Bahaya Menggunakan VPN Gratis yang Perlu Kamu Tahu

Jaman Now siapa sih yang tidak tahu apa itu Virtual Private Network atau biasa disingkat dengan VPN saja. Layanan ini memungkinkan kamu untuk melakukan akses ke situs tertentu yang diblokir oleh penyedia layanan internet kamu. Hal ini bisa terjadi karena proses komunikasi yang dilakukan antara device yang kamu gunakan dan server tujuan di enkripsi oleh VPN dan tidak bisa terbaca oleh provider internet kamu.

Bahaya VPN

Meskipun banyak disalahgunakan dengan melakukan akses ke situs – situs yang memang dilarang, VPN memiliki banyak fungsi lain seperti melindungi privasi kamu agar tidak mudah di intip oleh orang tidak bertanggungjawab. Tetapi tahukah kamu kalau menggunakan VPN gratis ternyata ada resikonya. Simak penjelasan berikut.

Resiko Menggunaan VPN Gratis

Terkena Virus

Banyak penyedia VPN gratisan yang mewajibkan calon penggunanya untuk mengunduh dan melakukan install aplikasi. Kalau kamu tidak menginstall aplikasi tersebut kamu tidak akan bisa menggunakan VPN gratis. Aplikasi tersebut bukan tidak mungkin disisipi oleh virus ataupun malware.

Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam menginstall aplikasi agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Apalagi penyedia VPN gratisan tersebut merupakan penyedia baru dan terkesan tidak menyakinkan, sebaiknya kamu menghindari penyedia tersebut dan ganti yang lain.

Pencurian Data Pribadi

Menggunakan VPN berarti kita melakukan akses internet melewati komputer dari server VPN tersebut. Dengan kata lain semua hal yang kita buka di internet pada saat menggunakan koneksi VPN akan bisa dilihat oleh pemilik dari server VPN tersebut. Aplagi kalau penyedia VPN merupakan oknum yang “nakal”, maka data yang kita masukkan atau riwayat jelajah yang kita lakukan bisa saja disalahgunakan oleh oknum tersebut.

Koneksi Lambat

Namanya juga gratisan, siapa sih yang tidak suka dengan hal – hal yang berbau gratis. Layanan VPN yang memberikan layanannya secara gratis, maka bisa dipastikan penggunanya akan sangat banyak dan tidak jarang koneksi akan sering down dan terasa lambat daripada biasanya. Contohnya saja suatu server VPN yang seharusnya hanya bisa menampung 50 orang sekaligus, sedangkan jumlah user yang online lebih banyak dari angka tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan server overload dan down.

Masalah ini bisa dengan mudah diatasi dengan melakukan pembatasan dari sisi server terkait berapa jumlah pengguna yang diijinkan untuk online secara bersamaan. Tetapi untuk penyelenggara VPN, sedikit susah untuk menerapkan hal ini. Dikarenakan bagi pemilik VPN gratisan, semakin banyak pengguna semakin baik.

Diblokir Situs Tertentu

Bisa dibilang poin terakhir ini bukan termasuk bahaya dalam menggunakan VPN gratis, tetapi lebih kepada mengganggu saja. Bagaimana tidak, kamu ingin mengunjungi suatu situs favoritmu tetapi kamu tidak bisa mengaksesnya karena IP dari VPN yang kamu gunakan diblokir oleh administrator situs tujuan.

Penyebabnya ada banyak, tetapi kebanyakan dikarenakan pengguna layanan VPN selain kamu menggunakan jaringan VPN untuk melakukan tindakan yang dianggap ilegal oleh situs tujuan dan mengakibatkan akses ke situs tersebut menjadi diblokir. Kalau sudah begini, tidak ada jalan lain selain mengganti VPN yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga:

Beberapa VPN Gratis yang Terpercaya

Setelah membaca penjelasan diatas mungkin kamu akan sedikit bingung untuk mencari layanan VPN gratis yang benar benar bisa dipercaya. Berikut beberapa VPN yang menurut kami cukup terkenal dan bisa dipercaya untuk melindungi privasimu pada saat menjelajah di internet.

Layanan VPN gratis berikut bisa kamu nikmati dengan mudah melalui Chrome Web Store. Karena bentuknya berupa ekstensi, kamu tidak perlu melakukan instalasi program yang tentunya akan mengurangi bahaya dalam menggunakan VPN gratis. Selain itu karena terdaftar pada market google chrome, ekstensi tersebut akan terus dipantau oleh google.

Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke chrome web store dan melakukan pencarian menggunakan kata kunci “VPN” atau mencari menggunakan nama ekstensi sesuai dengan list dibawah.

  • Hola VPN
  • Hotspot Shield
  • Zenmate VPN
  • uVPN
  • Dan masih banyak lagi

Penutup

Itulah beberapa pembahasan yang bisa kamu pelajari mengenai bahaya dari penggunaan VPN gratis. Semoga kamu bisa lebih hati – hati dalam memilih layanan VPN yang akan kamu gunakan. Terimakasih sudah mengunjungi situs blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *