Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Portabel Pakai Modem 4G

Istilah hotspot mulai terkenal saat maraknya penggunaan smatphone di masyarakat kita. Hotspot sendiri merupakan sebuah tempat yang menyediakan sinyal wifi yang bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mengakses internet. Dengan menggunakan Wifi, kita tidak perlu khawatir akan menghabiskan paket internet yang kita beli di smartphone kita.

Hotspot Laptop

Terkadang kita ingin menggunakan internet di laptop dan HP secara bersamaan, biasanya kita hanya perlu menyalakan tethering di HP dan bisa secara langsung menikmati internet di laptop. Tetapi bagaimana kalau kamu ingin sebaliknya, yaitu laptopmu yang melakukan tethering ke HP agar bisa lebih menghemat daya baterai HP. Atau laptop kamu memiliki koneksi melalui kabel LAN dan kamu ingin membagi koneksi tersebut ke HPmu. Caranya sangat mudah, simak penjelasan berikut.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 10

Untuk melakukan tethering hotspot dari laptop ke HP kamu membutuhkan beberapa alat yang harus kamu siapkan.

  • HP yang support Wifi
  • Laptop windows 10 yang support Wifi
  • Modem 3G/4G atau Koneksi LAN

Langkah – Langkah Untuk mengaktifkan Tethering Laptop

Langkah pertama tentu saja kamu memerlukan untuk mengaktifkan laptop kamu terlebih dahulu. Setelah laptop kamu aktif kamu perlu untuk menyambungkan modem ke laptop atau menyambungkan koneksi melalui kabel LAN. Setelah modem tersambung dan sudah terkoneksi ke internet (bisa dicoba menggunakan internet melalui browser).

Selanjutnya kamu hanya perlu mengaktifkan fitur yang memang sudah tersedia jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi windows 10. Klik icon hotspot yang tersedia di bagian kanan bawah taskbar di sebelah tampilan jam. Maka kamu akan menemukan pengaturan yang kurang lebih sama dengan gambar di bawah.

Fitur Hotspot

Untuk mulai mengaktifkan mobile hotspot kamu hanya perlu mengklik tombol mobile hotspot di atas dan secara otomatis laptop kamu akan membuat hotspot sendiri. Kalau kamu ingin melakukan setting seperti mengubah nama hotspot dan mengatur password yang nantinya akan digunakan, cukup klik kanan pada tombol mobile hotspot dan pilih Go to setting. Maka akan muncul setting seperti tampilan dibawah.

Baca Juga:

Mobile hotspot setting

Disini kamu bisa melakukan pengaturan tethering hotspot laptop. Pada kolom Share my Internet connection from merupakan sumber koneksi dari laptop kamu. Bisa bersumber dari modem maupun koneksi LAN. Klik tombol edit untuk mengubah nama hotspot dan password dari hotspot. Beberapa laptop mungkin mendukung dual network band yaitu 2,4Ghz dan 5Ghz. Tetapi pastikan HPmu juga mendukun network band tersebut agar sinyal hotspot bisa terdeteksi oleh wifi dari HPmu.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang akan membantumu untuk membuat hotspot di laptop dengan sangat mudah. Pastikan kamu tidak lupa untuk mematikan fitur ini setelah kamu selesai menggunakannya dan pastikan laptop kamu terhubung ke sumber daya. Karena fitur ini akan cukup memakan daya dari baterai laptop. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *