Cara Menghidupkan HP Mati Total yang Terkena Air

Air merupakan musuh alami semua perangkat elektornik. Seperti yang kita tahu perangkat elektronik menggunakan aliran listrik agar bisa digunakan. Kalau sampai terkena air aliran listrik yang berada dalam komponen peralatan elektronik akan mengalami konsleting dan bahkan bisa terbakar. Tentu saja hal ini berlaku untuk HP, walaupun menggunakan baterai dan bukan listrik secara langsung. Jadi usahakan kamu untuk menjauhkan HPmu dari air sejauh mungkin.

Mengatasi HP Terkena Air

Tetapi meskipun kita sudah berusaha untuk menjauhkannya, namanya juga manusia tetap saja ada saatnya kita ceroboh dan membuat HP kita terkena Air baik sengaja maupun tidak. Kamu tidak perlu khawatir, begini caranya agar air tidak merusak HPmu.

Pertolongan Pertama HP yang Terkena Air

1. Segera Matikan HP

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya kamu harus mematikan hp dulu dong. Karena Hp adalah barang elekrtonik dan air bisa menyebabkan konsleting yang tentunya sangat membahayakan bagi komponen elektronik yang ada di HP.

2. Keringkan Airnya

Setelah HP mu sudah dimatikan atau mati sendiri saat sudah terkena air, kamu harus segera mengeringkan hp mu. Angkat HP dari air jika sampai terendam lalu gunakan kain untuk mengelap bagian yang terkena air.

3. Cabut Baterai

Kamu beruntung jika hp mu masih mengusung desain yang mempunyai casing yang dapat dilepas atau bukan merupakan unibody. Karena dengan begitu kamu bisa langsung mencabut baterai untuk menghindari konsleting listrik pada hpmu

4. Jangan Langsung Dinyalakan Kembali

Walaupun kamu merasa HP sudah terlihat dari luar dan kamu sudah tidak sabar untuk mengecek apakah hp masih selamat dan bisa menyala kembali. Jangan menyalakan HP langsung disaat itu juga, sebaiknya tunggu beberapa saat agar air kering terlebih dahulu sambil berharap air dapat keluar dari dalam hp

Baca Juga:

5. Masukkan Ke Dalam Beras

Jika kamu sudah merasa HP kering dari air tetapi masih tidak mau dihidupkan atau mengalami touchscreen yang error, kamu bisa mencoba memasukkan hp mu kedalam tumpukan beras. Meskipun ini masih merupakan mitos dan tidak teruji secara ilmiah, tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba trik ini. Tinggal masukkan saja HP mu ke dalam beras dan tunggu beberapa hari.

6. Bawa Ke Service Center

Cara satu – satunya dan merupakan pilihan terakhir jika semua usaha yang disebutkan diatas tidak berhasil. Silahkan bawa hp mu ke service center resmi terdekat agar diperiksa oleh ahlinya. Kamu hanya perlu menunggu dan berdoa semoga tidak ada komponen yang rusak parah agar biaya servicenya tidak terlalu mahal.

Ciri – ciri Desain HP Tahan Air

Semua Port Memiliki Penahan Khusus

Biasanya HP yang memang didesain dari awal untuk tahan terhadap serangan air, memiliki penghalang khusus pada port – port yang rawan menjadi jalan masuk air ke dalam HP. Misalnya port charging, jack audio dan lubang speaker. Memang penghalang ini tidak terlihat secara jelas dari luar, tetapi hanya bisa kamu lihat sewaktu membongkar hp tersebut.

Mempunyai Sertifikasi

Kamu tentunya pernah mendengar iklan di HP yang menyebutkan sudah dilengkapi dengan IP67, IP68 dan sebagainya. Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh lembaga bernama IEC (International Electrotechnical Commission) dan sudah diakui secara global. Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut HP harus menjalani berbagai tes terlebih dahulu untuk menentukan 2 digit dari sertifikasi tersebut. Digit pertama menandakan ketahanan terhadap debu dan digit kedua merupakan daya tahan terhadap air (lebih besar semakin baik).

Ada Garansi Terkena Air

Kalau vendor hp dengan percaya diri menyebutkan perlindungan garansi terhadap device yang terkena air, maka bisa dipastikan hp tersebut merupakan hp yang sudah didesain untuk tahan terhadap air. Tetapi tidak semua vendor berani untuk menuliskan garansi terhadap air dan belum tentu hp tersebut tidak tahan terhadap air.

Tidak Mengeluarkan Gelembung saat Terendam Air

Cara ini merupakan cara nekat untuk menguji apakah HP tahan air atau tidak, tetapi ingat semua kerusakan adalah tanggung jawab kamu sendiri. Caranya tentu saja dengan lansung mencelupkan HP ke air. Jika terdapat gelembung udara yang keluar, segera keluarkan HP dari air karena adanya gelembung menandakan air sedang masuk ke dalam HP. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya maka selamat HP mu merupakan HP yang tahan air.

Penutup

HP yang tiba – tiba mati total karena efek terkena air memang bisa membuat panik, tetapi dengan tenang dan melakukan beberapa cara kamu bisa dengan mudah mengembalikan kondisi HP seperti sediakala.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *