Pasti Awet! Inilah 6 Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Laptop

Mempunyai baterai laptop yang awet seharian merupakan impian setiap pengguna sebuah laptop. Apalagi jika laptop tersebut memang diandalkan untuk kegiatan yang bersifat fleksibel dan tidak selalu tersedia colokan listrik di setiap tempat. Kamu tentunya harus menghemat baterai laptop kamu agar bisa digunakan seharian.

Baterai Low

Tetapi baterai sebuah laptop kapasitasnya cenderung cukup dan tidak terlalu besar untuk digunakan seharian. Setidaknya kapastias tersebut sudah cukup untuk membuat laptopmu bertahan dalam mendampingimu beraktifitas.

Pasti kamu merasakan pada saat membeli laptop baru, baterai laptop cenderung awet dan membuatmu menjadi jarang untuk melakukan cas. Seiring berjalannya waktu kamu merasa kalau baterai laptopmu mulai melemah dan cepat habis. Tahukah kamu ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu tiru agar kamu bisa menghemat baterai laptop. Simak penjelasan berikut.

Cara Menghemat Daya Laptop Windows 10

Aktifkan Hemat Daya

Pada versi windows 10 terdapat sebuah fitur yang bernama hemat daya. Fitur ini bisa membantumu untuk menghemat pemakaian daya dengan cara otomatis dan tidak perlu pengaturan lain. Kamu cukup mengaktifkan fitur ini dnegan mengklik ikon baterai di sebelah jam laptop lalu klik tombol baterai saver. Fitur yang telah aktif ditandai dengan ada tambahan ikon daun disebelah ikon baterai.

Saat menggunakan opsi hemat daya mungkin kamu akan mengalami sedikit penurunan performa. Fitur ini akan otomatis mati jika kamu menyambungkan laptop dengan adapter daya dan aktif kembali saat kamu selesai melakukan cas. Ada juga opsi agar fitur ini otomatis aktif pada saat presentase baterai laptopmu mencapai angka tertentu.

Jangan Gunakan Untuk Aktivitas Berat

Seperti yang kita tahu, seiring dengan penggunaan laptop yang semakin berat maka akan semakin besar pula penggunaan daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka dari itu jika kamu menginginkan penggunaan daya laptop yang makin hemat kami sarankan kamu menggunakan laptop dengan aktivitas yang ringan saja.

Selain itu semakin keras kerja laptop akan membuat komponen di dalamnya menjadi panas dan akan mengaktifkan kipas internal. Kipas ini juga menggunakan daya yang cukup lumayan menguras daya baterai sebuah laptop.

Matikan Bluetooth dan WIFI jika tidak digunakan

Meskipun tidak secara drastis mengurangi kapasitas baterai laptop, modul bluetooth dan wifi bisa kamu matikan jika tidak digunakan. Selain untuk menghemat daya laptop, mematikan kedua modul tersebut juga mengurangi resiko laptop kamu diretas. Apalagi jika laptopmu otomatis terhubung ke jaringan wifi tanpa sepengetahuan kamu.

Cabut Perangkat yang tidak dibutuhkan

Pada sebuah laptop terdapat port USB yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat sesuai dengan kebutuhanmu. Banyak perangkat yang menggunakan port usb seperti hardisk eksternal, modem, flashdisk dan lain lain.

Perangkat – perangkat tambahan ini membutuhkan daya untuk bisa bekerja dengan normal. Untuk itu cabut perangkat yang menurutmu tidak sedang digunakan agar bisa menghemat daya laptop dan memasangnya kembali disaat kamu ingin menggunakannya.

Redupkan Kecerahan Layar

Salah satu bagian utama sebuah laptop dan berperan besar dalam penggunaan daya. Yap, layar sebuah laptop adalah sumber utama dari cepat habisnya sebuah baterai laptop. Apalagi jika kamu memaksimalkan kecerahan layar pada laptop tersebut.

Kami sarankan untuk menurunkan kecerahan dan mengaturnya sesuai kebutuhan daripada menggunakan kecerahan maksimal yang tidak baik untuk kesehatan mata.

Baca Juga:

Pakai Resolusi Rendah untuk Memutar Video

Untuk memutar sebuah video, laptop memerlukan daya yang tidak sedikit. Apalagi jika yang kamu putar merupakan video dengan resolusi 4K ditambah kamu menontonya secara streaming. Pastinya baterai laptopmu akan berkurang dengan sangat cepat.

Kalau kamu ingin menghemat baterai laptop yang awet, setidaknya kurangilah resolusi atas video yang kamu tonton. Karena dengan semakin besarnya resolusi video yang kamu tonton, laptop akan memerlukan daya yang semakin besar pula untuk menjamin kenyamananmu dalam menonton film.

Pelankan Suara Speaker

Seperti halnya perangkat internal lain, speaker juga menggunakan daya baterai agar bisa bekerja. Semakin keras suara yang dihasilkan oleh speaker maka daya yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar. Untuk itu kurangi volume laptop dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Ada cari lain yang bisa kamu gunakan selain mengurangi volume speaker, yaitu dengan menggunakan headset atau menggunakan speaker bluetooth eksternal yang mempunyai sumber daya sendiri.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai laptop. Mungkin efeknya tidak akan terasa secara instan setelah kamu menerapkan beberapa tips dari kami. Jangan lupa untuk melakukan charge pada baterai laptop pada saat sudah muncul peringatan baterai lemah agar baterai laptop kamu tidak cepat rusak. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *