Cara Mengatasi File Explorer Not Responding

File explorer merupakan salah satu aplikasi yang default terinstall pada semua komputer yang menggunakan operating sistem berbasis windows. Sebagi aplikasi file manager bawaan dari windows, file explorer mempunyai semua hal yang diperlukan untuk mengatur berbagai file yang kita simpan di dalam harddisk kita. Mulai dari sekadar mengubah nama file dan folder sampai memindahkan data dari dan ke penyimpanan eksternal tanpa kesulitan berarti.

File Explorer Not Responding

Tampilan file explorer dari dulu tidak berubah secara signifikan dan masih mengadopsi fungsi dan pintasan yang kita kenal sampai sekarang. Meskipun sekarang mempunyai fitur dark mode yang bisa diaktifkan melalui pengaturan dari windows, file explorer masih bisa dengan mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Tetapi seperti yang kita tahu, semua buatan manusia tidak ada yang sempurna. File explorer terkadang mengalami beberapa kendala saat kita menggunakannya. Not Responding atau biasa yang kita sebut nge-Hang adalah hal umum yang bisa saja terjadi saat kamu menggunakan aplikasi ini.

Langkah – langkah Mengatasi File Explorer Not Responding di Windows 10

1. Buka Task Manager

Kamu bisa membuka aplikasi task manager dengan membukanya melalui kombinasi CTRL+ALT+Delete lalu pilih Task Manager atau CTRL+Shift+Esc untuk langsung membuka aplikasi. Selain menggunakan kombinasi tombol kamu juga bisa membukanya melalui kolom pencarian di Windows.

2. Matikan Paksa Proses File Explorer

Sebenarnya tidak hanya file explorer saja yang bisa kamu matikan paksa melalui aplikasi task manager. Jika memang diperlukan plikasi lain yang sedang berjalan juga bisa kamu matikan paksa degan mudah. Kalau kamu tidak menemukan file explorer, tekan tombol more details. Matikan File Explorer dengan klik kanan lalu pilih End Task. Pada windows 10 saat kamu memilih windows explorer tombol di bagian kanan bawah akan yang semula End Task akan berubah menjadi Restart.

3. Buka Ulang File Explorer

Saat kamu mematikan paksa file explorer maka tampilan taskbar kamu akan menghilang. Tenang kamu tidak perlu panik cukup buka kembali file explorer dengan task manager melalui menu file > run new task ketik explorer lalu konfirmasi dengan menekan tombol OK. Voila semuanya kembali normal.

Baca Juga:

Tips Agar File Explorer Tidak Mengalami Not Responding Lagi

Periksa Kesehatan Harddisk

File Explorer kegunaan utamanya adalah untuk menjelajah file yang disimpan dalam sebuah harddisk. Jadi jika harddisk kamu bermasalah atau terkena maka jangan kaget jika kamu akan sering mengalami masalah file explorer yang sering menjadi not responding. Saran kami selalu periksa kesehatan harddisk secara berkala menggunakan software seperti HDD sentinel dan jangan lupa backup data agar file kamu tidak hilang.

Cek dan Buang Aplikasi Bermasalah

Aplikasi dan software yang bermasalah akan membuat file explorer menjadi hang dan not responding. Aplikasi ini macet dan hang biasanya karena tidak cocok dengan versi windows yang kamu gunakan sekarang. Solusinya update aplikasimu atau dengan terpaksa uninstall aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi lain dengan fungsi yang sama.

Gunakan Flashdisk/Harddisk Asli dan Original

Menggunakan device yang tidak asli atau kw memang menyebabkan banyak masalah yang akan muncul. Tidak terkecuali dengan membuat file explorer menjadi hang pada saat kamu melakukan proses copy file baik dari maupun ke device abal – abal tersebut. Sebaiknya gunakan device original meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Penyebab lain yang jarang disadari oleh banyak orang ialah komputernya terkena virus. Tentunya dengan komputermu terinfeksi sebuah virus hal pertama yang kamu rasakan adalah menurunnya performa dari komputer. Jika virus semakin menyebar maka secara bertahap file dan aplikasi akan mengalami error.Maka scan komputermu secara berkala dan usahakan antivirus yang kamu gunakan sudah terupdate ke versi paling mutakhir

Penutup

File explorer bisa dibilang adalah aplikasi favorit semua pengguna windows. Sangat jarang orang yang menginstall aplikasi lain untuk menggantikan fungsi dari aplikasi satu ini. Dengan beberapa tips diatas kami harap kamu tidak akan mengalami file explorer yang nge-Freeze di kemudian hari.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *