Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows 10

Loading...

Apa yang kamu pikirkan kalau membaca kata “sampah” ?, sesuatu yang sudah tidak berguna, berjumlah banyak, bisa diadur ulang dan lain sebagainya. Dilansir dari wikipedia, sampah merupakan sisa material yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Seperti kita tahu, setiap digunakan laptop akan melakukan berbagai macam proses sesuai dengan apa yang kita lakukan. Proses tersebut akan menghasilkan file sampah yang akan terus menumpuk jika tidak dibersihkan. File sampah di laptop ini akan mengganggu kinerja dari laptop dan mengurangi kapasitas dari penyimpanan laptop itu sendiri.

File yang sudah tidak digunakan biasanya akan secara otomatis dibersihkan oleh sistem secara berkala. Tetapi ini tidak berlaku jika file yang tidak digunakan tersebut merupakan file pengguna, contohnya adalah cache dan file lain yang ada di recylebin. File – file ini semakin lama akan terus menumpuk sampai kita sendiri yang harus memilah dan menghapusnya secara permanen. Nah, begini cara untuk menghapus file yang sudah tidak digunakan.

sampah laptop
Loading...

Cara Menghapus Sampah di Laptop

Kosongkan Recycle Bin

Recycle Bin seperti namanya folder ini memiliki gambar tempat sampah dan tanda daur ulang pada ilustrasi ikonnya. Uniknya ikon ini akan mengalami perubahan sesuai dengan banyaknya file yang berada didalamnya. Kamu bisa menemukan recycle bin dengan mudah di desktop, biasanya terdapat di bagian sebelah kiri atas kalau kamu belum mengubah tampilan default. Sebagai “keranjang sampah” folder ini berfungsi untuk menampung secara sementara semua file yang sudah kamu hapus sebelumnya.

Loading...

Sebagai tempat pembuangan akhir file – file yang ada di recyclebin akan terus menumpuk sampai batas tertentu yang bisa kamu atur. File yang ada di recycle bin bisa dengan mudah dikembalikan ke folder terakhir tempat kamu menghapusnya dengan klik kanan file yang diinginkan lalu pilih restore. Tahukah kamu semua file yang berada di folder ini masih menggunakan space pada penyimpanan laptop. Maka dari itu untuk membebaskan ruang, kami sarankan untuk membersihkan folder ini jika dirasa sudah banyak file yang tidak kamu perlukan lagi didalamnya.

Hapus Tanpa Melalui Recycle Bin

Setelah membaca poin sebelumnya, sekarang pasti kamu sudah sadar akan pentingnya membereskan file sampah di folder recycle bin. Karena kalau tidak dibersihkan akan mengurangi kapasitas kosong pada penyimpanan laptop dan nantinya menghambat kinerja. Sebenarnya ada cara ampuh untuk menghapus file, agar file tersebut bisa langsung terhapus tanpa harus mampir terlebih dahulu ke recycle bin.

Delete file Permanen

Baca Juga:

Loading...

Caranya pun cukup mudah kamu hanya perlu menekan tombol shift+delete secara bersamaan setelah menyeleksi file yang akan dihapus secara permanen. Lalu akan muncul dialog konfirmasi seperti gambar diatas, klik yes jika kamu sudah yakin. Hati – hati dalam melakukan delete menggunakan cara ini, karena setelah terhapus file tidak akan bisa dipulihkan kembali.

History dan Cache Browser

Loading...

History browser merupakan riwayat dari aktifitas yang kita lakukan saat kita menggunakan browser. Bisa diartikan browser akan mengingat semua situs yang sebelumnya kita kunjungi agar kita bisa dengan mudah membuka situs – situs itu di lain waktu. Sebenarnya ukuran dari file history ini tidak terlalu besar, yang besar adalah file dari cache. Cache merupakan file – file dari situs yang sebelumnya kita kunjungi, jadi kalau kita mengunjungi sebuah website kali kedua dan seterusnya bisa di buka dengan lebih cepat.

File riwayat dan cache dari browser kalau dibiarkan menumpuk tentunya akan membuat kita kehabisan memori dan menjadi sampah di laptop kita. Maka dari itu kami sarankan untuk melakukan pembersihan secara rutin, atau kamu bisa mengaktifkan auto clear saat browser ditutup. Kamu juga bisa menggunakan mode samaran agar browser tidak menyimpan informasi apapun di saat kamu berseluncur di internet.

Loading...

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar sistem laptop bersih dan meningkatkan performa laptop. Hasilnya akan lebih baik dan terasa kalau dilakukan secara berkala misal tiap 3 bulan sekali atau disesuaikan dengan tingkat penggunaan dari laptop itu sendiri. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika ada pertanyaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *