Langsung Ngacir, Cara Mempercepat Download Nintendo Switch

Loading...

Nintendo switch adalah salah satu konsol yang dibuat oleh nintendo. Berbeda dengan para pesaingnya konsol milik nintendo ini menyasar pasar gaming handheld. Artinya konsol ini bisa kamu bawa kemana saja dan bersifat portabel. Tetapi, masih tetap dapat dihubungkan ke TV kalau menginginkan gambar yang lebih besar. Karena flexsibilitasnya konsol ini bisa dibilang cukup sukses karena saat ini tidak ada pesaing di pasar handheld console. Gamenya bisa kamu dapatkan dengan membeli kasetnya atau membeli di eshop lalu melakukan download ke nintendo switch.

Kalau kamu memilih untuk menggunakan game digital, harus menyiapkan kartu memori dengan ukuran yang cukup. Rugi dong sudah beli game tapi tidak bisa dimainkan karena kehabisan kartu memori. Tetapi, kamu tidak perlu cemas karena kartu memori yang digunakan oleh nintendo switch sendiri adalah MicroSD biasa, tidak seperti konsol sebelah yang menggunakan ekspansi card khusus. Dan tidak bisa dipungkiri game – game jaman sekarang memiliki kapasitas yang lumayan memakan tempat, sebanding dengan grafik yang ditawarkan.

Loading...

Memang kalau soal tampilan grafis nintendo switch sendiri bukan yang terbaik, apalagi dibandingkan dengan konsol lain dalam generasi yang sama. Meskipun begitu pasar nintendo switch memang bukan orang yang mendewakan tampilan grafis saja, melainkan kemampuannya sebagai konsol gaming portabel yang membuatmu bisa main dimana saja. Karena ukurannya yang kecil sepertinya kecepatan download dari nintendo switch sendiri terbatas dan tidak secepat device lain. Untuk mengatasi hal tersebut coba beberapa cara berikut.

Loading...

Cara Download Eshop Nintendo Switch dengan Cepat

1. Cari Sinyal Wifi yang Kuat

Satu satunya konektivitas yang disediakan oleh nintendo switch adalah menggunakan interface Wi-fi untuk tersambung ke internet. Maka dari itu, cobalah untuk mencari sinyal wifi yang kuat ditandai dengan bar sinyal yang ada di tampilan menu utama. Seperti yang kita tahu, semakin kuat sinyal dari sebuah wifi, maka akan semakin stabil koneksi tersebut. Hal ini juga berlaku pada saat akan melakukan download dari eshop.

Kenapa harus menggunakan jaringan wifi yang stabil? Karena ada kalanya saat kita melakukan download game yang berukuran besar, kemungkinan untuk gagal dan tidak bisa diresume semakin besar kalau sinyal tidak stabil. Pasti sangat mengesalkan kalau harus mengulang dari awal kembali, apalagi saat ini kamu menggunakan jaringan yang menggunakan kuota.

2. Menggunakan Sleep Mode

Sleep mode adalah fitur yang tersedia di bagian setting nintendo switch yang berguna untuk sebagai mode idle. Pada mode ini, konsol akan menggunakan daya yang rendah tetapi bukan berarti mematikan konsol itu sendiri. Secara konsep sama dengan mode sleep yang ada pada di laptop, konsol akan menyala lebih cepat saat berada di mode sleep dibandingkan dalam kondisi mati.

Loading...

Kabar baiknya proses download akan tetap berjalan seperti biasa meskipun berada pada sleep mode. Apalagi menurut nintendo sendiri proses download akan sedikit lebih cepat pada saat konsol sleep daripada kondisi menyala biasa. Hal ini dikarenakan sumber daya akan digunakan sepenuhnya untuk melanjutkan proses download. Kekurangannya tentu saja kita tidak bisa sambil menggunakannya pada saat masuk sleep mode.

3. Ganti Jaringan Wifi

Tidak semua jaringan wifi yang stabil itu cepat, bisa saja jaringan stabil tetapi kecepatannya di bawah 1Mbps dan berlaku sebaliknya. Maka dari itu, pilihlah jaringan yang sekiranya stabil dan juga cepat, karena percuma kalau download stabil tapi lama selesainya. Berbeda lagi kalau kamu sedang melakukan online gaming yang membutuhkan kestabilan dibandingkan kecepatan, kalau tentang download tentu saja kecepatan lebih penting.

Untuk melakukan pengecekan kecepatan kamu bisa melakukannnya dengan mengetestnya di pengaturan jaringan pada menu setting. Di sana akan terlihat berapa kecepatan untuk download dan upload yang bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan yang sedang terhubung. Kalau kamu tidak percaya dengan speedtest, bisa mencoba sedikit trik dari kami. Buka aplikasi Youtube lalu cari konten live streaming dan gunakan opsi kualitas paling tinggi, kalau tidak terjadi lag sama sekali berarti selamat jaringanmu bisa diandalkan.

Loading...

Baca Juga:

4. Setting DNS Server

DNS ( Domain Name System) merupakan sebuah server yang mengatur lalu lintas pada internet. Server ini akan melayani banyak sekali klien dalam satu waktu. Selain banyaknya yang klien yang sedang ditangani, jarak juga berpengaruh pada proses komunikasi antara server dan klien. Kamu bisa mencoba untuk mengganti DNS jika merasa koneksi internetmu lebih lambat daripada biasanya.

Loading...

Salah satu DNS server yang populer adalah DNS milik Google. Kamu bisa merubahnya melalui setting kamudian pilih manual setting pada pengaturan WIFI. Masukkan DNS milik google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.0.0. Setelah itu, cek kembali kecepatan dan kestabilan koneksimu seperti biasa.

Loading...

5. Gunakan Kabel Lan

Tidak bisa dipungkiri koneksi dengan menggunakan kabel akan jauh lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan koneksi wireless. Kamu bisa menggunakan kabel LAN sebagai koneksi internet di konso, nintendo switch, tetapi tidak bisa langsung dicolokkan begitu saja ke konsol. Kamu memerlukan dock bawaan dari nintendo switch yang biasa kamu gunakan untuk menyambungkan switch ke TV. Lalu, kamu membutuhkan juga sebuah adapter USB to LAN yang bisa kamu beli di marketplace.

Tetapi, harap berhati – hati pada saat memilih adapter USB to LAN, karena tidak semuanya didukung oleh switch. Karena, belum tentu semua yang bisa digunakan di laptop bisa dibaca di switch, karena keduanya menggunakan sistim operasi yang berbeda. Ada baiknya kamu menanyakan kepada penjual terkait kompabilitasnya dengan konsol yang kamu miliki. Lebih baik lagi, membeli yang sudah mendapatkan sertifikat langsung dari nintendo dalam artian official dari nintendo. Tentu saja harganya akan jauh lebih mahal daripada yang tidak official, tetapi dengan jaminan pasti bisa digunakan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses download dari nintendo switch. Jangan lupa untuk menaymbungkan konsol ke sumber listrik, apalagi jika game yang kamu unduh berukuran cukup besar. Kamu bisa mengecek ukuran game di eshop sebelum melakukan download. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, silahkan cek artikel kami yang lain siapa tahu ada yang berguna untukmu.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *