5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menjual HP

Desain dan Fitur HP semakin menarik setiap harinya, para vendor pembuat HP juga mengeluarkan banyak produk baru setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan harga HP yang lebih dahulu meluncur akan mengalami penurunan harga. Tentunya dengan berbagai pertimbangan ini membuatmu tergiur untuk berganti HP dengan menjual HP yang lama kemudian membeli HP baru dengan fitur yang lebih baru maupun desain yang lebih menarik.

Hal yang Harus dilakukan Sebelum menjual HP

Tetapi kamu tidak bisa sembarangan dengan langsung menjual HP tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Apalagi Hp tersebut merupakan HP utama kamu yang selalu kamu bawa kemana-mana. Ada banyak data penting yang tersimpan di dalamnya, bahkan data tersebut bernilai lebih daripada apapun. Tenang saja, berikut hal apa saja yang sebiaknya kamu lakukan sebelum menjual HP mu.

Ceklist Sebelum Menjual HP Lama

1. Backup Data Pribadi

Hal paling penting untuk kamu lakukan ialah melakukan backup data – data pribadi kamu. Data pribadi kamu bisa berbentuk foto, video, audio, file maupun berkas penting lainnya. Semua file yang kamu simpan di HP dan menurut kamu penting silahkan diamankan dan dipindah ke tempat lain.

Pindahkan berkas berkas penting tersebut ke HP kamu yang lain atau penyimpanan sementara seperti Flashdisk. Kamu tentu tidak ingin kehilangan data pribadi itu kan.

2. Memindahkan Data Kontak

Fungsi utama dari sebuah HP adalah sebagai alat untuk berkomunikasi. Jadi pastinya semua nomor kontak yang ada di HP mu juga termasuk data penting yang harus kamu pindahkan ke tempat lain.

Kamu bisa melakukan backup terhadap kontak dengan menggunakan fitur ekspor kontak yang tersedia dan kemudian menyimpannya dengan format file (.vcf). Simpan file hasil ekspor tersebut dan restore kembali file tersebut di HP mu yang lain melalui menu impor kontak yang tersedia.

Baca Juga:

3. Logout Semua Akun

Langkah selanjutnya setelah kamu membackup semua file yang penting adalah melakukan logout di semua akun yang ada di HP. Akun yang perlu dilogout diantaranya email, sosial media, dan akun – akun pribadi lain.

Kalau kamu lupa password salah satu sosial mediamu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meresetnya dan mengganti ke password yang baru. Akun yang belum terlogout disaat HP sudah berganti pemilik akan sangat rawan untuk disalahgunakan.

4. Reset ke Pengaturan Pabrik

Setelah kamu selesai melakukan backup dan menghapus file – file sebelum menjual HP lama mu. Untuk memastikan HP yang ingin kamu jual bersih dari file pribadi mu dan tidak meninggalkan berkas satu pun. Kamu cukup menggunakan fitur reset ke pengaturan pabrik yang tersedia di menu setelan.

Fitur ini akan mereset setting HP dan menghapus semua file didalamnya menjadi seperti HP baru lagi. Tetapi sebelum menggunakan fitur ini pastikan kembali tidak ada file yang tertinggal dan belum kamu backup.

5. Persiapkan Device Pengganti

Sebelum menjual hp mu yang sekarang ada baiknya kamu sudah mempersiapkan device pengganti sebagai sarana komunikasimu jika nantinya hpmu sudah terjual. Tentunya kamu tidak mau terisolasi dari dunia maya dan komunikasi dengan keluarga terganggu, apalagi untuk jaman sekarang peran HP bukan hanya sebatas alat untuk telepon saja. Melainkan sudah menjadi device wajib bagi semua orang.

Penutup

Setelah kamu memastikan semua data pribadimu sudah aman dan telah terbackup. Kamu bisa menjual Hp lamamu tanpa beban dan menggantinya dengan HP baru. Selamat menggunakan HP baru gaess

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *