5 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Nge-Frezze Windows 10

Sebagai orang yang mempunyai mobilitas tinggi pasti menggunakan sebuah laptop dalam menjalankan aktifitas sehari – harinya. Apalagi jaman sekarang laptop sudah semakin ringan dan semakin tipis, memudahkan untuk dibawa kemanapun. Spesifikasi sebuah laptop juga sangat beragam baik dari segi desain maupun dari sisi jeroannya.

Mengatasi Laptop Hang

Namun seperti barang elektronik lainnya dalam praktiknya laptop dapat mengalami beberapa kendala pada saat sedang digunakan. Masalah yang terjadi cenderung muncul di saat kita sangat membutuhkan laptop itu sendiri. Salah satu masalah yang sering muncul ialah laptop mengalami hang dan macet saat akan digunakan. Mungkin kalau muncul sekali duakali tidak lah terlalu bermasalah. Tetapi jika sudah sering mengalami hang tentunya akan membuat kita jengkel. Berikut beberapa cara untuk mengatasi laptop hang yang bisa kamu coba.

Mengatasi Laptop Macet di Windows 10

1. Pastikan Hal Terakhir yang Kamu Lakukan

Sebelum menentukan langkah selanjutnya, ada baiknya kamu mengingat – ingat terlebih dahulu hal terakhir apa yang kamu lakukan saat menggunakan laptop. Karena hal terakhir yang kamu lakukan sebelum laptop menjadi hang mungkin saja bisa menjadi petunjuk penting penyebab laptop kamu menjadi not responding. Misalnya saja laptop kamu menjadi hang setelah kamu menginstall sebuah program, mengupdate driver, update windows, mengcopy file dari penyimpanan eksternal, atapun setelah mengunduh file dari internet.

Setelah kamu mengingat hal yang terakhir dilakukan saat menggunakan laptop, hal yang perlu kamu lakukan ialah lakukan aktivitas sebaliknya atau penangan lain yang diperlukan. Tentunya dengan mengingat aktivitas terakhir membuat kamu bisa lebih terarah dalam melakukan diagnosis untuk memperbaiki masalah laptop kamu yang nge hang. Contohnya laptop kamu hang sesaat setelah kamu melakukan update dari windows, maka cara mengatasinya ialah dengan melakukan rollback update dari windows melalui safe mode yang bisa kamu akses dengan mengakses menu recovery pada control panel windows 10.

Baca Juga:

2. Scan Menggunakan Antivirus

Kalau kamu tidak yakin apakah hal terakhir yang kamu lakukan bisa menjadi penyebab laptopmu menjadi hang, bisa saja sebab laptop kamu hang dikarenakan sudah terinfeksi virus. Virus komputer bisa datang darimana saja, bisa dari file yang kamu unduh, dari flashdisk yang sebelumnya kamu gunakan, maupun dari jaringan lan yang tidak aman.

Virus bisa tetap berjalan meskipun kamu menggunakan program antivirus kalau kamu tidak berhati – hati dalam membuka file. Kalau sudah begini hal yang bisa kamu lakukan adalah men-scan laptopmu secara keseluruhan menggunakan antivirus. Jangan lupa melakukan update definisi antivirus terlebih dahulu sebelum melakukan scan, karena bisa jadi virus yang menginfeksi laptopmu merupakan jenis baru.

3. Cek dan Update Driver Laptop

Kemungkinan lain yang menyebabkan laptop menjadi hang adalah driver yang terinstall pada laptop tidak sesuai dengan hardware yang terpasang. Driver merupakan software penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak. Jika software penghubung ini tidak terinstall dengan benar, maka bisa menyebabkan salah satu komponen dalam laptop tidak bekerja secara maksimal bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Seperti yang kita tahu setiap komponen perangkat keras yang terpasang di laptop merupakan satu kesatuan. Jadi jika ada satu komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka laptop akan mengalami hang atau nge frezze. Cara untuk mengatasi hal ini ialah dengan melakukan update driver atau menginstall driver yang disediakan oleh vendor laptop. Driver yang pasti cocok dengan laptop, bisa kamu dapatkan di website resmi dari laptop bersangkutan.

4. Lakukan Pemeriksaan dan Pembersihan Harddisk

Semua file laptop disimpan ke dalam perangkat keras bernama harddisk. Saat menyala laptop memproses data yang sudah disimpan tersebut. Tentunya jika harddisk kamu bermasalah, maka laptopmu pun akan ikut bermasalah. Misalnya laptopmu membutuhkan data yang disimpan pada harddisk, tetapi harddiskmu terkena bad sector dan file yang diminta menjadi error. Maka laptop mu akan hang karena file penting yang dibutuhkan tidak dapat dibaca oleh sistem.

Kamu bisa mengecek “kesehatan” dari harddiskmu dengan menggunakan software pihak ke 3 seperti Hardisk Sentinel, HD Tune, maupun menggunakan aplikasi CHKDSK bawaan windows. Jangan lupa lakukan perawatan berkala seperti membersihkan file sampah dan melakukan Defragment agar kinerja harddisk optimal. 

5. Ganti Komponen yang bermasalah

Kalau kamu sudah melakukan semuanya yang terkait dengan software tetapi laptop masih mengalami hang. Mungkin sudah saatnya kamu mengganti komponen yang menyebabkan masalah tersebut. Ada banyak faktor yang bisa membuat komponen didalam laptop rusak, bisa karena listrik yang tidak stabil, maupun kerusakan yang terjadi akibat laptop pernah jatuh sebelumnya.

Tetapi sebelum mengganti komponen tersebut ada baiknya kamu mencoba membersihkannya terlebih dahulu, siapa tahu komponen tersebut hanya butuh dibersihkan agar bisa bekerja dengan normal kembali.

Penutup

Mengatasi laptop yang hang memang membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Karena jika salah mendiagnosa masalah yang terjadi mungkin akan mengakibatkan datamu bisa hilang. Untuk itu sebelum melakukan sesuatu kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *