5 Cara Mempercepat Download di Playstore Work 100%

Google playstore merupakan marketplace aplikasi android yang dibuat dan sudah otomatis terinstall kedalam semua HP dengan operating sistem android. Playstore tidak hanya menjual aplikasi dan game tetapi juga ada film dan buku yang bisa kamu beli melalui aplikasi ini. Tersedia berbagai macam aplikasi yang sudah disesuaikan dengan HP mu dan bisa kamu download secara gratis maupun berbayar.

Mempercepat Playstore

Kita bisa melakukan download aplikasi di google playstore dengan mudah dan hanyar perlu memiliki HP android. Tapi terkadang proses download di palystore itu sendiri sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah progress download yang terlampau lambat dan membuat kita tidak sabar menunggu. Begini caranya untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah

Cara Mengatasi Download Lemot di Google Playstore

1. Pastikan Sinyal 4G/3G Kuat

Kalau kamu menggunakan paket data sewaktu mengunduh aplikasi yang berada di Google playstore, tentunya kamu harus memastikan sinyal HP. Pastikan bar sinyal yang tertera pada ponsel penuh dan coba kamu cek dengan membuka web browser lalu browsing sebentar. Jika pada saat mengakses web lain terasa berat dan lemot, mungkin sinyalmu tidak begitu stabil. Untuk itu pergilah ke lokasi yang sekiranya memberikan sinyal paling bagus untuk digunakan mengunduh aplikasi dari playstore.

Sinyal yang tidak stabil selain membuat proses download menjadi lama, juga ada kemungkinan kalau aplikasi yang kamu download akan mengalami kegagalan. Kamu tentunya tidak ingin hal ini terjadi, kuotamu bisa terbuang sia-sia. Jangan memaksakan untuk menggunakan sinyal 4G jika tidak stabil karena speednya lebih kencang sinyal 3G dengan bar sinyal penuh.

2. Gunakan Wifi

Bukan rahasia umum lagi kalau sinyal wifi cenderung lebih stabil daripada sinyal data operator seluler. Hal ini bisa terjadi karena wifi merupakan pancaran bersumber dari koneksi kabel melalui layanan berlangganan. Selain lebih stabil sinyal wifi juga lebih cepat daripada koneksi data seluler dengan keaadan sinyal penuh sekalipun.

Maka dari itu kami sarankan kamu untuk menggunakan sinyal wifi saja pada saat ingin melakukan download aplikasi pada playstore. Pasti kamu tidak akan mengalami lagi kecepatan yang lemot lagi saat melakukan download atau update aplikasi. Selain itu kamu bisa lebih menghemat penggunaan paket datamu lhoo. Apalagi ukuran aplikasi jaman sekarang lumayan besar.

Baca Juga:

3. Sisakan Ruang Penyimpanan yang Cukup

Sebaiknya kamu menyiapkan ruang kosong yang cukup lega sebelum melakukan proses download aplikasi atau game di playstore. Kamu bisa melakukan pembersihan aplikasi – aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan atau dengan menghapus cache aplikasi. Memori penyimpanan yang hampir penuh juga bisa menjadi penyebab lemotnya proses download pada playstore.

Sebaiknya kamu menyediakan memori kosong sebesar dua kali lipat dari ukuran aplikasi yang ingin kamu download untuk amannnya. Kamu tidak mau kan pada saat melakukan download yang lumayan besar dan berujung gagal karena memori HP mu yang habis.

4. Batasi Penggunaan Data Aplikasi Lain

Kalau kamu melakukan download dari playstore tetapi sambil menonton video di youtube, tentu saja kecepatan download mu akan lemot di palystore. Karena kecepatan maksimal koneksimu dibagi ke beberapa aplikasi sekaligus. Secara default sistem akan mengutamakan aplikasi yang berjalan di depan layar atau dengan kata lain aplikasi yang sedang kamu gunakan untuk kenyamanmu sendiri.

Sistem Operasi HP (Android) bisa mengatur aplikasi mana saja yang bisa menggunakan koneksi data dengan mudah. Kamu hanya perlu menyesuaikan pengaturannya melalui setelan atau kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang tersedia banyak untuk di unduh di playstore.

5. Gunakan VPN

Kecepatan koneksi yang lemot mungkin juga disebabkan oleh pengaturan jaringan yang diset oleh admin jaringan baik operator seluler maupun jaringan wifi. Koneksimu dibatasi dengan pengaturan tertentu atau kecepatan koneksimu untuk mengakses layanan google dibatasi.

Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan dari pembatasan ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggunakan VPN (Virtual Private Server) yang akan melakukan enkripsi pada koneksimu dan membuat kamu bisa mengakses playstore dengan kecepatan sebenarnya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan jika mengalami masalah saat melakukan download atau update aplikasi yang ada di playstore. Selain beberapa solusi diatas, mungkin kamu perlu mengecek paketan datamu. Karena bisa saja FUP (Fair Usage Pocily) internet unlimited kamu habis dan mengakibatkan koneksimu menjadi lemot.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *