Cara Mudah Mengatasi Aplikasi dan Game Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Bermain video game merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan pada waktu yang tepat. Selain untuk mengurangi tingkat stress karena pekerjaan, kita bisa bermain game online dengan teman tanpa terbatas jarak. Tetapi bermain game di komputer tidak semudah dengan bermain game pada sebuah konsol. Pada konsol kamu hanya tinggal memilih dan game akan berjalan secara normal, pada komputer kamu terkadang akan menemui kendala seperti game crash, kembali ke desktop dan sebagainya.

Game tidak bisa dibuka

Meskipun begitu, game yang tersedia pada komputer jumlahnya sangat banyak dan beragam. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan game untuk dimainkan. Game yang tersedia pada pc juga bisa di kostumisasi dengan menggunakan mod yang beredar banyak di internet. Tentunya hal ini akan membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih berwarna dan semakin menyenangkan. Untuk itu berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi atau game yang tidak bisa dibuka pada saat dijalankan.

Cara Mengatasi Game yang Crash Saat Dibuka

Periksa Spesifikasi Terlebih Dahulu

Perbedaan konsol dan sebuah komputer sangat terlihat disini. Jika kamu menggunakan komputer untuk bermain game, maka kamu harus memperhatikan apakah spesifikasi komputermu sudah cukup untuk memainkan game tersebut. Karena jika komputermu hanya dengan spesifikasi seadanya, tentunya kamu tidak bisa memainkan game terbaru yang membutuhkan spesifikasi yang mumpuni.

Panduan mengenai spesifikasi minimun biasanya disediakan pada halaman sebelum kamu mengunduh game tersebut. Jika informasi tersebut tidak tersedia, kamu bisa dengan mudah mengecek spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game dengan lancar di komputer dengan mengakses situs Canyourunit.

Install Aplikasi Pendukung (Vcredist, .NetFX, DirectX)

Semua aplikasi ataupun game yang dibuat pada platform windows dibuat dengan menggunakan software dan beberapa addons tambahan. Kalau komputermu tidak memiliki aplikasi yang dibutuhkan, maka game atau aplikasi tidak akan bisa dibuka atau tidak bisa berjalan dengan semestinya. Pada saat kamu menginstall aplikasi kamu diharuskan menginstall software tambahan agar aplikasi bisa berjalan seperti seharusnya.

Saat mendistribusikan softwarenya para pengembang aplikasi biasanya sudah menyediakan software tambahan tersebut ke dalam paket instalasi. Coba kamu cari folder yang bernama redist di folder instalasi. Jika memang tidak ada kamu bisa mengunduhnya di internet secara gratis.

  • Download Vcredist x86/x64 disini
  • Download .Net Framework disini (Windows 10 Keatas Pastikan Internetmu tersambung, karena tidak bisa offline install)
  • Download DirectX Online Installer disini

Baca Juga:

Matikan Antivirus

Penggunaan antivirus selain memakan resource yang besar juga memiliki masalah kompabilitas dengan beberapa game atau aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang dianggap berbahaya dan akan diblokir secara otomatis oleh antivirus dengan tujuan untuk melindungi komputermu dari aplikasi berbahaya. Jika kamu mempercayai sumber dari aplikasi yang akan kamu gunakan, silahkan masukkan aplikasi tersebut ke dalam whitelist antivirus. Cara paling mudah dengan mematikan antivirus sementara saat kamu membuka game tersebut, lalu menghidupkannya kembali saat sudah selesai bermain game.

Periksa Pengaturan Firewall

Hal ini hanya berlaku jika game yang ingin kamu mainkan merupakan game online atau aplikasi yang memerlukan koneksi internet. Firewall bertujuan untuk mencegah serangan yang datang dari internet dan tidak sengaja memblokir gamemu. Setting firewall bisa kamu temukan dengan mengetikkan kata “firewall” pada kolom pencarian windows. Kalau kamu menggunakan software antivirus, setting firewall default windows akan mati dan digantikan firewall dari antivirusmu. Untuk itu untuk mematikan atau memasukkan aplikasi ke dalam whitelist, buka setting pada aplikasi antivirus.

Jalankan Sebagai Administrator

Kebanyakan game akan membutuhkan hak akses sebagai administrator agar bisa dijalankan dengan lancar. Cara mengatasinya cukup mudah, tinggal lakukan klik kanan lalu pilih Run As Aministrator, kemudian pilih yes pada jendela berikutnya, maka game kamu akan terbuka dengan lancar. Untuk mempermudah dan tidak ribet setiap membuka game atur shortcut agar otomatis menggunakan hak akses administrator, dengan cara:

  • Klik Kanan Shortcut
  • Pilih Properties
  • Pilih Tab Compatibility
  • Centang pada “Run this program as Administrator”
  • Simpan dengan klik apply
  • Klik OK

Hal ini wajib kamu lakukan jika kamu menginstall game pada drive C. Karena pada windows 10 memperketat aplikasi untuk melakukan peruhaban terhadap file yang berada di drive C untuk alasan keamanan.

Masuk Compatibility Mode

Pada aplikasi dan game yang dirilis pada windows sebelum windows 10, kamu perlu menyesuaikan setting kompabilitas agar game berjalan dengan lancar. Cara paling mudah adalah dengan bantuan troubleshoot dari windows melalui klik kanan pada game yang akan kamu jalankan lalu pilih troubleshoot compatibility, maka kamu akan dipandu untuk menyesuaikan setting secara otomatis. Untuk melakukan setting secara manual caranya:

  • Klik kanan pada shorcut
  • Pilih Properties
  • Pilih Tab Compatibility
  • Centang Run this program in compatibility mode for
  • Pilih versi windows yang didukung oleh game
  • Simpan dengan klik apply
  • Klik OK

Gunakan Game Original

Periksalah game yang akan kamu mainkan, apakah berlisensi original atau merupakan game bajakan. Menggunakan game dengan lisensi “pak tani” akan membuat game tersebut “rusak” dan sering bermasalah saat dimainkan. Hal ini terjadi karena file asli dari game sudah diubah sedemikian rupa agar bisa dijalankan tanpa membelinya terlebih dahulu.

Jika kamu yakin game kamu merupakan original, silahkan update game tersebut melalui platform tempat kamu membeli game. Kalau masalah masih belum teratasi hubungi customer service dari pengembang agar dibantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan forum untuk menemukan orang lain yang mungkin memiliki masalah yang sama.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah yang membuat aplikasi dan game yang baru saja kamu unduh tidak bisa dibuka dan dimainkan. Setelah menginstall aplikasi pendukung dan melakukan beberapa setting, game kamu akan bisa dimainkan dengan lancar. Kamu bisa mengajukan refund jika memang game tersebut tidak bisa dijalankan di komputermu.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *