5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Tanpa Menghapus Aplikasi

Pada saat menggunakan HP pasti kita akan menginstall aplikasi untuk kebutuhan sehari hari. Semakin lama umur HP tersebut semakin banyak pula data yang kita simpan pada sebuah HP, baik berupa aplikasi maupun berupa data lain seperti foto dan video. Hal ini mengakibatkan memori yang digunakan untuk menyimpan aplikasi – aplikasi tersebut semakin besar dan mengurangi jumlah space kosong pada memori HP.

Memori HP Penuh

Dengan semakin sedikitnya memori yang tersisa pada HP, maka pada suatu saat kita akan mengalami suatu masalah tidak bisa menginstall aplikasi lagi. Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja cara yang paling cepat ialah menghapus sebagian aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya guna mengosongkan beberapa memori.

Tetapi apa jadinya jika aplikasi yang kita install sebelumnya merupakan aplikasi yang tidak kalah penting dengan aplikasi yang akan di installl ?. Tidak perlu panik, berikut cara untuk mengatasi memeori penuh pada HP tanpa perlu menghapus aplikasi yang sudah ada.

Menghilangkan Notifikasi Memori Penuh pada Smartphone

Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Biasanya notifikasi ruang penyimpanan penuh muncul jika memori internal HP memang sudah hampir penuh. Untuk HP android yang bisa di ekspansi kapasitas penyimpanannya melalui kartu micro SD, kamu bisa dengan mudah menghilangkan pemberitahuan memori penuh. Tinggal pindah saja beberapa data pribadimu seperti foto dan video dan berkas lainnya ke memori eksternal melalui aplikasi file manager bawaan yang tersedia.

Backup data pribadi

Kalau Smatphone mu tidak dilengkapi kemampuan untuk menambah memori melalui micro SD, kamu tidak perlu berkecil hati. Banyak cara lain untuk membackup data pribadi kamu. Salah satunya ialah menggunakan komputer atau laptopmu sebagai media penyimpanan. Sebaiknya kamu melakukan backup data yang kamu anggap rutin secara berkala, untuk berjaga – jaga jika terjadi sesuatu kepada HP tercintamu.

Baca Juga:

Bersihkan History Chat di Aplikasi Medsos

Siapa bilang history chat pada aplikasi media sosial tidak memakan memori banyak, justru bisa jadi aplikasi ini yang paling banyak memakai memori pada HP mu. Apalagi jika kamu kamu tergabung di grup yang aktif membagikan video dan foto, ribuan chat dari gebetan yang tidak pernah kamu hapus juga membuat memorimu habis lho. Kalau kamu memang tidak ingin menghapus chat- chat tersebut, setidaknya kamu bisa membackupnya melalui berbagai cara. Salah satu caranya ialah dengan menguploadnya ke google drive.

Bersihkan Cache Aplikasi

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membebaskan memori HP ialah dengan menghapus cache dari aplikasi yang memang jarang kamu butuhkan. Cache adalah file sementara yang disimpan suatu aplikasi pada memori HP yang mengakibatkan ukuran asli dari aplikasi bertambah. Kamu bisa menemukan opsi untuk menghapus cache pada menu setelan. Tetapi sebelum menghapus cache aplikasi kamu harus sedikit berhati – hati, beberapa aplikasi menyimpan data pada cachenya. Aplikasi yang benar – benar untuk dihapus cachenya salah satunya adalah aplikasi peramban.

Gunakan Aplikasi Lite

Penggunaan aplikasi dengan embel – embel “lite” juga sangat membantu untuk melegakan memori. Sekarang banyak developer yang membuat versi lite dari aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Contohnya ada Youtube Lite, Facebook Lite, Line Lite, PUBG Lite dan masih banyak lagi. Selain karena aplikasi lite menggunakan memori yang lebih kecil, memakai aplikasi lite juga dapat menghemat data yang digunakan.

Penutup

Mempunyai banyak aplikasi yang terinstall pada smartphone kita memang tidak salah. Tetapi alangkah baiknya kamu meninjau kembali aplikasi mana yang memang sering kamu gunakan dan mana yang jarang kamu gunakan. Untuk aplikasi yang jarang digunakan, bisa kamu uninstall sementara dan kamu bisa mengunduhnya kembali nanti pada saat ingin digunakan. Tentunya cara ini lebih efektif untuk meringankan kinerja HP.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *