7 Cara Jitu Memperkuat Sinyal Wifi yang Lemah di Smartphone

Wifi merupakan sambungan internet tanpa kabel yang memungkinkan kamu untuk menjelajah web hanya dengan konek ke jaringan wifi. Sinyal wifi akan banyak kita temui di beberapa tempat umum dan tempat – tempat lain yang memang menyediakan sinyal wifi. Wifi diproteksi dengan menggunakan password agar tidak bisa diakses oleh semua orang. Selain untuk masalah keamanan mempassword wifi juga bisa mengurangi jumlah pengguna. Karena user yang bisa ditampung oleh router jumlahnya terbatas.

Sinyal Wifi Kuat

Device yang bisa menggunakan wifi sekarang lebih beragam dan tidak terbatas pada komputer saja. Apalagi di jaman digital ini, semua ponsel bisa menggunakan wifi untuk bisa tersambung ke internet. Fungsi sinyal wifi sangat penting bagi kamu yang sedang tidak banyak kuota data atau sedang ingin mengunduh suatu file yang sangat besar. Kecepatan sinyal wifi tergantung dengan bandwidth yang tersedia, berapa jumlah pengguna dan kualitas sinyal

Semakin penuh bar sinyal kamu, maka akan semakin stabil dan cepat koneksi yang akan kamu terima. Karena wifi menggunakan sinyal bukan sebuah kabel, maka dari itu sinyal menentukan prestasi. Tetapi terkadang ponsel kita memiliki sinyal wifi yang lemah, dan menyebabkan koneksi menjadi lambat dan tidak stabil. Tidak perlu khawatir, begini cara mengatasinya.

7 Cara Agar Sinyal Wifi Menjadi Stabil

Pindah Posisi

Kalau berbicara mengenai wifi, sudah tentu kita harus menggunakan prinsip besarnya sinyal menentukan tingkat kestabilan koneksi. Karena wifi merupakan koneksi yang dipancarkan melalui jaringan nirkabel. Untuk itu kamu harus mengganti posisimu jika merasa sinyal yang kamu dapatkan tidak baik, sering diskonek dan tidak kuat.

Pindahlah ke tempat lain dan usahakan untuk mendekat ke router terdekat. Router adalah sebuah device yang memancarkan sinyal wifi itu sendiri. Maka dari itu semakin kamu dekat dengan router maka sinyalmu akan semakin kuat dan stabil daripada sebelumnya.

Baca Juga:

Tutup Aplikasi yang berjalan di Background

Salah satu penyebab sinyal wifi yang lemah pada Hp adalah memori ram yang penuh. Karena kekurangan memori, kinerja Hp menjadi tidak maksimal dan daya untuk wifi akan dikurangi. Maka dari itu agar kamu bisa mendapatkan sinyal wifi yang stabil, cobalah untuk menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan pada background dengan menahan lama tombol home lalu bersihkan aplikasi background.

Restart HP

Kalau cara diatas tidak berhasil atau kamu masih belum yakin semua aplikasi yang berjalan di background apakah sudah tertutup atau belum. Caranya simpel tinggal restart aja Hp kamu, maka semua aplikasi background tersebut akan tertutup dengan sendirinya. Setelah melakukan restart pada HP cek kembali untuk memastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Matikan Data Seluler

Mungkin tidak berpengaruh langsung untuk memperkuat sinyal wifi, tetapi dengan mematikan data seluler saat sinyal wifi melemah akan menghemat paket datamu. Karena pada HP jaman sekarang akan otomatis berganti menggunakan data seluler saat sinyal wifi lemah. Tentunya kamu tidak mau kan ingin mendownload suatu file besar melalui wifi, tetapi malah menghabiskan kuota data selulermu.

Gunakan Repeater

Jika kamu memiliki dompet yang lumayan tebal, coba beli device bernama repeater untuk memperkuat sinyal wifi. Sesuai namanya repeater akan menangkap sinyal wifi dan memancarkan kembali sinyal tersebut atau bisa disebut menambah jangkauan sinyal dari wifi. Setelah sinyal dipancarkan kembali, saat diterima HP mu sinyal akan muncul dengan keadaan penuh.

Jumlah Pengguna Terlalu Banyak

Karena wifi dipancarkan melalui device bernama router, maka sinyal dan kekuatan dari wifi akan sangat bergantung dengan router tersebut. Sebuah router memiliki batasan jumlah pengguna yang bisa ditampung dalam satu waktu, jadi semakin banyak pengguna maka wifi akan semakin lambat dan user tidak akan bisa konek jika batas sudah terpenuhi. Hal ini akan sering terjadi jika wifi yang kamu maksud ada di tempat publik dan penggunanya banyak. Untuk mengatasinya kamu harus berganti sinyal wifi, atau mendekat ke router agar mendapat sinyal yang kuat.

Tambahkan Antena Pada Router

Cara ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu merupakan admin jaringan dari wifi. Kamu bisa menambahkan antena ke router agar menambahkan jangkauan dari wifi dan menghilangkan dead zone sinyal. Deadzone wifi adalah titik tertentu dimana sinyal wifi menjadi lemah atau hilang sama sekali. Selain menambahkan antena kamu bisa menggunakan repeater di sudut – sudut ruangan agar lebih efektif.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba agar sinyal wifi yang diterima oleh HP mu menjadi kuat dan stabil. Selain karena faktor jarak, router wifi yang beda lantai juga mempengaruhi kuat tidaknya sinyal wifi. Gunakan repeater untuk mengatasi masalah ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *