6 Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai HP

Tidak bisa dipungkiri pada jaman sekarang smartphone merupakan device yang sangat berharga. Semua orang mempunyai smartphone bahkan banyak yang memiliki HP lebih dari satu buah karena alasan tertentu. Ada satu masalah yang biasanya dikeluhkan oleh para pengguna HP yaitu baterai yang cepat habis dan harus sering di cas. Tentunya dengan cepat habisnya baterai HP membuat kita harus membawa kabel cas kemana – mana atau mengakalinya dengan membawa powerbank.

Cara Menghemat Baterai HP

Meskipun banyak produsen HP yang sudah menanamkan baterai dengan kapasitas yang super besar, masalah ini masih menjadi masalah utama. Kita bisa menghemat penggunaan baterai dengan menggunakan atau mengaktifkan beberapa pengaturan yang sudah disediakan oleh vendor. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai HP dengan mudah.

Cara Mengatasi Baterai HP agar Tidak Cepat Habis

Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Menggunakan wallpaper bergerak mungkin akan terlihat keren pada awalnya. Bagaimana tidak, wallpapermu yang biasanya hanya berupa foto atau gambar statis sekarang bisa kamu ganti dengan menggunakan video atau animasi. Tetapi sebaiknya kamu segera mengganti wallpapermu jika masih menggunakan wallpaper jenis ini.

Namun dengan menggunakan wallpaper bergerak atau wallpaper animasi, hape kamu sama saja seperti sedang memutar file video secara terus menerus dan tentunya akan sangat menguras sumberdaya dari HPmu. Jadi segera ganti wallpapermu untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Kurangi Penggunaan Widget

Alasan seperti yang sudah disebutkan diatas juga terjadi pada widget yang kamu pasang pada halaman awal HPmu (Home Screen). Semakin banyak widget yang kamu pasang di Home Screen, maka akan semakin banyak sumberdaya HP yang digunakan dan akhirnya secara tidak langsung membuat baterai HP menjadi cepat habis.

Karena widget ini melakukan update pada belakang layar secara berkala, contohnya widget cuaca akan melakukan update setiap hari, widget whatsapp akan melakukan update setiap ada chat baru yang masuk. Jadi untuk menghemat baterai HP, kamu sebaiknya menggunakan widget seperlunya.

Baca Juga:

Gunakan Wifi jika tersedia

Sinyal juga menjadi faktor yang cukup menguras daya pada sebuah HP. Misalnya saja sinyal jaringan pada daerah kamu sedang jelek dan kadang hilang, maka HPmu akan berusaha sekuat tenaga untuk mencari sinyal tersebut sampai dapat. Tentunya hal ini akan mengakibatkan sumberdaya akan habis untuk mencari sinyal. Maka dari itu sebaiknya gunakanlah sambungan Wifi jika tersedia sebagai upaya menghemat baterai HP. Untuk memaksimalkan penghematan kamu bisa mengaktifkan mode pesawat jika baterai HPmu memang sudah sangat kritis.

Jika memang disekitarmu tidak ada jaringan Wifi yang tersedia, maka bukalah setelan pada HP lalu ubahlah pengaturan jaringan dan ganti dengan jaringan yang lebih stabil. Misal di tempatmu sekarang sinyal 4G sedang tidak stabil dan kadang muncul kadang hilang, maka settinglah HP menjadi “Prefer 3G” untuk memaksa HP agar hanya menggunakan jaringan 3G guna menghemat daya.

Aktifkan Mode Penghemat daya

Pada smartphone keluaran terbaru biasanya sudah menyematkan fitur ini secara default. Dengan begitu kamu tidak perlu repot lagi untuk menginstall aplikasi tambahan. Cara kerja dari fitur ini adalah membatasi aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar dan meminimalkan penggunaan data pada aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkannya silahkan cari pada setelan atau tarik bar status pada bagian atas. Mengaktifkan fitur ini juga akan otomatis mematikan pembaruan dan sinkronasi otomatis yang berjalan di belakang layar.

Non-Aktifkan Pembaruan dan Sinkronasi Otomatis

Pembaruan otomatis yang berjalan di belakang layar menggunakan data dan resource yang lumayan. Dengan mematikan layanan ini saat tidak kamu butuhkan bisa menghemat daya baterai ponsel dengan cukup signifikan. Tetapi kamu harus tetap melakukan pembaruan terhadap aplikasi dan membackup data – data mu secara berkala dengan cara manual.

Karena proses pembaruan aplikasi merupakan sarana agar aplikasi yang terinstall pada ponselmu selalu menggunakan versi yang paling baru dan paling stabil. Hal ini juga berlaku pada sinkronasi otomatis yang selalu memperbarui data email misalnya ataupun mengunggah data kamu ke cloud storage. Kalau kamu ingin mematikan fitur ini tinggal cari saja di pengaturan ponsel mu atau melalui shortcut yang berada di notification bar.

Gunakan Dark Mode Pada Layar Amoled

Apakah layar smartphone kamu menggunakan jenis layar yang berbasis amoled display?. Kalau iya, maka kamu beruntung. Ada satu lagi yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya baterai pada ponselmu. Caranya cukup mudah, kamu cukup mengaktifkan dark mode yang tersedi pada setelan dan menggunakan wallpaper dengan dominan berwarna hitam.

Dengan begitu ponsel kamu akan menggunakan daya yang lebih sedikit daripada menggunakan tampilan yang full color. Hal ini sesuai dengan cara kerja layar amoled itu sendiri, yaitu menghasilkan warna hitam dengan mematikan panel bukan membuat warna hitam itu sendiri melalui pencampuran warna. Maka dari itu warna hitam yang dihasilkan oleh layar amoled lebih pekat daripada ponsel yang menggunakan layar LCD.

Penutup

Setelah mencoba beberapa cara diatas, mungkin efeknya tidak akan terasa secara signifikan. Tetapi setidaknya kamu meringankan kinerja ponselmu yang nantinya akan berefek pada penggunaan daya yang semakin sedikit. Selain menghemat penggunaan, umur sebuah HP juga berpengaruh pada borosnya penggunaan daya.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *