7 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer Windows 10

Kalau sudah berbicara mengenai komputer pasti yang paling sering diperdebatkan dan ditanyakan adalah mengenai spesifikasi. Spesifikasi dalam komputer merupakan sebuah informasi yang sangat penting. Karena dengan mengetahui spesifikasi komputer kita bisa memperoleh gambaran mengenai kemampuan kinerja dari komputer tersebut. Hal ini juga berlaku kepada laptop, yang tidak lain merupakan sebuah komputer portabel.

Spesifikasi Laptop

Salah satu faktor yang cukup mempengaruhi mahal tidaknya suatu laptop adalah spesifikasi. Laptop yang memiliki spesifikasi mumpuni pastinya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada laptop yang memiliki spesifikasi biasa saja. Meskipun terbatas sebuah laptop bisa diupgrade spesifikasinya jika dirasa kurang dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Kalau kamu ingin mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi sebuah laptop, simak penjelasan berikut.

Cara Mengetahui dan Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

1. Lihat di BOX Penjualan

Cara pertama adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Tentunya saat membeli laptop, kamu akan mendapatkan packaging berupa kardus untuk mengemas laptop tersebut. Pada box tersebut biasanya memuat beberapa informasi mengenai gambaran spesifikasi laptop yang ada di dalamnya. Jika ada, kamu bisa melihat pada buku manual yang juga disertakan pada pakte penjualan. Jangan lupa pastikan serial number yang tertera pad box sama dengan serial yang tertulis di body laptop (biasanya terletak di bagian bawah).

2. Melihat Stiker pada body

Pasti kamu sudah menyadarinya selama ini, pada body laptop melekat stiker warna warni. Stiker tersebut menjelaskan spesifikasi laptop secara singkat dan beberapa fitur yang diunggulkan pada laptop tersebut. Stiker yang biasanya ada adalah stiker processor, kartu grafis dan info – info lainnya. Meskipun tidak begitu lengkap menjelaskan spesifikasi, setidaknya sudah sedikit menggambarkan.

Baca Juga:

3. Melalui DxDiag

Aplikasi ini sudah otomatis terinstall dan ada jika kamu menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi windows. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi spesifikasi dan driver yang terinstall di laptop. Informasi didalamnya mudah dibaca dan mencakup informasi perangkat keras, perangkat lunak serta info lainnya. Kamu bisa dengan mudah mengakses aplikasi ini dengan cara:

  • Untuk windows 7 kebawah > Gunakan kombinasi CTRL+R, lalu ketikkan “dxdiag” pada kolom yang tersedia.
  • Untuk windows 8 keatas > Kamu cukup mengetikkan “dxdiag” pada kolom pencarian yang tersedia di taskbar.

4. Informasi dari My Computer

Kamu juga bisa mengecek spesifikasi komputer melalui “My Computer”. Pasti kamu familiar dengan icon yang secara default berada pada desktop ini. Jika tidak terdapat di desktop, silahkan buka melalui file explorer lalu cari “MyComputer” atau “This PC”. Setelah kamu menemukan item yang dimaksud klik kanan lalu pilih properties. Maka akan muncul jendela baru yang memuat informasi yang kamu butuhkan.

5. PC Info di Windows 10

Khusus pada windows 10, menyediakan tool tambahan yang bisa kamu gunakan untuk mengecek spesifikasi. Tool tersebut adalah PC info yang berisi ringkasan mengenai sistem yang ada pada laptopmu, meliputi tipe arsitektur yang digunakan apakah 32/64 bit lalu ada informasi lisensi windows yang sedang terpasang.

6. Aplikasi Pihak ke 3

Selain menggunakan aplikasi dan tool bawaan yang sudah tersedia pada windows. Kamu bisa menggunakan tool dari pihak ketiga yang bisa kamu unduh melalui internet dengan gratis lhoo. Keuntungannya adalah detail informasi yang diberikan oleh aplikasi pihak ke 3 ini tergolong lebih lengkap. Berikut beberapa aplikasi pihak 3 yang bisa kamu gunakan untuk mengecek spesifikasi komputer.

– CPU Z

Seperti namanya yaitu CPUZ, aplikasi ini berfokus untuk memberimu informasi mengenai processor yang terpasang pada laptopmu. Informasi yang diberikan dari aplikasi ini sangat lengkap bahkan sampai tahun pembuatan dari processor tersebut. Aplikasi buatan cpuid ini bisa kamu unduh melalui tautan berikut.

– GPU Z

Berfokus untuk mendeteksi VGA card atau perangkat pengolah grafis yang terpasang pada laptopmu. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi VGA palsu jika kamu menginstallnya ke komputer. Unduh aplikasi ini secara gratis melalui link berikut.

7. Melalui BIOS

Basic Input Ouput Sistem atau biasa disingkat BIOS merupakan program dasar yang diinstall ke dalam sistem komputer sebelum OS di install. BIOS digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat keras yang terpasang agar bisa terbaca oleh sistem operasi. BIOS juga bisa digunakan untuk melakukan diagnosis awal jika tiba – tiba laptop mu tidak bisa dihidupkan. Program bios disimpan ke dalam ROM (Read Only Memory) yang memang dirancang agar tidak bisa dihapus atau diubah demi keamanan laptop atau komputermu.

Nah, karena fungsinya tersebut bios menyediakan informasi yang sangat lengkap bahkan sampai kabel mana yang digunakan untuk menghubungkan perangkat tersebut. Bios bisa juga digunakan untuk memastikan bahwa komponen yang baru saja kamu pasang terbaca ke dalam sistem. Untuk mengakses bios tergantung dengan vendor laptop ada yang menekan tombol DEL, F8, F2 atau tombol lainnya sesaat setelah kamu menekan tombol power.

Penutup

Mempunyai laptop dengan spesifikasi “dewa” merupakan impinan semua orang. Tetapi untuk mendapatkan hal ini, dibayar dengan harga yang cukup tinggi. Untuk itu gunakanlah laptop yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *