet untuk keperluan yang negatif. Pasti kamu pernah merasa situs yang kamu kunjungi bukan merupakan salah satu situs yang berkategori negatif, Netflix misalnya. Maka dari itu masyarakat banyak yang mencari cara agar bisa membuka blokir tersebut. Berikut beberapa cara untuk membuka situs yang diblokir oleh internet positif tanpa harus ribet menginstall aplikasi VPN.

Cara Membuka Situs yang di blokir Di Laptop Tanpa Install Aplikasi

Menggunakan Google

Siapa yang menyangka kamu bisa menggunakan layanan google untuk membuka situs yang diblokir. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan Google Search dan Google Translate. Untuk google search kamu cukup melakukan pencarian seperti biasa, lalu saat menemukan hasil search yang mengarah ke situs yang diblokir. Kamu jangan mengklik hasil dar pencarian tersebut melainkan klik tanda panah ke bawah disamping judul kemudian pilih cache. Dan halaman tersebut akan terbuka dengan normal.

Untuk Cara yang kedua yaitu menggunakan Google Translate. Layanan ini memang ditujukan untuk menterjemahkan kata dan kalimat ke dalam bahasa asing atau sebaliknya. Caranya juga bisa dibilang cukup mudah kamu cukup mengetikkan alamat web yang ingin kamu buka di google translate dan dengan klik terjemahkan kamu akan dibawa ke alamat situs tersebut tanpa perlu repot lagi.

Baca Juga:

Menggunakan VPN di Chrome

Pasti kamu pernah dengar atau menggunakan yang namanya Virtual Private Network atau biasa disingkat VPN. VPN memang menjadi andalan untuk urusan membuka blokir dan sebagai proteksi agar privacimu terjaga. Tetapi sebagian besar layanan VPN mengharuskan kamu untuk menginstall sebuah aplikasi untuk dipasang terlebih dahulu di komputermu. Tenang saja, yang kami bahas disini bukan merupakan aplikasi VPN.

Melainkan menggunakan sebuah ekstensi dari google chrome. Ekstensi VPN ini bisa kamu dapatkan melalui Chrome Web Store dengan cukup mudah. Caranya tinggal akses Chrome Web Store disini, lalu lakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci VPN di kolom pencarian yang tersedia. Kamu bebas memilih VPN yang kamu mau, untuk menginstallnya klik tombol tambahkan ke chrome

Memakai Web Proxy

Web proxy merupakan suatu situs web yang memang ditujukan untuk mengakses halaman yang diblokir aksesnya. Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan point yang sudah dibahas diatas. Dengan menggunakan web proxy kamu tidak perlu repot – repot melakukan instalasi aplikasi dan tinggal langsung masuk ke web yang ingin kamu kunjungi dengan mudah.

Caranya kamu cukup membuka situs web proxy tersebut, lalu ketikkan alamat situs yang kamu tuju. Situs yang kamu tuju akan bisa terbuka karena yang sebenarnya mengakses situs adalah situs web proxy tersebut. Kamu bisa menemukan banyak situs yang menyediakan layanan web proxy dengan mencarinya menggunakan pencarian web google.

Menggunakan IP Proxy

Internet Protocol (IP) bisa diibaratkan alamat komputer kita jika dicari melalui web. IP ada yang berbentuk statis dan tidak berubah walaupun jaringan internet kita putus nyambung, beda dengan ip dinamis yang akan berganti setiap kita terputus dari jaringan. Sedangkan proxy server adalah sebuah komputer perantara atau yang menjadi pihak ke 3 saat kita ingin terhubung ke sebuah situs tertentu. Proxy server mempunyai lokasi yang bervariasi ada indonesia, amerika, jepang dan negara negara lain. Kami merekomendasikan untuk menggunakan proxy singapore.

Kalau menggunakan proxy tentu saja kita bisa membuka situs-situs yang sebelumnya tidak bisa terbuka tanpa masalah. Kamu bisa menemukan list proxy server dengan mencarinya di pencarian google. Kalau kamu sudah menemukan proxy yang sesuai dengan keinginanmu, tinggal masukan saja di pengaturan browser yang kamu gunakan. Untuk google chrome masuk ke setelan lalu ketikkan proxy, maka akan muncul window baru. Input proxy yang sebelumnya kamu dapatkan ke dalam input box lalu save. Mudah kan

Penutup

Demikian beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk buka situs yang di blokir di laptop. Membuka situs yang mulanya diblokir dan tidak bisa diakses memang bukanlah hal yang sulit. Tetapi kamu harus hati – hati dalam mengakses situs yang diblokir tersebut, karena pasti ada alasan mengapa situs tersebut diblokir oleh penyedia layanan internetmu.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *