Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Cepat

Loading...

Kegiatan fotografi belakangan ini semakin diminati, apalagi bagi penggemar sosial media. Karena, kamera smartphone semakin canggih dan kualitasnya tidak kalah dengan kamera professional pada umunya. Penggunaan HP sebagai pengganti kamera kerap kali kita temui. Selain itu, HP juga lebih ringkas pada saat dibawa dan digunakan kapanpun saat dibutuhkan, apalagi kalau momen yang kita temui tergolong cepat dan langka. Memindahkan foto dari HP ke Laptop ternyata tidak sesulit yang kamu banyangkan

Penggunaan HP untuk menangkap foto memang sudah lebih dari cukup, tetapi bagi sebagian orang merasa masih harus dilakukan finishing terhadap hasil jepretan HP tersebut. Meskipun aplikasi untuk editing di HP sudah beragam dari yang gratis sampai yang berbayar, tidak bisa dipungkiri melakukan editing dengan menggunakan laptop lebih lengkap dan lebih nyaman. Maka dari itu, perlu untuk memindahkan berkas foto dari HP ke Laptop dengan cara sebagai berikut.

Foto dari HP ke Laptop
Loading...

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

Menggunakan Kabel Data USB

Selain berguna sebagai charger, kabel USB juga bisa digunakan sebagai media untuk transfer data. Caranya, tinggal colokkan kabel USB yang biasanya tercolok ke kepala charger ke port USB yang ada pada Laptop. Pada kasus tertentu, HP akan menanyakan keperluan kita dalam mencolokkan kabel ke laptop, dalam hal ini kamu hanya perlu menekan pilihan yang berbunyi transfer data atau semacamnya. Setelah itu, HP akan terbaca sebagai Flashdisk dan kamu bisa mengaksesnya seperti biasa.

Loading...

Kecepatan transfernya sendiri dipengaruhi banyak faktor misalnya, kualitas kabel USB yang sedang digunakan, proses yang terbuka di laptop pada saat transfer data dan lain sebagainya. Oh ya, kalau kamu menggunakan kabel jenis tertentu yang tidak mendukung transfer data, Laptop tidak akan bisa mendeteksi HP. Jangan lupa untuk melakukan safety remove hardware sebelum mencabut kabel setelah melakukan transfer data.

Fitur Bluetooth

Meskipun jarang digunakan dan sudah beralih fungsi, cara untuk konek ke perangkat lain. Fitur Bluetooth ini, masih bisa digunakan sebagai sarana untuk pertukaran data. Kita mungkin lebih banyak menggunakan fitur ini untuk menyambungkan ke headset wireless atau ke perangkat pintar lainnya. Kemudahan, dari fitur ini adalah kita tidak memerlukan kabel pada saat digunakan untuk transfer data dari HP ke laptop. Kekurangannya adalah kecepatan transfer yang bisa dibilang sangat lambat untuk ukuran file jaman sekarang.

Melalui Jaringan Wifi

Memiliki fungsi dan cara penggunaan yang mirip dengan menggunakan bluetooth, tetapi dengan kecepatan yang sangat cepat. Kamu hanya memerlukan 2 perangkat yang akan melakukan transfer data terhubung ke dalam jaringan Wifi yang sama. Setelah jaringan laptop dan HP sama kamu tinggal memindahkan file dengan drag and drop semudah memindahkan file antar drive di laptop.

Loading...

Kalau kamu tidak memiliki jaringan wifi di rumah, tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuatnya sendiri melalui fitur Hotspot tethering yang ada di HP. Tidak perlu khawatir, kalau melakukan file transfer akan memakan kuota data seluler yang sedang kamu gunakan. Kalau tidak percaya silahkan membuktikannya dengan mematikan data seluler saat melakukan transfer file melalui wifi.

Baca Juga:

Copy Data ke Flashdisk OTG

Sudah banyak orang yang menggunakan flashdisk untuk melakukan transfer data dari device satu ke device lain. Selain bentuknya yang kecil dan mudah dibawa, penggunaan FD sangat simpel dan tidak perlu driver khusus. Kapasitas data yang bisa ditampung oleh sebuah flashdisk sendiri bervariasi bahkan bisa sampai ukuran TB pada FD terbaru.

Loading...
Loading...

Nah, pada perkembangannya sudah ada FD yang mendukung dual USB pada interfacenya. Disisi satu ada slot USB sebagaimana FD pada umumnya dan disisi lain ada microUSB / USB tipe C yang bisa kamu colokkan langsung ke HP. FD semacam ini disebut dengan FD OTG(On-The-Go). Sesuai namanya dengan menggunakan ini kamu bisa dengan mudah memindahkan data yang semula dari HP ke Laptop tanpa kesulitan berarti.

Menggunakan Card Reader

Cara terakhir yang tidak kalah mudahnya dengan beberapa cara sebelumnya ialah dengan menggunakan USB card reader. Seperti namanya, alat ini akan membuat kartu memori HP bisa dibaca oleh Laptop sebagai USB FD. Setelah kartu memori terbaca oleh laptop kamu tinggal memindahkannya seperti biasa. Beberapa laptop memiliki Card reader secara built – in yang bisa kamu gunakan, tetapi kalau laptopmu tidak mempunyainya, kamu diharuskan untuk membelinya secara terpisah.

Penutup Cara Backup Data Android ke PC

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memindahkan foto yang sudah kamu ambil menggunakan HP ke Laptop untuk diedit lebih lanjut. Tidak ada kesulitan berarti yang bisa kamu temui karena caranya sangat mudah dan proses bisa cepat selesai. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *