6 Cara Mencari Tahu Pengguna dan Memblokir Pencuri Wifi Indihome

Wifi merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses internet tanpa harus repot menghubungkan kabel. Biasanya pada saat berlangganan provider internet, sudah tersedia router yang mempunyai fitur wifi dan bisa dengan mudah untuk digunakan.

Pencuri WIFI

Hal yang perlu diperhatikan ialah dengan semakin banyaknya pengguna dalam suatu wifi maka kecepatan internet akan mulai melambat. Kalau yang menggunakan wifi di rumahmu merupakan keluarga atau orang yang kamu kenal mungkin tidak menjadi masalah.

Tetapi apa jadinya jika ternyata ada orang yang dengan sengaja menumpang wifi tanpa sepengetahuan kita. Tentunya hal ini bisa membuatmu jengkel dan membuat kecepatan internetmu melambat tanpa alasan yang jelas. Begini cara mudah untuk mendeteksi dan memblokir pencuri wifi.

Cara Mudah Mengetahui Siapa yang Menggunakan Wifi Kita

Sebelum memulai, pembahasan kali ini akan merubah pengaturan seputar router yang bisa kamu akses melalui alamat ip router dan masuk ke menu web gui dari router mu. Jadi pastikan kamu memiliki akses untuk merubah pengaturan tersebut atau paling tidak kamu mempunyai akses fisik ke router dan tersambung melalui kabel LAN.

Hal ini diperlukan karena kita akan menggunakan fitur – fitur yang biasanya terdapat pada router untuk mengetahui siapa pengguna wifi kita dan melakukan pengaturan lainnya.

Lihat di DHCP Client List

DHCP merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh semua router. Fitur ini digunakan oleh router untuk memberikan alamat IP pada perangkat yang sedang tersambung WIFI. Kalau perangkat yang tersambung WIFI tidak memiliki alamat IP maka perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan untuk mengakses internet.

Karena itulah kalau kamu membuka menu DHCP client list pada pengaturan router maka akan muncul siapa saja yang sedang menggunakan atau tersambung ke router. Kamu tinggal mengidentifikasi apakah ada perangkat asing yang sedang tersambung.

Ganti Password secara Berkala

Password merupakan akses utama yang digunakan untuk mengakses WIFI router. Tanpa memiliki password yang benar seseorang tidak akan bisa dengan mudah mengakses Wifi. Kalau sampai ada perangkat asing yang konek ke Wifi, ada kemungkinan password wifimu sudah diketahui oleh orang lain dan tersebar. Maka dari itu kamu perlu mengganti password secara berkala beberapa bulan sekali sudah cukup.

Matikan Fitur WPS

Wifi Protected Setup (WPS) merupakan sebuah fitur yang memungkinkanmu bisa terhubung ke wifi tanpa menggunakan password sama sekali. Syarat untuk menggunakan fitur ini adalah device harus support dan pengaturan wps pada router harus menyala. Kamu pasti sudah bisa menebak bahayanya fitur ini, karena biasanya secara default wps pada router berada pada kondisi aktif. Maka dari itu cek pengaturan routermu dan matikan fitur WPS jika tidak digunakan.

Gunakan Fitur BlackList

Seperti namanya, fitur ini berguna untuk membatasi atau memblokir pengguna wifi tertentu yang sudah kamu tentukan menggunakan MAC Address. Jadi kalau suatu device sudah masuk ke daftar hitam, maka device tersebut tidak akan bisa melakukan koneksi ke Wifi. Kamu bisa menemukan target yang akan kamu blacklist dengan melihat perangkat mencurigakan dari menu DHCP client list.

Gunakan Fitur Whitelist

Fungsinya berkebalikan dengan fitur blacklist yang sudah dibahas sebelumnya. Kalau blacklist berfungsi untuk memblokir, whitelist berguna untuk menentukan perangkat mana saja yang diijinkan untuk mengakses wifi. Fitur ini cenderung lebih efektif, karena kamu cukup mendaftarkan perangkat yang memang kamu gunakan dan tidak perlu mencari tahu perangkat mana yang bukan milikmu.

Baca Juga:

Atur Transmit Power

Cara yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi transmit power pada routermu. Transmit power merupakan suatu gambaran jangkauan dari router wifimu. Jadi singkatnya adalah kalau transmit powernya kamu set rendah, maka jangakuan router wifimu akan menjadi kecil.

Ini sangat berguna karena biasanya pencuri wifi berada jauh dari router atau bisa dibilang berada di luar rumahmu. Tetapi dengan mengatur ini kamu akan sering mengalami masalah sinyal wifi yang tidak stabil di tempat yang jauh dari router wifi.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mencari tahu dan membatasi siapa saja yang bisa mengakses jaringan wifi kita. Selain kemungkinan ada orang lain yang mengakses wifi selain kita, bisa jadi jaringan wifi yang lemot disebabkan provider internetmu sedang mengalami gangguan.

Semoga artikel dari kami bisa mengatasi masalahmu, terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *