Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Saat Bermasalah

Loading...

Keyboard merupakan sebuah papan yang kita gunakan untuk menuliskan huruf ke dalam komputer. Istilah ini, lebih dikenal dengan mengetik. Pada sebuah smartphone sendiri, sudah tidak terdapat keyboard yang berbentuk fisik dan digantikan dengan keyboard virtual yang disebut dengan on-screen keyboard. Laptop sendiri masih banyak yang menggunakan keyboard fisik, dikarenakan lebih mudah digunakan dan biaya produksinya yang murah. Keyboard fisik ini, bisa saja rusak dan mau tidak mau kita harus mematikan keyboard ini.

Tetapi, bukan berarti tidak ada laptop yang dipasarkan tanpa keyboard sama sekali. Laptop jenis ini biasanya sudah termasuk dengan layar touchscreen dan berjenis convertible. Keyboard laptop jenis ini biasanya dipasarkan secara terpisah. Jika laptopmu mengalami keyboard yang error dan sering mencet sendiri, begini cara untuk mengatasinya.

Mematikan Keyboard
Loading...

Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Mencet Sendiri

Menghapus Driver Keyboard Internal Laptop

Software driver berguna sebagai saran komunikasi antara hardware dan software. Menghapus driver yang sudah terinstall akan mengakibatkan hardware yang bersangkutan tidak bekerja secara normal bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Karena, sekarang keyboard kamu memang sedang error maka hal yang harus kamu lakukan adalah menghapus driver keyboard. Caranya, buka device manager melalui start menu.

Loading...
Device manager

Kemudian, cari driver keyboard yang ditandai dengan label keyboard, pilih salah satu yang merupakan keyboard internal dari laptop. Setelah itu, klik kanan uninstall device, maka keyboard kamu yang error sudah berhenti bekerja.

Driver Keyboard

Remapping Tombol yang Bermasalah

Kamu juga bisa melakukan Remapping keyboard, yaitu mematikan fungsi terhadap tombol yang bermasalah. Tetapi, cara ini hanya berlaku jika yang rusak atau tidak bisa digunakan hanya salah satu tombol saja. Kalau masalahnya terjadi pada keseluruhan keyboard, maka cara ini akan menjadi sia – sia. Kamu bisa mengunduh software tambahan untuk melakukan remapping, bisa juga dengan sedikit melakukan perubahan registri secara manual jika memang tidak ingin melakukan instalasi software tambahan.

Cari Keyboard Pengganti

Satu satunya solusi agar kamu bisa kembali laptop dengan aman dan nyaman adalah dengan segera move on dari keyboard yang rusak. Kalau memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi, mau tidak mau kamu harus mengganti dengan sparepart keyboard yang baru. Kamu beruntung jika laptopmu masih terdapat garansi yang masih aktif, tinggal klaim saja garansi tersebut. Harga keyboard laptop sendiri tidak terlalu mahal namun cukup menguras dompet, sambil menabung kamu bisa mencoba alternatif berikut.

Loading...

Baca Juga:

Usb atau Bluetooth Keyboard

Solusi paling cepat dan murah adalah dengan menggunakan keyboard external sebagai pengganti keyboard internal laptopmu yang sudah tidak bisa digunakan. Dengan kisaran harga dari puluhan ribu sampai ratusan ribu kamu sudah bisa kembali beraktifitas dengan menggunakan laptop seperti sedia kala. Tetapi, tidak bisa dipungkiri dengan menggunakan keyboard external akan mengurangi tingkat mobilitas dari laptop itu sendiri.

Loading...

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan untuk menggunakan keyboard yang menggunakan bluetooth daripada keyboard dengan USB. Hal ini dikarenakan, keyboard bluetooth lebih flexible dan tidak menggunakan daya baterai dari laptop ketika sedang digunakan.

Loading...

On-Screen Keyboard

Alternatif lain selain menggunakan keyboard external adalah dengan menggunakan On-Screen Keyboard. Seperti namanya, keyboard ini akan tampil secara virtual layaknya keyboard yang terdapat dalam smartphone. Mungkin kamu akan mengalami kesulitan jika laptopmu belum mendukung layar touchscreen. Namun, cara ini bisa kamu gunakan pada saat kamu benar benar urgent, dimana kamu membutuhkan keyboard pada saat itu juga disaat keyboardmu rusak.

keyboard virtual

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah keyboard laptop yang error dan suka mencet sendiri. Selain mematikan sementara dan menggantinya dengan keyboard yang baru kamu juga bisa melakukan beberapa penyesuaian untuk bisa menggunakan laptop dengan normal kembali. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, kalau ada hal yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk meninggalkan pesan di kolom komentar.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *