Memastikan Keaslian PowerBank Agar Tidak Tertipu Powerbank Palsu

Smartphone sekarang bisa dibilang sudah menjadi barang yang sangat penting dan tidak boleh sampai ketinggalan di rumah. Pada saat dirumahpun kamu pasti selalu menggunakan HP mu dimanapun kamu berada bahkan sampai ke dalam kamar mandi. Bagaimana tidak, kita bisa melakukan hampir apa saja hanya dengan bermodalkan HP. Apalagi bentuknya sekarang semakin lama semakin tipis dan lebih mudah untuk dibawa kemana – mana.

Membedakan Powerbank Palsu

Tetapi disisi lain bentuk Hp yang semakin tipis membuat kapasitas baterai yang disertakan di dalam ponsel menjadi berkurang. Apalagi baterai Hp jaman sekarang tidak bisa dengan mudah dilepas karena sudah mengadopsi konsep unibody atau menyatu dengan bodi. Mau tidak mau kamu harus membeli sebuah Powerbank untuk jaga – jaga jikalau baterai Hp mu habis pada saat kamu sedang berada di perjalanan dan jauh dari colokan listrik.

Powerbank yang tersedia di pasaran sangat banyak dan beragam, baik dari segi merk maupun kualitas. Jangan pernah tegiur dengan powerbank yang mempunyai merk terkenal tetapi dengan harga yang sangat jauh dari harga pasaran. Karena bisa saja powerbank tersebut adalah powerbank palsu. Tenang saja, berikut beberapa tips agar kamu tidak salah dalam membeli powerbank.

Tips Membeli Powerbank

Rasionalitas Harga

Sebelum kamu membeli powerbank pastikan harga barang tersebut “masuk akal”. Maksudnya jangan tergiur dengan harga yang murah meriah tetapi kualitas barangnya bisa saja palsu. Misal pada saat kamu mencari di marketplace ada toko yang menjual barang yang sama dengan toko lainnya tetapi dengan harga yang sangat jatuh, bahkan perbedaannya sampai 50% lebih. Kemungkinan barang tersebut adalah barang palsu.

Periksa juga deskripsi barang pada toko tersebut dengan seksama. Jika penjual tidak menuliskan deskripsi secara lengkap silahkan gunakan fitur pesan untuk menanyakan lebih lanjut. Hati – hati juga dengan kata – kata yang menyebutkan kalau barang merupakan “Ori pabrik” dan semacamnya, karena biasanya kata-kata tersebut adalah nama marketing dari barang KW.

Lihat Ulasan Pembeli Lain

Keuntungan yang kamu dapatkan jika membeli melalui marketplace adalah ulasan dari pembeli lain. Setelah menerima barang pembeli biasanya akan menuliskan komentarnya terkait barang yang mereka terima. Ulasan tersebut biasanya berupa tulisan komentar dan foto yang diunggah terkait dengan produk. Selain ulasan pembeli biasanya juga meninggalkan rating berupa bintang sebagai ukuran mengenai kualitas barang, pelayanan, respon penjual dan lain lain.

Kamu bisa menggunakan pengalaman belanja dari pembeli lain untuk memutuskan apakah akan melanjutkan membeli powerbank dari toko tersebut atau tidak. Jika toko yang kamu tuju belum ada ulasan sama sekali dan menjual dengan harga yang sangat murah, Sebaiknya kamu untuk membeli di toko tersebut. Karena ada kemungkinan yang dijual adalah powerbank palsu

Baca Juga:

Penampakan Fisik Produk

Kalau kamu sudah terlanjur membeli sebuah Powerbank dan ingin melihat keaslian dari Powerbank yang kamu beli tersebut. Coba cek terlebih dahulu kemasan atau kardus yang digunakan oleh powerbank. Gunakan video unboxing dari youtube sebagai perbandingan. Cek juga secara mendetail seperti warna, font yang digunakan, stiker keaslian dan lain – lain.

Kamu juga bisa menggunakan situs resmi dari produk bersangkutan untuk memastikan lebih lanjut. Gunakan nomor serial yang tercetak pada box kemasan atau badan powerbank lalu masukkan informasi tersebut di situs resmi. Sekalian juga cek masa garansi yang tersedia melalui situs resmi jika powerbank tersebut memang menyediakan garansi.

Kelengkapan yang disertakan

Biasanya powerbank yang lumayan bermerek dan mempunyai harga lebih tinggi daripada powerbank biasa kelengkapan yang disertakan di dalam box penjualan lebih banyak. Kelengkapan yang tersedia tidak hanya terbatas pada unit dan kabel, melainkan juga ada buku manual, kartu garansi dan kabel yang disediakan tidak hanya satu.

Bandingkan kelengkapan dari produk yang kamu dapatkan dengan yang seharusnya ada di paket penjualan melalui video unboxing. Periksa juga kualitas kabel charging dengan menggunakan alat seperti usb tester atau dengan melihatnya sekilas saja. Kabel bawaan dari Powerbank palsu biasanya akan terlihat gampang rusak dan menhantarkan daya lebih kecil daripada kabel bawaan Powerbank asli.

Daya yang mampu disimpan

Fungsi dari sebuah Powerbank, apalagi jika bukan untuk menyimpan daya dan digunakan untuk mengecas HP di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa melakukan pengecekan daya yang mampu disimpan oleh Powerbank dengan sangat mudah. Misalnya powerbank yang kamu beli mimiliki kapasitas penyimpanan sebesar 10.000Mah dan kapastias baterai HP kamu sekitar 4000Mah, secara logika seharusnya kamu bisa melakukan pengecasan sebanyak 2 kali sampai penuh.

Tes Spesifikasi Fitur

Selain mempunyai fungsi utama sebagai sebuah alat untuk menyimpan daya, sebuah powerbank biasanya juga dilengkapi fitur-fitur yang disertakan. Fitur seperti fast charging, quick charging, sudah menggunakan USB C, mendukung power delivery, dan fitur menarik lainnya.

Kamu cukup melihat apakah fitur tersebut berfungsi sebagaimana mestinya atau fitur tersebut bisa digunakan. Misal di spesifikasi tertulis mendukung power delivery 18w tetapi saat kamu coba tidak bisa. Tetapi kamu harus menggunakan device yang memang mendukung fitur yang bersangkutan.

Penutup

Setelah kamu melakukan beberapa pengujian diatas, akan mengurangi kemungkinan kamu untuk memperoleh barang palsu atau kw. Meskipun begitu pastikan kembali barang yang akan kamu beli tersebut kepada penjual yang bersangkutan dan tanyakan mengenai kebijakan refund atau pengembalian barang.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *